Unlimited Arrow Work! (Zodiark Combo Guide)

Kombo-kombo Rune, Xaverite, dan Sacred telah bertebaran dimana-mana pada awal season Zodiark ini. Bagaimana cara Terminus membalas combo-combo tersebut? Mari, simak artikel ini!

Unlimited Arrow Work! (Zodiark Combo Guide)

Bagaimana kabar para Guildsman di nusantara? Sedang gemetaran karena combo General Rune? atau sedang meracik sideboard untuk melawan deck general rune?

Unlimited Arrow Work! (Zodiark Combo Guide)

Ya, deck general rune menjadi fenomena dan perbincangan sejak pertama kali Zodiark keluar. Combo yang paling cepat pada turn kedua dapat dicapai itu membuat semua guildsman baik yang newbie maupun pro menjadi takjub.

Takjub disini juga dibagi menjadi beberapa reaksi: reaksi takjub, namun berpikiran positif yaitu mencari cara mengalahkannya, ataupun takjub dengan pikiran negatif, yaitu menyalahkan pembuat mekanisme ini karena mereka merasa combo ini akan merusak balance, padahal mereka belum menelaah celah-celah dari deck rune tersebut.

Sebenarnya rekasi dari para guildsman baik berpikiran positif atau negatif itu tidak salah, karena dalam permainan kartu Vandaria Wars, baru pertama kali ini ada suatu ekspansi yang terkonsentrasi pada deck combo. Mungkin beberapa pemain juga merasa asing dengan deck combo, karena selama ini yang mereka tahu adalah deck-deck seperti deck beatdown caster, Eden turbo honor, Reigner Creep, ataupun Dual Faction Geddon.

Nah, karena fenomena ini, mungkin jarang sekali pemain mengingat ketiga belas rasi bintang Zodiark sebagai combo yang berpotensi untuk memenangkan pertandingan. Para guildsman mungkin menanggap bahwa satu-satunya deck yang dapat bersaing di Zodiark adalah deck General rune.

Anggapan ini dapat salah, dapat benar tergantung presepsi tiap individu, namun ijinkanlah saya untuk memaparkan combo terminus yang tidak kalah hebat dengan combo rune general.

Apa judul dari artikel ini? Oh iya, "Unlimited Arrow Work". Nama "Unlimited Arrow Work" terinspirasi dari Noble Phantasm Archer di seri anime Fate/Stay Night bernama "Unlimited Blade Work" yang tentunya kalian sudah pernah lihat di Channel TV ataupun DVD. Pada saat Archer melakukan jurus mautnya itu, ia memindahkan lawannya ke dalam Reality Marble dan menebasnya dengan segala macam pedang yang telah ia buat. Para penggemar anime pasti sudah sangat familiar dengan adegan yang sangat epic ini.

Setelah membaca paparan saya tentang Archer yang tidak penting diatas, anda pasti sudah menyangka bahwa terminus yang menjadi bintang combo kali ini adalah Sagittarius. Benar sekali, Sagittarius kali ini mampu mengeluarkan panah tak terbatas seperti Archer. Bagaimana caranya?

Untuk memulai combo ini anda harus memiliki di permainan:

Virgo, The Goddess + Sagittarius, The Centaur + Depth of Terminus Realm + Chasity Seeker.

Unlimited Arrow Work! (Zodiark Combo Guide)

4 kartu? Susah banget dong? Tentu tidak. Dengan Zodiark, Anda mampu mencari terminus yang diinginkan pada saat yang tepat. Mengenai komponen combo lainnya, ada beberapa guildsman yang mengatakan "Dengan format trifecta apa-apa pasti first turn ditangan", namun saya kurang setuju dengan pendapat itu.

Lambat? Ngarep? Ya, memang combo ini bukan combo yang sangat mudah didapat, sehingga dapat merusak meta. Combo ini sendiri saya yakin baru dapat dicapai setelah tiga atau empat turn bila lumayan beruntung. Kalau anda bukanlah pemain dengan keberuntungan yang tinggi, maka mungkin combo ini baru keluar pada turn ketujuh atau kedelapan anda.

Apakah worth dilakukan? Anda sendiri yang akan menilai...

1. Asumsi setelah anda menggunakan action Zodiark, keadaan permainan seperti ini.

Unlimited Arrow Work! (Zodiark Combo Guide)

2. Slide Sagittarius untuk mendistribusikan 1 damage ke target territory lawan.

Unlimited Arrow Work! (Zodiark Combo Guide)

3. Slide Virgo, kembalikan terminus sembarang yang anda masukkan dengan Zodiark.

Unlimited Arrow Work! (Zodiark Combo Guide)

4. Chasity Seeker yang masuk permainan setelah dimanifest oleh terminus sembarang mentrigger efek masuk permainannya untuk mengunslide Sagittarius.

Unlimited Arrow Work! (Zodiark Combo Guide)

5. Summon manifest sembarang memanifest Chasity Seeker.

Unlimited Arrow Work! (Zodiark Combo Guide)

6. Unslide Virgo dengan menslide terminus sembarang yang baru saja memanifest Chasity Seeker.

Unlimited Arrow Work! (Zodiark Combo Guide)

7. Ulangi langkah 2 sampai seluruh territory dan follower lawan hancur. Ingat, bila lawan tidak memiliki follower, pastikan anda mendistribusikan damage ke terminus sembarang yang memanifest Chasity Seeker.

Unlimited Arrow Work! (Zodiark Combo Guide)

Seru bukan, combo terminus barusan? Bagaimana dengan combo turn kedua general rune? jika tidak dapat menangkal combo pada turn kedua general rune kan sama saja kalah? Berikut jawaban yang dapat saya berikan:

  1. Combo itu tidak selalu terjadi pada turn kedua atau ketiga. Hanya kalau pemain itu beruntung pada turn tersebut, kombo tersebut mungkin terjadi.
  2. Tentunya kamu harus mensideboard kartu-kartu yang dapat menghambat laju deck tersebut. Contohnya adalah: Quash Growth, Mind Theft, Battle of Wits, Heath, atau bila kamu bermain caster, kamu dapat memasukkan caster air untuk water curse.
  3. Timing menggunakan kartu anti tersebut harus tepat dan harus digunakan pada kartu yang tepat pula. Dalam kasus ini, kamu harus melenyapkan/meng Quash Growth Rune Recycling Engine.

Ok, sekian dari saya. Be creative! Jangan terkungkung pada suatu combo lawan dan mengeluh tanpa melakukan apapun. Cobalah cari kombo-kombo lain yang lebih kreatif, efektif, dan lebih tidak ngarep. =)

Sebelumnya saya sudah menuliskan tentang beberapa combo Zodiark. Silakan dicek di artikel ini. Jangan percaya gosip, combo-combo ini valid, kok!

Note: Gambar terakhir diambil dari http://www.zastavki.com/eng/Zodiac_signs/wallpaper-4079.htm. Art oleh KAGAYA. Artnya bagus banget dan pas banget dengan combo ini ya? hahaha

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU