Miku: Suara Dari Masa Depan

Manis, wajah terlihat sangat anime-ish, ditambah suara melengking tinggi yang sangat imut. Siapa yang bisa tidak suka dengan Hatsune Miku? Dialah yang membuat vocaloid terkenal di seluruh dunia.

Miku: Suara Dari Masa Depan

Setiap orang yang senang mendengarkan vocaloid pasti mengenal nama Miku. Tak heran, karena dia memang vocaloid yang paling terkenal diantara semua seri vocaloid yang pernah diluncurkan sampai saat ini. Desain Miku memang sangat terlihat seperti karakter dari sebuah anime, apalagi ditambah dengan kostum baju sekolah yang terlihat manis.

Miku: Suara Dari Masa Depan

Pertama kali membuat Miku, Crypton ingin membuat kesan Miku sebagai seorang penyanyi android dari masa depan dimana lagu sudah tidak lagi ada. Hal itu juga terlihat dari namanya. Hatsune Miku ditulis dengan Hatsu (pertama), Ne (suara), dan Miku (masa depan). Kesan futuristis juga sedikit terlihat dari desain jepit rambutnya.

Miku: Suara Dari Masa Depan[/caption]

Sebelum Miku menjadi terkenal, vocaloid hanya dianggap sebagai sebuah program yang tidak banyak dikenal. Baru ketika video Miku, atau lebih tepatnya Hachune Miku, menyanyikan lagu dipasang di situs Nico Nico Douga. Setelah itu kepopuleran Miku meledak. Beragam lagu, lengkap dengan video klip beranimasi 2D dan 3D, merebak di Nico Nico Douga.

 

 

 

Yang terjadi berikutnya adalah sebuah pop culture baru.

Banyak fans menganggap Miku sebagai vocaloid yang paling terkenal dan beberapa juga mengakui bahwa Miku adalah yang menarik mereka hingga menggemari vocaloid. Tidak aneh memang, karena jumlah lagu, dan variasi desain kostum, yang dimiliki Miku jauh lebih banyak dibandingkan vocaloid lainnya. Selain lagu dan artwork, figurine, nendroid, dan merchandise apapun yang berbau Miku pasti laris terjual. Walaupun kadang yang dicari fans hanya selembar daun bawang.

Miku: Suara Dari Masa Depan[/caption]

Miku: Suara Dari Masa Depan[/caption]

Karena kepopulerannya, Miku sering kali menjadi cameo di berbagai game. Mulai dari 13-sai no Hellowork untuk DS, juga sebagai salah satu kostum DLC untuk Tales of Graces. Tidak hanya cameo, Miku juga memiliki gamenya yang dirilis untuk PSP, yang juga menampilkan karakter vocaloid lainnya.

Tapi yang paling ekstrim mungkin adalah plakat dengan gambar Hatsune Miku (dan juga Hachune Miku) yang terpasang di satelit Jepang yang bertugas mengitari planet Venus, Akatsuki. Plakat aluminium ini awalnya diniatkan sebagai penyeimbang bagi Akatsuki. JAXA, Japan Aerospace Exploration Agency semacam NASA-nya Jepang, mengijinkan setiap orang untuk mengirimkan nama mereka dan sebuah pesan untuk 90 plakat aluminium ini. Tiga diantaranya digunakan untuk Miku.

Dan, kebetulan sekali, Miku juga memiliki lagu bertema luar angkasa. Di bawah ini saya persembahkan lagu SPiCa, lengkap dengan subtitle bahasa Inggris.

 

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU