Deck kombo pada dasarnya bertahan, bertahan dan bertahan hingga kombo dari deck kita keluar dan kombo tersebut akan memutarbalikkan keadaan, sehingga kita dapat menang. Namun ada deck kombo yang mampu menggapai kombo itu di turn-turn awal sehingga membuat lawan kalang kabut dan terpaksa pemain lawan mensideboard segala macam kartu untuk menghalau kombo tersebut.

Sebenarnya aksi dari pemain yang mensideboard kartu-kartu anti deck kombo itu tidaklah salah, namun banyak pemain deck kombo yang ‘nggondok’ ketika disideboard, karena jalannya pertandingan menjadi berat sebelah dan tidak menguntungkan bagi pemain deck kombo.

Lalu apa asiknya main deck kombo? Bukankah pasti disideboard? Bukankah ujung-ujungnya kita emosi karena kartu-kartu anti deck kita?

Benar sekali, main deck kombo harus memiliki kesiapan mental, dan lebih penting lagi, kita harus mempersiapkan anti dari anti kombo kita. Saya sendiri sangat menyukai tipikal deck kombo seperti Terminus, karena keuntungan-keuntungan yang ditawarkan oleh terminus. Yang jelas, keuntungannya adalah: Follower manifestnya tidak dapat di remorse. Karena skill kartu batalkan akan mengacaukan seluruh komponen kombo kita. Dan yang kedua adalah follower manifest langsung dapat menyerang atau menggunakan skill slide nya dengan asumsi kita telah mensummon follower tersebut turn sebelumnya.

Kombo terminus saya sebelumnya banyak yang bilang ngarep, dan memang saya akui, ngarep, meskipun masih mungkin dilakukan, dan bila tidak ada gangguan, maka semua follower dan teritori lawan akan lenyap. Namun kali ini saya akan menyajikan sesuatu yang berbeda dan lebih tidak ngarep dari kombo kemarin. Komponen-komponennya adalah:

Tiga kartu??? Kemungkinannya kan sangat besar didraw di turn pertama?? Another loe gue end seperti kata Great Teacher Marx???? Tunggu sebentar, akan saya jelaskan pelan-pelan.

  1. Karena kombo ini menggunakan depth of terminus realm, maka kita membutuhkan 1 terminus acak untuk dibuang sebagai starting. Selain itu libra, selayaknya manifest follower, membutuhkan tubuh untuk dirasuki, jadi tidak secepat itu kalian mampu menggapai combo ini.
  2. Misal, syarat no 1 pun diabaikan, peluang untuk menarik 3 kartu berbeda tertentu pada format trifecta dengan deck 50 kartu dan draw pertama 5 kartu adalah: 1,21%, dan bila mau jalan kedua dan draw 2 kartu, maka peluang untuk draw 3 kartu tersebut adalah 3,69%. Jadi intinya dalam 25 kali bermain, maka 1 kali kombo itu akan berjalan lancar. Peluang ini pun belum memperhitungkan gold yang diperlukan untuk combo tersebut, serta belum memperhitungkan bila salah satu komponen kombo itu terkena anti dari deck tersebut. (Terkena remorse, compassion, mother love, dkk)

 

86 keseluruhan 1 dilihat hari ini