Rocksmith, Rhythm Game atau Tutorial Bermain Gitar?

Rhythm game tahun ini bisa dibilang cukup sepi. Tak ada Guitar Hero, tak ada juga Rock Band, setidaknya hingga akhir tahun. Nah, bagi kamu yang sudah "gatal" ingin bermain musik (lewat game), game ini bisa menjadi pilihan. Tapi, jangan lelah untuk belajar memainkan game ini ya! Lho?

Rocksmith, Rhythm Game atau Tutorial Bermain Gitar?

Rocksmith, Rhythm Game atau Tutorial Bermain Gitar?[/caption]

Untuk tahun ini, rhythm game bisa dianggap sepi, karena Guitar Hero yang sudah dihentikan pengembangannya, dan juga tidak ada tanda akan rilisnya Rock Band 4 dalam waktu dekat. Hal ini pun dimanfaatkan dengan baik oleh Ubisoft dengan merilis sebuah rhythm game baru yang mereka beri judul Rocksmith. Apa yang menjadikannya unik dan berbeda dari game lain adalah kemampuannya untuk menggunakan gitar listrik nyata (ya, gitar yang biasa dipakai untuk bermain musik) untuk digunakan sebagai kontroler didalam game!

Rocksmith, Rhythm Game atau Tutorial Bermain Gitar?

Jika kamu menyebut game ini sebagai media latihan bermain musik, maka anggapan tersebut bisa jadi ada benarnya. Dengan memainkan gitar sungguhan  sebagai kontroler, tentu kamu akan melakukan dua aktivitas sekaligus, bermain game dan juga belajar bermain gitar! Beberapa musisi sudah menyatakan kesediaannya untuk menyumbangkan lagu di game ini antara lain The Cure, Soundgarden, David Bowie, Radio Head, Nirvana, dan The White Stripes.

Rocksmith, Rhythm Game atau Tutorial Bermain Gitar?

Tidak seperti rhythm game lain yang mengharuskan kamu bermain career mode hanya untuk membuka lagu-lagu baru, tujuan Rocksmith ini adalah untuk mengajari kamu bagaimana bermain gitar dengan baik. Semakin mahir kamu memainkan gitar kamu, maka poin kamu juga akan semakin besar. Kamu juga bisa mempelajari teknik-teknik yang sering digunakan oleh musisi ternama, seperti sustaining atau bending. Oiya, untuk menggunakan gitar sungguhan sebagai kontroler, kamu harus memiliki sebuah kabel yang khusus didesain untuk game ini.

Beli Game dapat Gitar, atau Sebaliknya?

Tidak lengkap bila sebuah game tanpa edisi bundel. Edisi bundel dari Rocksmith ini bisa dikatakan cukup “wah”. Sebut saja, dengan banderol harga US $199.99 (sekitar Rp. 1.800.000), kamu akan mendapatkan gitar Epiphone Les Paul Junior, dan juga Rocksmith Real Tone Cable, sebuah kabel unik yang mana bisa mengkonversi jack 1/4 inch yang biasa digunakan di audio kedalam USB, dan dikembangkan secara khusus untuk game ini! Kabel revolusioner ini bisa mengkonversi sinyal analog yang dihasilkan gitar menjadi sinyal digital. Oiya, bagi kamu yang tidak ingin membeli bundel ini, kamu cukup membeli edisi standarnya yang dibanderol dengan harga US $ 7.99, yang mana kamu juga akan mendapatkan satu unit kabel ini sebagai bonusnya.

Rocksmith, Rhythm Game atau Tutorial Bermain Gitar?[/caption]

 

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU