Persona 4 Versi “Emas”, Persona 4 The Golden!

Lebaran kemarin ternyata Atlus memberikan beberapa kejutan bagi penggemarnya, terutama para penggemar serial Persona. Kesuksesan Persona 4 membuatnya seperti anak emas bagi Atlus, karena itulah mereka akan mem-port game tersebut untuk handheld terbaru Sony, PS Vita. Berjudul P4 The Golden, seperti apa versi port ini?

Persona 4 Versi “Emas”, Persona 4 The Golden!

Judul Game : Persona 4 The Golden

Dev / Pub : Atlus / Atlus

Genre : RPG

Platform : PSVita

Tanggal Rilis : Kuartal Pertama 2012

Saya sendiri juga kaget, karena saat berlibur lebaran kemarin ternyata Atlus memberikan kejutan-kejutan menarik bagi para penggemarnya. Salah satunya adalah konfirmasi mengenai pengembangan P4 The Golden. Tentu saja versi port ini tak akan menarik jika tanpa tambahan-tambahan fitur di dalamnya. Atlus telah mengkonfirmasikan beberapa fitur menarik di sini, yakni tambahan cutscene yang tidak ada di versi asli, beberapa Persona baru, kostum baru untuk para karakter, mendukung penggunaan fitur 3G dan Wi-FI dari Vita, scene anime yang ditambah, suara yang lebih banyak (sekitar 1,5 kali dari versi asli), serta lagu dan opening baru untuk game ini. Hm, mengingatkan pada P3 FES ya? Oh ya Atlus juga tampaknya akan memasukkan fitur baru yang diharapkan oleh penggemar.

Persona 4 Versi “Emas”, Persona 4 The Golden![/caption]

Karakter baru di P4 The Golden ini bernama Marie. Dia adalah cewek misterius yang tiba-tiba muncul di hadapan karakter utama. Masih belum jelas apa tujuannya di sini. Dia disuarakan oleh Kana Hanazawa.

Persona 4 Versi “Emas”, Persona 4 The Golden![/caption]

Nah untuk screenshot di bawah ini menunjukkan fitur eksklusif P4 The Golden yang memaksimalkan 3G dan Wi-Fi milik PS Vita. Kamu bisa mengirim pesan kepada teman-temanmu via 3D dan Wi-Fi saat sedang kesulitan berada di dalam dungeon. Tapi masih belum jelas seperti apakah nantinya fitur ini berjalan.

Persona 4 Versi “Emas”, Persona 4 The Golden!

Produser game ini, Katsura Hashino, menyatakan bahwa Team Persona (tim pengembang di balik serial Persona) sebenarnya akan mem-port P4 ke PSP. Namun mereka ingin tidak banyak fitur yang terbuang dari versi aslinya jika di-port ke PSP, mengingat pengalaman P3 Portable yang terpaksa diubah format interaksinya sehingga mirip dengan game adventure. Sepertinya Team Persona menganggap hal ini tidak mungkin untuk dilakukan jika di-port ke PSP, dan pada saat itulah mereka mendengar mengenai kehadiran handheld PS Vita. Sehingga dengan demikian mereka langsung tancap gas untuk mem-port ke PS Vita dan ingin membuatnya lebih baik dibanding versi aslinya.

Persona 4 Versi “Emas”, Persona 4 The Golden![/caption]

Tidak ketinggalan juga secuil info mengenai penerus serial Persona, yakni Persona 5 yang sudah banyak dinantikan. Persiapan-persiapannya sudah lengkap, dengan jajaran staf yang sama seperti staf pengembang seri Persona terdahulu. Termasuk di dalamnya adalah Katsura Hashino sebagai sutradara dan produser, Shigenori Soejima sebagai desainer karakter, dan Shouji Meguro sebagai komposer utama. Mereka telah menetapkan tema utama yang akan diangkat untuk P5, dan mereka ingin menambahkan hal-hal baru yang jauh lebih menantang dibandingkan dengan P3.

Hashino juga membeberkan sedikit info mengenai P5. Untuk Catherine, Team Persona menggunakan engine third party. Ternyata selama ini mereka juga tengah mengembangkan engine mereka sendiri. Dengan engine ini, Hashino percaya bahwa mereka akan mudah mewujudkan ide-ide mereka ke dalam game P5 tersebut. Tapi Hashino sendiri juga meminta para penggemar untuk bersabar, karena sepertinya pengembangan P5 ini akan memakan waktu yang cukup lama. Kita nantikan saja kabar terbarunya dari Atlus mengenai P4 The Golden dan P5. (Reyner)

Persona 4 Versi “Emas”, Persona 4 The Golden![/caption]

Sumber : Andriasang, Siliconera

Sumber gambar: Famitsu

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU