Crossover Impian... Street Fighter X Tekken

Dulu mungkin kamu sering berandai-andai... kapan ya, bisa menggunakan movelist Tekken yang kaya juggle keren, menggunakan Kazuya untuk menghajar Ryu atau Ken... atau bagaimana bila Chun Li dan Nina diadu, secara mereka menjadi ikon "cewe idola" di masing-masing serial Street Fighter dan Tekken. Rupanya kini impian tersebut bukan sekadar mimpi... Karena Capcom dan Namco mewujudkannya.

Crossover Impian... Street Fighter X Tekken

Judul Game : Street Fighter X Tekken

Developer /Publisher : Dimps / Capcom

Genre : 2D Fighting

Platform : X360 / PS3 / PC

Release Date : TBA 2012

Crossover Impian... Street Fighter X TekkenSerial Tekken dan Street Fighter merupakan dua diantara banyak game fighting terpopuler yang ada di dunia. Dan kurang lebih setahun lalu, pihak Capcom dan Namco Bandai pun mengumumkan crossover dari kedua game tersebut, yang berjudul Street Fighter X Tekken (SFXT).

Mengambil basis Street Fighter 4 (SFIV), maka tak heran jika SFXT masih menggunakan engine yang sama seperti SFIV, yang menggunakan style 2.5D, terkesan animasi, model karakternya pun secara keseluruhan masih sama. Bahkan karakter pun dapat menggunakan EX Move layaknya SFIV.

Masuk ke gameplay, barulah terdapat perbedaan yang cukup mencolok. Di sini player diharuskan untuk bertarung secara "2 player tag team," seperti pada Tekken Tag. Namun berbeda dari Marvel vs. Capcom 3 (MvC3), apabila salah satu karakter KO, maka di sini dianggap KO secara keseluruhan. Dan juga apabila player melakukan switch karakter, maka karakter yang digantikan tidak mendapat regenerasi health sama sekali. Hal ini bisa disebabkan oleh approach Capcom untuk membuat game fighting yang lebih hardcore, berbeda jauh dari MvC3 yang bahkan bisa dimainkan oleh noob yang baru pertama kali memainkan game fighting sekalipun.

Crossover Impian... Street Fighter X TekkenKesamaan lain dengan serial MvC adalah, kini player dapat mengeluarkan Launch Attack dengan menekan 2 tombol serangan kuat. Dan apabila player cukup cepat, maka player dapat memanggil partner, untuk melakukan serangan tag pada lawan.

Kontrol pun juga mendapat modifikasi istimewa. Seperti yang kita ketahui, serial SF menggunakan layout 6 tombol yang menitikberatkan pada serangan projektile dan lompatan. Sementara Tekken memakai 4 tombol yang memfokuskan pada juggle, yang membuat lawan mengalami bounce. Dan dalam SFXT ini, pihak Capcom pun tak ingin membuat para player Tekken kesulitan, dengan cara memilih gerakan 4 tombol dari Tekken, dan di-'map'-kan di face button. Metode seperti ini juga membantu untuk latihan dengan 4 tombol dulu, dan jika dirasa mampu, player pun dapat menggunakan 2 tombol tambahan tanpa kesulitan. Dan berkat modifikasi inilah pengalaman yang benar-benar fresh pun hadir. Seperti player SF, kini dapat mem-bounce musuh ke lantai dan menyerangnya. Atau, player Tekken dapat melihat karakter favoritnya meloncat tinggi.

Roster yang baru diumumkan sejauh ini adalah Ryu, Ken, Chun Li, Guile dan Abel dari SF, serta Kazuya, Nina, King, Marduk Crossover Impian... Street Fighter X Tekkendan Bob dari Tekken. Level yang ditampilkan pun baru sebatas kuil dan Jurassic Park, dengan Alex sebagai background-nya. Dan rasanya level pun akan menjadi dinamis layaknya desain level dalam serial Dead or Alive.

Akhir kata, jika pihak Dimps dan Capcom bisa mensinkronisasikan elemen terbaik dari SF dan Tekken dengan sempurna, maka bisa disimpulkan SFXT mampu menjada salah satu crossover impian terbaik. Dan bersiaplah untuk mendapatkan kejutan baru mengingat SFXT baru rilis pada tahun 2012 nanti.

http://www.youtube.com/watch?v=RSKidYxGzcQ

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU