Ketika Duabelas Rasi Bintang Zodiark Menyerang

Ketika mendengar judul ekspansi Zodiark, jelas terbayang dalam benak anda tentang kedua belas rasi bintang Zodiak di kehidupan nyata. Apakah rasi bintang anda cocok dengan gaya bermain anda? Simak lebih lanjut.

Ketika Duabelas Rasi Bintang Zodiark Menyerang

Masih ingat dengan Follower-Follower Terminus yang pertama kali diperkenalkan pada ekspansi Vhranas Yuga?

Ketika Duabelas Rasi Bintang Zodiark Menyerang

Terminus adalah suatu perwujudan gaib roh yang merasuki tubuh makhluk yang mengijinkan dirinya dirasuki oleh terminus tersebut.

Mekanisme merasuki tubuh makhluk lain dalam Vandaria wars dikenal dengan mekanisme Manifest, yang dimiliki oleh tiap Terminus yang ada.

Gaya permainan Terminus adalah gaya permainan yang sangat kompleks. Terminus sebagai Follower, memiliki "syarat summon" yaitu Follower lainnya.

Belum lagi Terminus pada ekspansi Vhranas Yuga memiliki skill-skill aneh yang membuat pemakainya merasa sedikit janggal dengan mekanisme Manifest.

Hal ini membuat Terminus dan Manifest menjadi mekanisme yang bisa dibilang "tidak jalan" pada saat pertama kali keluar.

Ketika Duabelas Rasi Bintang Zodiark Menyerang

Mekanisme manifest masih tetap dibuat pada ekspansi Goldark Dynasty dengan bantuan Gojoh, sang terminus hunter, bersama dengan Jatayu rekannya, namun hal ini masih belum menggugah minat para pemain Vandaria Wars untuk memainkan deck terminus.

Pemain pada masa itu masih lebih memilih memainkan deck-deck cepat dan tidak bertele-tele.

 

Nah, setelah anda membaca ulasan tentang bagaimana terminus di masa lalu, apakah anda berharap mekanisme manifest di Zodiark menjadi mekanisme cepat dan tidak bertele-tele? Jawabannya tergantung kalian sendiri.

Anda tentunya telah membaca preview pertama saya tentang para horizonwalker dan tentunya juga penasaran bagaimana terminus-terminus yang mendukung gaya permainan horizonwalker+terminus di zodiark nanti.

Untuk mengingatkan dari preview Horizonwalker kemarin, saya akan menjelaskan lagi secara singkat keuntungan manifest.

  1. Follower yang memanifest tidaklah fatigue bila follower yang dimanifest tidak fatigue. Ini membuat semua Follower Terminus hampir semuannya Rush.
  2. Manifest merupakan sebuah mekanisme yang tidak dapat direspon, jadi lawan tidak dapat merespon Remorse pada Terminus Anda ataupun membunuh follower yang dimanifest saat anda mengumumkan anda akan memanifest.
  3. Bila follower Terminus meninggalkan permainan, maka Follower yang dimanifest akan kembali ke permaian dari subdeck. Hal ini mentrigger efek "ketika masuk permainan" para Horizonwalker ataupun Human yang dimanifest.

Didalam ekspansi Zodiark ini, terdapat lebih dari sepuluh Terminus yang akan membantu Anda. Dari nama ekspansinya dan banner yang terpasang di halaman Vandaria Saga, kalian juga pasti telah menduga bahwa ekspansi ini akan mengandung kedua belas rasi bintang yang menjadi zodiak.

Pada kesempatan kali ini saya akan mempreview kartu-kartu Terminus yang bisa tergolong stand alone (meskipun juga compatible dan comboable dengan Terminus lainnya), karena tanpa memakai combo-combo dahsyat yang ruwet, Terminus-Terminus ini dapat menjadi pilihan yang sangat baik dipakai di deck yang mencakup Horizonwalker dan Human Follower.

Tanpa basa-basi lebih lanjut, mari kita mulai preview kita dengan rasi bintang tertua yaitu Aries.

Ketika Duabelas Rasi Bintang Zodiark Menyerang

Aries adalah salah satu Terminus yang memiliki kekuatan stand alone dari segi cost dan skillnya. Aries bukanlah tipe pemukul, namun ia adalah tipe yang mempercepat ritme permainan anda sembari melambatkan permainan musuh.

Dengan status 2/1/3 dan gold cost 1 deisertai dengan skill yang sangat umum, Aries akan menjadi pilihan yang sangat tepat digunakan di dalam deck Horizonwalker ataupun human apapun.

Ketika Duabelas Rasi Bintang Zodiark Menyerang

Taurus sebagai Terminus memiliki kekuatan hantaman yang sangat luar biasa. Tidak tanggung-tanggung. Hanya dengan 5 gold(ditambah dengan follower manifestnya tentunya) anda telah mendapatkan monster dengan ATK 10 ,Raze, dan yang paling penting rush(bila follower yang dimanifest tidak fatigue).

Selain itu, bila anda mengontrol beberapa terminus, follower ini memberikan aura +2ATK dan Raze ke semua terminus anda.

Ketika Duabelas Rasi Bintang Zodiark Menyerang

Leo juga merupakan salah satu penghantam dari terminus yang ada. Dengan gold cost 4 ,status 6/2/3 dan Force, Leo merupakan salah satu terminus yang dapat dimasukkan kedalam deck horizonwalker dan human manapun. Efek lain dari leo juga dramatis.

Bila ia mendistribusikan ATK damage ke territory, maka pemain tersebut buang 3 kartu dari tangan dan fate deck. Hal ini tentu akan membuat pemain lawan menjadi kehabisan resource di tangannya maupun melenyapkan harapan yang ada di decknya.

Ketika Duabelas Rasi Bintang Zodiark Menyerang

Bagaimana dengan Capricorn? Si kambing laut ini memiliki skill pertahanan yang sangat kuat. Tidak tanggung-tanggung, ketika memblok, ia membuat target lawan kehilangan semua kartu di tangannya.

Selain itu, lebih baiknya lagi, ketika kartu tangan lawan itu masuk graveyard, anda peroleh 1 gold untuk tiap kartu yang dibuang. Fantastis bukan? Dengan ini, tentunya lawan tidak akan mencoba menyerang territory yang dijaga Capricorn kalau tidak menghabiskan terlebih dahulu kartu di tangannya.

Ketika Duabelas Rasi Bintang Zodiark Menyerang

Aquarius juga memiliki mekanisme pertahanan yang sangat kuat. Dengan gold cost 2 dan efek membatalkan result kartu apapun dengan gold cost 4 atau kurang, Aquarius dapat dijajarkan sebagai salah satu Terminus yang Stand Alone.

Ketika Duabelas Rasi Bintang Zodiark Menyerang

Pisces memiliki mekanisme pertahanan yang sangat kuat dibandingkan dengan terminus lainnya. Ia mampu membuat territory yang dijaganya tidak dapat diserang ataupun menjadi target skill. Dia juga memiliki skill endure yang membuatnya dapat menyerang sekaligus melindungi territory anda.

Sekian preview dari terminus yang tergolong stand alone ini. Nantikan preview kartu-kartu Zodiark lainnya di duniaku.net. Pada preview terakhir nanti, saya akan mencoba mengulas combo-combo yang mungkin dibuat oleh Terminus yang belum terungkap. Sekian dan terimakasih. =)

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU