Sony Tablet S, layarnya lebih lebar...

Dan konfirmasi Microsoft mengenai beragam fitur mencengangkan Windows 8, makin menegaskan jika masa depan netbook/notebook/komputer bakalan lebih mobile dari saat ini. Jelas sekali jika  tablet, dan juga smartphone, akan menjadi piranti yang makin luas fungsinya dibandingkan saat ini jika benar Windows 8 nantinya menyasar target yang lebih casual, melihat suksesnya tablet-tablet dan smartphone berlayar lega yang makin banyak pilihannya.

Walaupun sejatinya jika melihat sejarah tablet yang pernah kami ulas melalui artikel “Tablet Evolution,” fungsi utamanya lebih banyak dikhususkan bagi mereka para pebisnis, kesannya serius, dan juga ada cap barang mahal, membuatnya ekslusif kalangan tertentu. Namun ternyata inovasi merevisi semua itu, dan tablet kini pun juga pantas dikonsumsi pengguna dari berbagai profesi dan mereka yang memiliki hobi tertentu… tak terkecuali, gamer! Tidak mengherankan, karena mobile gaming kini menjadi suatu komoditas yang sangat besar.

Sony Tablet P, layar ganda meningkatkan pengalaman bermain game...

Tidak hanya mereka yang memang gamer handheld atau konsol saja membuatnya sebagai selingan, namun mayoritas pengguna ponsel / smartphone setidaknya pasti pernah memainkan game yang tersedia di sana. Sony dan Sony Ericsson yang jeli dengan perkembangannya, tidak melewatkan tren ini. Xperia Play yang dirilis kuartal pertama, dan akhir Juli 2011 lalu di Indonesia, menjadi satu wujud hebat makin diakuinya mobile game. Apalagi didukung dengan developer game mobile papan atas seperti Gameloft yang langsung memberikan title ekslusifnya untuk Xperia Play. Itu kelas smartphone. Untuk kelas tablet memang belum ada yang dengan percaya dirinya mengakui diri sebagai tablet gaming…

Namun Sony yang cerdas menciptakan satu gimmick baru yang disebut PlayStation Suite serta PlayStation Certified. Pendek kata, sebuah piranti tidak harus menyebut dirinya maksimal untuk bermain game, namun tetap meyakinkan bagi mata awam jika ingin memilihnya dengan pertimbangan bisa diajak bermain game – khususnya game-game PlayStation. Demikian sebuah tablet yang sebenarnya lebih mementingkan style – ya, seperti yang lagi marak akhir-akhir ini… bentuk yang slim, enak disentuh, dan elegan – ternyata tetap bisa diajak narsis di hadapan para gamer karena tertempel logo PlayStation Suite. Dan dua tablet berdesain stylish yang pertama kali memajang logo PlayStation adalah Tablet S dan Tablet P (sebelumnya disebut Sony S1 dan S2).

Di balik casingnya, tersembunyi logo PlayStation

Meskipun kedua tablet tersebut tidak diunggulkan sebagai piranti bermain game, namun berkat logo PlayStation, telah banyak yang percaya bahwa mereka bisa diandalkan sebagai selingan pelengkap handheld, atau bahkan konsol game. Terbukti pasca peluncurannya 11 September 2011 lalu, Gameloft pun langsung mengkonfirmasikan dukungannya untuk tablet tersebut dengan game-game HD mereka. Melalui press release 23 September 2011 lalu bisa diketahui jika Gameloft siap membawa 5 game berkualitas tinggi, yang menunjukkan kemampuan gaming hebat di tablet. Berikut ini press release mereka:

23 September 2011

 

Gameloft Membuat Game HD-nya ke “Sony Tablet”

5 Game Berkualitas Tinggi Menunjukkan Kemampuan Gaming Hebat di Tablet

Gameloft, sebuah perusahaan terkemuka di bidang game digital dan sosial, dengan bangga mengumumkan rilisan video game berkualitas tinggi yang telah dioptimisasi dan bisa diakses langsung di tablet yang akan dirilis Sony, yaitu: Asphalt 6: Adrenaline HD, N.O.V.A. 2 – Near Orbit Vanguard Alliance HD, Real Soccer 2011 HD, Spider-Man: Total Mayhem HD, dan Green Farm HD.

“Pertemuan antara kemampuan kerja yang tinggi, display yang indah, dan fokus ke arah perangkat jaringan yang ditawarkan oleh perangkat “Sony Tablet” dengan sempurna berpasangan dengan game berkualitas tinggi dari Gameloft dan fungsi dari mode multiplayer secara online.” kata Gonzague de Vallois, Senior Vice President Publishing, Gameloft. “Dampak tinggi dari layar besar “Sony Tablet S” dengan konfigurasi monitor ganda dari “Sony Tablet P” sungguh meningkatkan nilai hiburan secara umum dari pengalaman gaming.”

“Kami dengan senang menawarkan kepada pelanggan kami akses ke konten hiburan menarik Gameloft melalui “Tablet Sony”ini.” kata Makoto Ishii, General Manager, Product Planning Dept. No.2, Business Planning and Strategy Div., VAIO & Mobile Business Group Sony Corporation. “Saya yakin game-game tersebut akan meningkatkan pengalaman pengguna dalam tablet yang akan dirilis nanti.”

About Gameloft

A leading global publisher of digital and social games, Gameloft® has established itself as one of the top innovators in its field since 2000. Gameloft creates games for all digital platforms, including mobile phones, smartphones and tablets (including Apple® iOS and Android® devices), set top box, connected TVs and consoles. Gameloft partners with leading international brands such as UNO®, Spider-Man®, James Cameron’s Avatar™, Ferrari® and Sonic Unleashed®. Gameloft also operates its own established franchises, such as Real Football, Asphalt™, Modern Combat 2: Black Pegasus and N.O.V.A Near Orbit Vanguard Alliance®. Gameloft is present in all continents, distributes its games in 100 countries and employs over 4,000 developers.

Gameloft is listed on the Paris Stock Exchange (ISIN: FR0000079600, Bloomberg: GFT FP, Reuters: GLFT.PA).

 

<www.gameloft.com>
<blog.gameloft.co.id>

38 keseluruhan 1 dilihat hari ini