Mainkan Game Xbox Live Arcade Secara Cuma-cuma

Akhir-akhir ini makin banyak developer game indie yang terangkat namanya. Apalagi setelah karya mereka yang sederhana, namun bisa membuat ketagihan dalam sebuah game Xbox Live Arcade, banyak mendapat pujian. Akhirnya game-game mini itu pun mendapat tempat khusus, apalagi bagi mereka yang mendamba kata original, namun dengan harga yang tidak mencekik. Lantas bagaimana untuk mereka yang masih berharap bisa memainkannya secara gratisan? Buka saja artikel ini...

Mainkan Game Xbox Live Arcade Secara Cuma-cuma

Mainkan Game Xbox Live Arcade Secara Cuma-cuma

Dulu saya pernah memprediksi bahwa keputusan Microsoft menambahkan fungsi save ke flash disk untuk X360, kemungkinan akan berbalik menyusahkan Microsoft sendiri. Dan hal tersebut memang terbukti tepat. Saat ini sudah ada beberapa software yang digunakan untuk memanipulasi data dari X360 yang berada di flash disk. Fungsi software ini ada berbagai macam, mulai dari mengedit save data dan memanipulasi info di dalamnya untuk memberikan berbagai kemudahan dalam game (mirip cheat yang pengoperasiannya menggunakan Game Shark/Action Replay), menggandakan profil Xbox Live, membuat game arcade yang tadinya trial menjadi full game, dan masih banyak fungsi lainnya. Sedangkan untuk kali ini, saya akan memberikan guide untuk memainkan game XBLA (Xbox Live Arcade) maupun DLC (Downloadable Content) secara gratis.

Mainkan Game Xbox Live Arcade Secara Cuma-cuma[/caption]

Ok, pertama-tama yang harus kamu ketahui adalah bagaimana caranya sebuah game XBLA berfungsi. Ketika kamu membeli sebuah game XBLA (kita anggap saja game A), maka otomatis account Xbox Live-mu akan ditandai bahwa kamu memang sudah membeli game tersebut. Selain itu, Xbox yang kamu gunakan ketika membeli game A juga akan ditandai. Kedua hal di atas dilakukan dikarenakan dua tujuan. Yang pertama (menandai profilmu) dilakukan agar kamu bisa memainkan game A dimana pun juga, bukan hanya di Xbox-mu saja. Sedangkan yang kedua (menandai Xbox-mu) dilakukan agar semua profil yang sedang bermain menggunakan Xbox-mu bisa memainkan game A.

Apa yang terjadi jika misalnya, kamu membawa game XBLA yang ada di HDD-mu, dan kemudan mencoba memainkannya di Xbox lain, misalnya Xbox milik temanmu? Jika ini dilakukan, maka game XBLA yang sudah kamu beli akan berubah kembali menjadi game trial. Ini terjadi karena dua sebab. Pertama, Xbox milik temanmu belum tercatat pernah membeli game A, dan yang kedua karena Microsoft tidak bisa memastikan bahwa account yang kamu gunakan untuk membeli game A sedang mencoba memainkan game tersebut di Xbox lain. Lalu bagaimana solusinya? Apakah game XBLA hanya bisa dimainkan di Xbox yang memang digunakan pertama kali saat membelinya? Tidak juga!

 

Seperti yang saya katakan di atas, kamu tidak bisa memainkan game A karena Microsoft tidak bisa memastikan bahwa profilmu sedang berusaha memainkan game tersebut di konsol lain. Jadi bagaimana caranya agar Microsoft bisa mengetahui hal tersebut? Sederhana saja, cukup Sign In/Login saja di Xbox lain menggunakan profilmu. Dengan begitu Microsoft bisa mengetahui bahwa memang benar kamu, yang dalam hal ini sudah membeli game A, sedang mencoba memainkannya di konsol lain.

Semua hal di atas memang cukup menarik. Tapi kamu pasti bertanya-tanya, apa hubungannya hal ini dengan memainkan game XBLA dan DLC gratis? Nah, inilah bagian yang paling penting. Microsoft hanya melakukan pengecekan profil sekali saja, yaitu ketika game XBLA yang kamu mainkan masuk ke menu. Setelah kamu masuk ke menu dan melihat kata-kata “Press Start,” maka pada dasarnya kamu bebas mengganti-ganti profil, atau bahkan memutus koneksi internet. Selama kamu tidak kembali ke Dashboard, atau mencoba menjalankan game XBLA kembali, kamu bisa terus memainkan game tersebut dengan bebas, bahkan Achievement pun bisa di dapatkan. Jadi untuk memainkan game XBLA secara gratis, kamu butuh tiga syarat.

  1. Pertama, adalah profil yang sudah benar-benar membeli game XBLA yang ingin dimainkan.
  2. Kedua, adalah Xbox yang terhubung ke internet (dan pastinya belum ter-ban).
  3. Dan yang terakhir adalah software bernama USBXtaf. Software yang terakhir ini digunakan untuk bisa menggandakan profil Xbox Live dengan mudah, karena biasanya kamu tidak pernah bisa menggandakan suatu profil Xbox Live.

Ok, sekarang langsung saja kita mulai guide untuk menggunakan USBXtaf, dan bagaimana caranya memainkan game XBLA secara gratis. Pertama ada empat hal yang harus kamu siapkan, yaitu sebuah USB (minimal 1 giga), USBXtaf (http://bit.ly/eIQLvv), game XBLA yang ingin dimainkan (dalam tutorial ini, saya memgambil contoh Limbo, yang bisa kamu dapatkan secara manual di http://bit.ly/fTOuvp), dan profil yang sudah membeli game yang ingin kamu mainkan (http://bit.ly/faX5XL).

Step 1

Mainkan Game Xbox Live Arcade Secara Cuma-cumaPastikan USB mu sudah di format agar bisa digunakan di Xbox. Jika belum cukup masukkan USB ke Xbox, lalu di Dashboard pilih menu paling kanan (System Setting). Kemudian pilih Memory, dan dilanjutkan dengan USB Flash Drive. Jika kamu ingin menggunakan USB untuk keperluan lain (selain sebagai memory unit), pilih Cuztomise. Jika kamu hanya ingin menggunakan USB sebagai Memory Unit, pilih Configure Now.

Step 2

Mainkan Game Xbox Live Arcade Secara Cuma-cuma

Setelah selesai men-format, masukkan USB ke komputer dan jalankan program USBXtaf.

Step 3

Mainkan Game Xbox Live Arcade Secara Cuma-cuma

Pilih menu “File” di tab kiri atas, kemudian pilih “Open USB Manually,” lalu pilih USB yang ingin digunakan, dan kemudian klik open.

Step 4

Mainkan Game Xbox Live Arcade Secara Cuma-cuma

Selanjutnya pilih folder Data Partition di sebelah kiri dari window USBXtaf, klik kanan dan pilih Create New Folder. Namakan folder baru ini Content.

Step 5

Mainkan Game Xbox Live Arcade Secara Cuma-cuma

Pilih folder Content yang baru kamu buat, klik kanan dan pilih Create New Folder. Namakan folder baru ini sesuai dengan nama folder yang ada di dalam game XBLA yang kamu download. Seharusnya folder ini dinamai 0000000000000000, karena semua game XBLA bakal di simpan di folder tersebut.

Step 6

Mainkan Game Xbox Live Arcade Secara Cuma-cuma

Pilih folder 0000000000000000 di sebelah kiri dari window USBXtaf, klik kanan, dan sekali lagi pilih Create New Folder. Namakan folder baru ini sesuai dengan nama folder yang berada di dalam folder 0000000000000000 dari game XBLA yang di download. Untuk Limbo, folder ini seharusnya dinamai 584109D1

Step 7

Mainkan Game Xbox Live Arcade Secara Cuma-cumaSekarang pilih folder 584109D1 yang baru kamu buat, klik kanan, dan untuk terakhir kalinya pilih Create New Folder. Sama seperti langkah di atas, namakan folder baru ini sesuai dengan nama folder yang berada di dalam folder 584109D1 dari game XBLA yang di download. Untuk Limbo, folder ini seharusnya dinamai 000D0000.

Step 8

Mainkan Game Xbox Live Arcade Secara Cuma-cuma

Langkah terakhir adalah memasukkan/inject Limbo ke USB-mu. Caranya cukup pilih folder 000D0000 yang baru kamu buat, klik kanan dan pilih Inject File. Ketika disuruh memilih file, pilih file game Limbo yang sudah kamu download, seharusnya file ini bernama 66F65F42464F74941FC49C1A494B56FD73D1505E58.

Step 9

Mainkan Game Xbox Live Arcade Secara Cuma-cuma

Lakukan langkah yang sama dari Step 5-8, tapi kali ini buat folder sesuai dengan folder dari profil yang sudah kamu download. Dan tentunya ketika meng-inject file, pilih juga file dari profile ini.

Step 10

Mainkan Game Xbox Live Arcade Secara Cuma-cuma

Jika semua langkah kamu lakukan dengan benar, maka seharusnya di window sebelah kiri dari USBXtaf, kamu akan menemukan folder seperti gambar di atas. Ok, ini berarti di USB-mu sudah ada game XBLA Limbo, dan juga profil yang sudah membelinya.

Step 11

Mainkan Game Xbox Live Arcade Secara Cuma-cuma

Sekarang tinggal masukkan USB kembali ke Xbox-mu, nyalakan Xbox, dan jangan lupa hubungkan juga ke internet.

Step 12

Mainkan Game Xbox Live Arcade Secara Cuma-cuma

Ok, selanjutnya tekan tombol Xbox di kontrolermu, dan login menggunakan profil yang sudah membeli game XBLA (harus lewat tombol Xbox di kontroler).

Step 13

Mainkan Game Xbox Live Arcade Secara Cuma-cuma

Nah, sekarang seharusnya game XBLA yang ingin dimainkan sudah berubah menjadi Full Game. Jika ingin mendapatkan Achievement, atau ingin memutus koneksi internet, tunggu sampai masuk ke menu game (ditandai dengan tulisan “Press Start” di layar), baru kamu boleh melakukan hal tersebut.

Step 14

Mainkan Game Xbox Live Arcade Secara Cuma-cuma

Ingat, tiap kali ingin memainkan game XBLA, kamu harus mengulangi langkah 9 terlebih dahulu. Jika kamu kembali ke Dashboard ketika sedang memutuskan koneksi, atau ketika sudah logout dari profil yang membeli game XBLA, game akan kembali menjadi trial, dan kamu juga harus mengulang dari langkah 12 lagi.

Step 15

Mainkan Game Xbox Live Arcade Secara Cuma-cuma

Ingat ya, untuk memainkan DLC, ataupun game XBLA kamu harus membutuhkan profil yang sudah membelinya terlebih dahulu. Sebenarnya cara ini tidak bisa dibilang ilegal, karena memang yang memainkan game XBLA adalah profil yang sudah membelinya. Yang jadi masalah sekarang adalah, apakah membagi-bagi dan menyebarkan profil melanggar perjanjian dengan Microsoft, dan nantinya bisa berakibat ban? Nah, untuk itu masih belum ada kasus. Pastinya, saya tetap menyarankan untuk membeli saja game tersebut, toh harganya tidak terlalu mahal, dan kualitasnya juga tidak bisa diremehkan. Namun jika kamu ingin bereksperimen, panduan berikut ini bisa untuk menambah pengetahuan... ^^

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU