Dua Otak, Dua Kamera dan Dua Warna

Ketika semua produsen tablet belum siap dengan perangkat unggulan mereka (karena memang Android Honeycomb juga baru rilis April), Apple segera mencuri start dengan merilis iPad 2 pada 11 Maret 2011 nanti. Bisa dipastikan, langkah ini bakal membuat suasana persaingan tablet makin memanas, apalagi dengan kabar baru penurunan harga hingga US $100 untuk iPad generasi pertama...

Dua Otak, Dua Kamera dan Dua Warna

Dua Otak, Dua Kamera dan Dua Warna[/caption]

Dua Otak, Dua Kamera dan Dua Warna[/caption]

Sampai saat ini, iPad dan keluarga iOS (iPhone OS) masih banyak diburu, entah sekadar simbol trend, atau memang ingin memaksimalkannya. Pun banderol harga yang termasuk mewah tidak menghalangi. Setahun setelah dirilis, dan gencarnya perlawanan Android serta Windows yang mulai berbelok dari pasar netbook kini juga ikut euforia Tablet, Apple merasa perlu menyegarkan dua keluarga iOS-nya. Dan yang pertama menyapamu adalah iPad 2.

Awalnya hanya sebagai rumor, Foxconn (produsen hardware China yang juga menelurkan smartphone lokal seperti Nexian Journey) telah diminta Apple mengerjakan penerus iPad, untuk rencana rilis April 2011—bulan “terpanas” tahun ini untuk para Tablet. Selain iPad 2, Foxconn juga mengerjakan iPhone 5. Apple pun ancang-ancang masuk ke perang silicon dengan memilih chipset A5 yang mengusung dua core, dengan GPU SGX543, dari yang digunakan pada dua iOS mereka saat ini, A4 satu core  ber-GPU SGX535 (dikenal sebagai PowerVR 535).

Kekuatan grafis diklaim meningkat 4x—yang bisa dikatakan, maksimal bisa meningkatkan resolusi iPad hingga 4 kalinya. Output HDMI yang menghasilkan kualitas 1080p juga ada, yang sepertinya juga menjadi standar tahun ini. Fitur lainnya, layar masih 9.7-inchi, dengan  kualitas Retina seperti iPhone 4. Selain bakal menggunakan iOS versi 4.3, kini ada kamera depan untuk melakukan FaceTime (dan semoga tidak hanya sesama iOS), serta port micro SD (jika benar ada, ini menjadi kejutan!).

Dua Otak, Dua Kamera dan Dua Warna[/caption]

Nah, seperti rumor-rumor lain di dunia IT, kebanyakan menjadi kenyataan kok… Pada 2 Maret 2011 lalu, Apple mengkonfirmasikan penerus tablet terpopuler dunia. iPad 2 demikian mereka menyebutnya, benar adanya datang dengan silikon dual-core A5, mempertahankan ukuran layar capacitive 9.7 inchi (yang tentu saja mendukung multi touch), serta resolusi XGA (1024 x 768 pixel) dari iPad pertama. Nah, terjawab sudah. Banyak kompetitor berspekulasi mengenai ukuran penerus iPad tersebut, sehingga Samsung, Acer, dan beberapa pemain baru di ranah tablet lainnya, tak mau kecolongan memprediksi berapa besar layar iPad 2, mereka memilih memproduksi tablet dengan berbagai ukuran layar (saya bakal bahas satu contohnya, melalui Samsung, dalam artikel lainnya). Dipertahankannya ukuran layar 9.7 inchi juga membuktikan, jika Apple masih percaya bidang lapang tetap yang paling pas untuk sebuah tablet. Oh ya, mengikuti jejak iPhone 4, untuk tablet ini Apple menyuntikkan RAM sebesar 512 MB. Dipastikan nanti iPad 2 tak gagap lagi diajak multitasking berat, dengan dukungan RAM yang lega.

[/caption]

Juga menjadi bagian rumor, ternyata benar adanya mereka menambahkan dua kamera, satu di belakang yang mampu menghasilkan video dengan kualitas 720p, serta foto dengan resolusi 0.7MP (960 x 720 pixel), atau setidaknya resolusi tersebut setara dengan yang mampu dihasilkan oleh iPod Touch 4G - sekaligus menghasilkan sindirian baru, bahwa iPad 2 ini tidak lain sekadar iTouch generasi 4 yang diperbesar . Kamera lainnya ada di depan, hanya sampai kelas VGA baik untuk merekam video dan foto. Secara teknis memang berada di bawah kebanyakan tablet lain, namun berkat kedua kamera tersebut, kini iPad 2 mampu melakukan panggilan Facetime (bahasa keren video call) melalui Wi-Fi. Berhubungan dengan kualitas video, sesuai yang dirumorkan, iPad 2 mampu menampilkan video dengan kualitas 1080p melalui kabel khusus Apple Digital AV Adapter (yang katanya juga mendukung fungsi charging ketika dihubungkan ke desktop melalui iTunes atau HDTV). Dan kelebihan lain dari adapter tersebut adalah, kompatibel dengan banyak aplikasi iPad 2, tidak hanya ketika menonton video melalui HDTV saja.

Satu keluhan iPad adalah bobotnya yang menyiksa, apalagi jika diangkat dengan satu tangan. Desainer Apple pun merampingkan iPad 2, dari 13,4 milimeter, kini menjadi 8.8mm. Makin langsingnya si tablet, bobotnya pun menyusut 129 gram, menjadi 601 gram saja. Dan Apple pun masih membanggakan ketahanan baterei mencapai 10 jam seperti sang kakak, walaupun dengan profil casing yang lebih ramping dan ringan. Di balik casing yang tipis tersebut, kamu juga bisa temukan fitur sensor lain yang umum eksis dalam gadget masa kini, seperti sensor proximity dan ambient light, gyroscope 3 sumbu (pasti berguna selama bermain game), magnetometer (kompas digital nih!), accelerometer, hingga GPS dengan mode Assisted (A-GPS).

Dua Otak, Dua Kamera dan Dua Warna[/caption]

Apple sendiri bakal merilis iPad 2 11 Maret 2011 nanti di US, Australia, Kanada, UK, Perancis, Jerman dan Jepang. Menyusul kemudian 20 negara lainnya pada 26 Maret 2011. Hmm… ternyata lebih cepat dari yang dirumorkan sebelumnya, April 2011. Bisa jadi, Apple ingin mencuri start, karena kebanyakan tablet Android serta tablet lainnya (PlayBook dari BlackBerry dan TouchPad dari HP) baru menyapa April – Juni tahun ini. Bisa dibayangkan bukan, konsumen yang sudah mendapat iming-iming puluhan tablet selama dua event internasional CES dan MWC awal tahun ini, apa yang terjadi ketika mereka disuguhi iPad 2!?

Ketika dirilis nanti, Apple menyediakan iPad 2 dalam beberapa konfigurasi. Mulai versi 16GB dengan hanya menggunakan koneksi Wi-Fi, bakal dijual dengan harga US $500. Sedangkan yang memiliki modul 3G dengan storage 16GB, bisa ditebus dengan harga US $630. Merasa kurang dengan 16GB? Upgrade saja ke 32GB atau 64GB, dengan hanya menambahkan US $100 atau US $200. Belum diketahui apakah Indonesia termasuk dari 20 negara yang menyusul sebagai lokasi perilisannya. Jika tidak, alhasil bakal banyak bertebaran “(WTS) iPad 2” dengan harga fantastis. Apple juga bakal merilis iPad 2 CDMA/EV-DO melalui operator Verizon di US. Oh ya, berbeda dengan iPhone 4, yang belakangan mendapat opsi warna putih, iPad 2 langsung menawarkan hitam dan putih sebagai pilihan warna dari hari pertama perilisannya. (Ura)

Dua Otak, Dua Kamera dan Dua Warna[/caption]

Update iOS 4.3

Dua Otak, Dua Kamera dan Dua Warna[/caption]

Bersamaan dengan perilisan iPad 2 nanti, Apple juga menyiapkan update iOS (iPhone OS) ke versi 4.3. Memang update yang ditawarkan tidak begitu spesial, namun pasti banyak yang menunggu apa saja yang bakal disisipkan Apple dalam update tersebut.

Fokusnya, mulai menggandakan kinerja JavaScript dari browser Safari menggunakan engine Nitro JavaScript. Artinya, me-load halaman web lebih cepat – walaupun tetap tidak mendukung Flash. Kemudian fitur hotspot personal (yang biasa kita sebut sebagai tethering) yang bakal bekerja melalui jaringan Wi-Fi untuk membagi koneksi dengan tiga perangkat Wi-Fi lainnya (dan sayangnya, fitur tethering ini hanya untuk iPhone 4). Update lainnya adalah mempermudah sharing media dalam perangkat iOS melalui iTunes Home. Memungkinkan kita menikmati semua file multimedia yang ada dalam iTunes Library, melalui koneksi Wi-Fi, dan tidak diperlukan aktifitas sinkronisasi tambahan.

Dua Otak, Dua Kamera dan Dua Warna[/caption]

Kemudian yang sempat diungkapkan oleh Steve Jobs sebelumnya adalah dukungan aplikasi AirPlay (semacam DLNA pada beberapa gadget lain) dari AppStore. Update iOS 4.3 juga menambahkan fungsi tambahan khusus iPad, dimana kamu bisa mengganti fungsi dari tombol side switch di sebelah kanan iPad, entah itu untuk fungsi mute atau mengunci orientasi layar. Keseluruhan update iOS 4.3 tersebut bakal ditujukan untuk iPad, iPod Touch, iPhone 3GS dan iPhone 4.

[/caption]

[/caption]

[/caption]

[/caption]

[/caption]

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU