Menu Utamanya, Yoghurt Beku dan Roti Jahe

HTC Salsa... satu diantara dua Facebook Phone yang fokus kendali sentuhan.

Seperti yang pernah saya sebutkan melalui artikel sebelumnya, awal tahun 2011 bakal padat dengan serbuan robot hijau. Apalagi pasca digelarnya event tahunan khusus ponsel-ponsel GSM, yaitu Mobile World Congress (MWC) di Barcelona 14-17 Februari 2011 lalu. Dan benar, Android mendominasi acara, bahkan seakan yang lain rela fokus utama diambil oleh barisan robot hijau tersebut. Dan memang tidak hanya “robot hijau” berasa Roti Jahe (Gingerbread) dan Yoghurt Beku (Froyo) yang menguasai semua booth. Masih ada beberapa ponsel ber-OS Bada dari Samsung, serta webOS dari HP. Namun jika dibedah lebih dalam, semua operating system tersebut berujung kepada pengembangan satu platform open source, yaitu Linux (bakal dibahas lebih lanjut mengenai Bada, webOS dan OS perbandingan lainnya dalam Zigma 101, edisi April 2011).

Galaxy Tab 10.1... Samsung mencoba mengisi celah yang ada di pasar tablet. Dan Tab 10.1 mewakili ukuran layar terbesar...

Karena fokusnya adalah ponsel yang bakal beroperasi di jaringan GSM, tidak heran para tablet yang sempat menjadi model dadakan selama event Consumer Electronics Show Januari lalu tidak banyak yang eksis di MWC. Beberapa yang bisa ditemui, seperti HTC Flyer, Samsung Galaxy Tab 10.1, LG Optimus Pad, HP TouchPad, Motorola XOOM, beberapa tablet Acer Iconia Tab, ViewSonic ViewPad, serta tak ketinggalan juga tablet dari produsen yang kita kenal dengan merk lokal, seperti ZTE dan Huawei juga turut ambil bagian. Karena ranah bahasan tablet telah banyak saya bahas di sini, maka kali ini saya fokus pada ponsel yang didemokan selama MWC.  Namun tetap beberapa tablet paling menarik, bisa sedikit kamu simak.

Galaxy S II... inilah penerus Galaxy terlaris. Desain mengingatkan pada iPhone 4... menegaskan pasar apa yang bakal ditarget Samsung.

Begitu banyaknya android (atau bisa dikatakan juga Linux pada umumnya) yang menghiasi panggung MWC, seakan tidak memberi kesempatan bagi platform lain. Padahal seperti kita tahu, ada BlackBerry, Microsoft, Apple dan Nokia jika menyinggung ranah operating system mobile. Namun mereka seakan tertimbun guyuran banyak tipe ponsel android terbaru, yang sudah pede dengan silikon dual-core. BlackBerry sendiri hanya mengajukan aplikasi baru, PlayBook, dan Torch. Sedangkan Microsoft dan Nokia membuat heboh dengan pernyataan kerjasama mereka. Ke depan, Nokia yang memiliki jajaran ponsel keren seperti N8, bisa saja muncul dengan OS Windows Phone 7. Artinya, nanti bakal terbuka lebar pilihan untuk memburu achievement secara mobile menggunakan pilihan ponsel dari Nokia. Sayangnya, impresi update Windows Phone 7 yang dilempar 22 Februari lalu, bukan fungsi krusial “copy-paste” yang sudah digadang-gadangkan bakal membuat pengguna OS tersebut bernostalgia dengan Windows Phone klasik. Sedangkan dari Apple, memang iPhone 4 meraih penghargaan sebagai ponsel terbaik 2010 menurut penilaian MWC, namun diluar dugaan adalah muncul kabar bahwa usia Steve Jobs tinggal sebulan saja sejak akhir MWC lalu. Ada spekulasi kabar tersebut hanya bagian marketing, namun jika benar adanya, Apple patut siaga, apalagi tahun lalu sempat saham Apple menurun karena berita sakitnya CEO Apple tersebut.

Sedangkan kabar menarik lain dari panggung MWC adalah konfirmasi mengenai Facebook Phone. Padahal rumor ini sempat dibantah tahun lalu oleh para petinggi Facebook, termasuk oleh si Mark Zuckerberg. Akan tetapi rumor akan tetap menjadi rumor, selama aktor intelektual yang biasanya sengaja memicu ketegangan, tetap berkelit dari semua tuduhan. Demikian dengan gosip yang santer tersebut, yang telah terdengar setahun belakangan. Facebook yang sudah menjadi salah satu raja di dunia maya melalui jejaring sosial

Di luar dugaan memang... langkah paling ekstrem! Microsoft punya Windows Phone 7, dan Nokia adalah produsen hardware yang hebat! Seperti apa kolaborasi mereka ya!?

mereka, sedang menggodok rencana untuk masuk ke kancah smartphone… Secara rahasia, mereka mengembangkan smartphone, atau lebih tepatnya, membangun software untuk smartphone, dan bekerja sama dengan pihak ketiga (ada banyak, mulai A-cer sampai Z-te, bisa digandeng oleh Facebook) yang berperan mengembangkan hardware-nya. Meskipun si Markie tegas membantah, bahwa sejak awal berdiri Facebook tidak ingin masuk ke bisnis smartphone, toh ternyata benar adanya. Dan yang pertama memulai realisasi proyek rahasia Facebook Phone tersebut adalah HTC, melalui Salsa serta ChaCha, yang bisa kamu baca lebih lengkap di sini. So, produsen mana lagi nih yang bakal menyusul?

Xperia Play... Sony Ericsson memang cerdas, sampai saat ini belum ada ponsel Android yang fokus untuk bermain game. Padahal Angry Birds laris manis!!

Ok, cukup dengan pengenalannya. Pada beberapa artikel berikutnya, kami akan ulas beberapa ponsel android yang menurut bakal membuat heboh ketika dirilis nanti, serta beberapa tablet yang juga urun menyemarakkan panggung MWC. (Ura feat Febrizio)

9 keseluruhan 1 dilihat hari ini