Usia Kinect sudah hampir setahun semenjak dirilisnya akhir tahun kemarin tapi sampai sekarang game-game yang ada untuk Kinect hanya game-game casual seperti Dance Central dan Kinectimal yang lebih cocok dimainkan untuk anak perempuan, belum ada sama sekali judul-judul hardcore yang compatible atau dirilis khusus untuk Kinect. Hardcore gamer pun sepertinya masih enggan melirik periperal besutan Microsoft ini. Menanggapi hal tersebut, Microsoft pun menjanjikan bahwa game-game hardcore untuk Kinect akan segera hadir untuk memenuhi hasrat para gamer, dan di E3 2011 yang baru saja berlalu kemarin Microsoft menepati janjinya. Sepanjang gelaran press conferencenya, Microsoft gencar sekali mengumumkan game-game andalan mereka yang kini akan compatible dengan Kinect. Judul-judul seperti Mass Effect 3, Tom Clancy’s Ghost Recon: Future Soldier, Forza Motorsport 4, Ryse, Kinect Star Wars, dan Fable: The Journey semuanya didemokan dengan fitur Kinectnya masing-masing.

Dimulai dari Mass Effect 3, kini di Mass Effect 3 memilih dialog tidak lagi menggunakan tombol, tapi dengan suara kamu. Memerintah anggota party kamu seperti Garrus dan Jack juga tidak lagi menggunakan tombol karena semuanya menggunakan voice-command layaknya kamu benar-benar sedang berperang. Ubisoft lain lagi, mereka mengumumkan bahwa semua game Tom Clancy ke depannya akan menggunakan Kinect, jadi buat para pecinta seri Tom Clancy sepertinya harus nabung dari sekarang. EA Sport juga tidak mau ketinggalan, semua game mereka juga akan menggunakan Kinect seperti FIFA dan Tiger Woods. Lain cerita di Forza 4, selain kamu bisa menyetir menggunakan Kinect kamu juga bisa melihat-lihat mobil kesayangan kamu termasuk interiornya lebih leluasa berkat fitur pengenalan gerakan kepala. Pada game Ryse yang sebelumnya disebut Codename: Kingdom, gamer akan bermain sebagai seorang gladiator melalui sudut pandang FPS. Segala gerakan mulai dari mengayun pedang, tameng bahkan melempar busur semuanya full Kinect. Tak berbeda dengan Ryse, Fable: The Journey juga bergenre FPS tapi yang membedakan disini kamu bermain menggunakan gerakan tangan untuk menciptakan spell yang akan kamu tembakan ke musuh kamu. Dan yang paling terakhir, yang menurut saya paling menarik adalah game Kinect Star Wars, tepat sekali, disini kamu berperan sebagai Jedi melalui sudut pandang Third-person.

Tapi sayang, di game mereka yang paling pamungkas yaitu Gears of War 3 sepertinya masih belum menggunakan Kinect, begitu juga dengan game Call of Duty: Modern Warfare 3 yang didemokan di awal press conference.

Di akhir acara, Microsoft pun juga mendemokan beberapa fitur baru yang menurut saya sangat inovatif seperti facial recognition dimana Kinect akan mengscan wajah dan pakaian kamu untuk diconvert menjadi avatar, bahkan benda kesayanganmu seperti bantal juga bisa discan untuk menjadi avatar item pribadimu. Dengan berbagai inovasi seperti ini diharapkan para developer dapat memaksimalkan kemampuan Kinect dan tahu apa yang mereka harus lakukan dengan Kinect agar kedepannya gamer bisa merasakan pengalaman yang baru di Xbox 360 dibanding dengan sekedar dirilisnya console baru yang belum tentu memberikan pengalaman yang baru selain peningkatan grafis. (Steve Rogers)




42 keseluruhan 1 dilihat hari ini