Dragon Quest X, Perwujudan MMO Serial DQ yang Sebenarnya!

Para penggemar serial Dragon Quest (DQ) patut berbahagia, karena pasalnya Square Enix telah mengkonfirmasikan seri terbarunya! Berjudul DQ X: Mezameshi Itsutsu no Shuzoku (Waking of the Five Tribes), game ini mendobrak serial DQ karena dipastikan online! Seperti apakah DQ terbaru ini?

Dragon Quest X, Perwujudan MMO Serial DQ yang Sebenarnya!

Dev / Pub : Square Enix / Square Enix

Tanggal Rilis : TBA 2012

Genre : MMORPG

Platform : Wii, WiiU

Dragon Quest X, Perwujudan MMO Serial DQ yang Sebenarnya![/caption]

Akhirnya Square Enix mengkonfirmasikan DQ terbaru, tapi mengejutkan karena mereka memastikan bahwa game ini adalah sebuah MMORPG. Dan uniknya lagi, mereka akan merilisnya untuk Wii dan WiiU! Dan juga untuk pertama kalinya bagi serial DQ, DQ X ini dikembangkan secara internal olem tim Square Enix sendiri, dimana seri-seri sebelumnya dikembangkan oleh studio pengembangan lain seperti Level-5 dan Chunsoft.

Memang sebelumnya Square Enix pernah memberikan informasi bahwa mereka akan merilis seri DQ berikutnya di Wii, namun untuk DQ X ini juga akan dirilis secara terpisah di WiiU, tentunya dengan tampilan grafis yang lebih baik. Kedua versi bisa saling bertemu nantinya saat bermain, jadi tidak perlu khawatir. Bahkan disinyalir akan ada fitur konektivitas dengan 3DS, namun masih belum jelas seperti apa nantinya konektivitas tersebut. Mungkin saja mentransfer data karakter ke 3DS dan saling bertukar data dengan pemain DQ X lain via Spot Pass.

Meski dikonfirmasikan sebagai game online, kamu tetap bisa memainkannya secara solo. Kamu bisa membentuk party dengan menambahkan NPC, dan untuk mengakses fitur online kamu bisa bertemu dengan pemain lain di tavern, persis seperti DQ IX. Jumlah maksimum karakter yang bisa berpetualang bersamamu adalah tiga orang. Sistem pertarungan tetap khas serial DQ, traditional turn-based dengan menu-menu perintah yang ada. Pertarungan terjadi di tempat yang sama saat bertemu dengan musuh, jadi tidak ada lagi yang namanya pergantian layar.

Dragon Quest X, Perwujudan MMO Serial DQ yang Sebenarnya![/caption]

Sistem quest juga diberlakukan di sini, yang sedikit banyak mirip dengan DQ IX, dimana nantinya akan ada update quest baru yang bisa di-download sendiri. Juga akan ada event spesial berdasarkan musim dimana kamu bisa mendapatkan item spesial. Karakter di sini tentu saja bisa dikustomisasi dengan berbagai macam equipment dan aksesoris seperti di DQ IX. Kamu juga bisa memilih job yang ada dan bisa diganti-ganti. Masih belum jelas job apa saja yang disediakan di sini. Saat karaktermu naik level, kamu bisa mendapatkan skill point untuk mempelajari skill-skill baru.

 

Dragon Quest X, Perwujudan MMO Serial DQ yang Sebenarnya![/caption]

Setting dunianya adalah dunia fiksi bernama Astordia, yang terbagi menjadi lima benua besar yakni Ogrelead, Eldona, benua dengan banyak gunung Dwachakka, Pukuland, dan sebuah benua berupa pula bernama Wena. Ternyata di dunia ini dihuni oleh lima ras berbeda (enam jika ras manusia juga dihitung), menggambarkan subjudul game ini. Pertama yakni ras Ogre, memiliki kekuatan dan kebenarian luar biasa, dengan penampilan badan kekar, kulit merah, dan tanduk di kepala serta bahu. Kedua adalah Wedi, ras mirip ikan dengan warna kulit biru, yang selalu mengekspresikan dirinya dengan lagu-lagu cinta. Ketiga yakni Elf, bertelinga panjang dan runcing serta cinta alam. Keempat adalah Dwarf, ras bertubuh mungil yang suka membuat-buat barang baru dan menimbun harta. Dan terakhir adalah Pukuripos, ras unik dengan tubuh mungil juga yang suka dengan mimpi dan keceriaan.

Jelas karena bermain secara online, komunikasi antar pemain pun diperhitungkan oleh pihak pengembang. Di sini kamu bisa berbicara dengan karakter pemain lain via kalimat-kalimat yang sudah disediakan oleh Square Enix. Saat berbicara, akan muncul seperti balon dialog di komik di atas karaktermu. Selain itu juga ada fitur emote di sini, yang lebih menggambarkan ekspresi para karakter. Oh iya saat kamu logout, kamu bisa meninggalkan karakter di tavern, dan nantinya karakter tersebut bisa berpetualang bersama pemain lain dan tetap bisa naik level.

Dragon Quest X, Perwujudan MMO Serial DQ yang Sebenarnya![/caption]

Dua macam sistem crafting juga dihadirkan di sini. Pertama adalah Alchemy, dimana kamu bisa membuat senjata dan armor mendapatkan efek spesial yang membuatnya lebih kuat. Kedua yaitu Sewing, dimana kamu bisa membuat sendiri bentuk equipment (terutama armor), jadi kamu bisa berkreativitas. Tentu saja item-item buatan sendiri ini bisa dijual ke pemain lain untuk menambah pemasukan.

Saat ini beta test untuk DQ X sedang dilakukan untuk pihak pengembang dan akan membutuhkan USB memory. Game ini akan men-support penggunaan peralatan-peralatan seperti Wii nunchuk, keyboard USB, Classic Controller, dan Classic Controller Pro. Masih belum jelas kapan perilisannya dan berapakah biaya per bulannya untuk bisa mengakses game ini. (Reyner)

 

Sekedar tambahan informasi saja, berikut adalah tim di balik pengembangan DQ X:

Sutradara Umum : Yuji Horii

Desainer Karakter : Akira Toriyama

Komposer : Koichi Sugiyama

Sutradara : Jin Fujisawa

Produser : Yosuke Saito

Oh ya mungkin ada yang ingin melihat trailer in-game dari DQ X, silahkan dilihat di link video berikut :

 

 

Sumber : Andriasang, Siliconera

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU