Kesepuluh pemain terbaik ini dipilih berdasarkan overall yang didata melalui fitur “transfer” pada Manager Mode per October 2011, ada wajah baru dan ada wajah lama yang masih mendominasi. Harga kesepuluh pemain ini memang mahal, tapi kepuasan sebagai manager jika sukses memboyong salah satu dari pemain di bawah ini jauh lebih bergengsi.

Top 10 Pemain Terbaik FIFA 2012:

1. Lionel Messi (Overall: 94)

 Positions: RW/ST/CF
Age: 24
Origin: Argentina
Club: FC Barcelona
Traits: Team Player
Specialities: Speedster, Dribbler, Acrobat, Clinical Finisher, Complete Forward
Price: £107,500,000

Profile: Maskot baru game FIFA ini memang tidak perlu dipertanyakan skillnya di level club, skill dribble bola yang tinggi ditambah akurasi kaki kiri yang berkelas membuatnya meraih 2 kali gelar FIFA Ballon D’ Or alias gelar pemain terbaik tahun 2009 & 2010, ia pun juga piawai membuat assist bagi rekan setimnya. Posisi paling enak memainkan Lionel Messi adalah sebagai sayap kanan, ia tinggal menerima umpan terobosan dari Cesc Fabregas, Iniesta atau Xavi dan dengan sedikit sontekan bergetarlah jala lawan.

 2. Cristiano Ronaldo (Overall: 93)

 Positions: LW/RW/LM/ST
Age: 26
Origin: Portugal
Club: Real Madrid
Traits: Power Free-Kick, Flair
Specialities: Speedster, Dribbler, Distance Shooter, FK Specialist, Acrobat, Clinical Finisher, Complete Forward
Price: £73,500,000

Profile: Manusia paling komplit dalam sepak bola, playboy bernomor punggung 7 ini bisa ditempatkan di segala posisi di depan. Jika bermain sebagai sayap ia bisa masuk sendirian ke jantung pertahanan lawan dengan dribble dan gocekannya atau bisa mengumpan assist kepada striker, tapi lain lagi jika diposisikan sebagai striker, maka cukup dengan umpan lambung yang akurat saja ia bisa menjadi ancaman di udara.

 3. Iniesta (Overall: 92)

 Positions: CAM/CM/LW/RW
Age: 27
Origin: Spain
Club: FC Barcelona
Traits: Finesse Shot, One Club Player
Specialities: Dribbler, Playmaker
Price: £83,500,000

Profile: Penentu kemenangan timnas Spanyol dalam laga Piala Dunia 2010 ini memang layak disebut “Pass Master”, kemampuan passingnya yang akurat dan sangat mengerti kebutuhan pemain depan membuatnya selalu menjadi pilihan pelatih Jose Pep Guardiola atau Vicenzo Del Bosque di timnas. Ia pun sebenarnya juga bisa diposisikan sebagai sayap dan siap memberikan kejutan kepada pemain bertahan lawan seperti yang pernah ia lakukan di final Piala Dunia 2010 lalu.

 

4. Xavi (Overall: 92)

 Positions: CM/CDM/CAM
Age: 31
Origin: Spain
Club: Real Madrid
Traits: One Club Player
Specialities: Playmaker, FK Specialist
Price: £55,000,000

Profile: Xavi adalah produk didikan murni akademi La Marcia milik Barcelona, bahu membahu membela club sejak usia remaja, ditempatkan di tengah, sebagai playmaker atau gelandang bertahan juga bisa. Paling berbahaya jika ia diposisikan sebagai gelandang bertahan karena jika sekali saja menerima passing dari pemain belakang maka ia bisa dengan cepat merespon dan meneruskannya ke pemain depan untuk menciptakan sebuah counter attack yang berbahaya.

 5. Wayne Rooney (Overall: 91)

 Positions: ST/CF/LW
Age: 25
Origin: England
Club: Manchester United
Traits: Long Shot Taker
Specialities: Engine, Distance Shooter, Clinical Finisher
Price: £42,000,000

Profile: Lahir sebagai Evertonian tapi kini membela Manchester United di bawah arahan Sir Alex Ferguson, peran Wayne Rooney tidak tergantikan baik di club maupun di timnas. Karena kehebatannya Sir Alex pun pernah berujar bahwa Rooney bermain tidak seperti pemain bola Inggris karena sebelumnya belum ada tipikal pemain seperti Rooney yang lahir dan besar di Inggris, ia merupakan pujaan setiap manager. Posisinya sebagai striker sudah tidak diragukan lagi, tapi Rooney ternyata memiliki peran baru sekarang yaitu sebagai pencipta assist bagi rekan-rekannya.

6. Arjen Robben (Overall: 90)

 Positions: RM/LM/LW/RW
Age: 27
Origin: Netherland
Club: FC Bayern Munich
Traits: Injury Prone, Long Shot Taker
Specialities: Speedster, Dribbler, Distance Shooter, Acrobat
Price: £34,000,000

Profile: Dijuluki “Man of Glass” karena seringnya pemain ini dibekap cedera dan mengharuskannya absen, tapi hal itu sama sekali tidak menghalangi talentanya sebagai sayap kanan terbaik dunia. Robben memiliki kecepatan dan akurasi yang baik dalam menciptakan peluang, ia kerap kali mengancam pertahanan lawan dengan solo runnya hingga berhadapan one-on-one dengan kiper, jika sudah begitu cukup dengan congkelan manis maka kiper lawan akan dipaksa memungut bola dari jalanya.

7. Wesley Sneijder (Overall: 89)

Positions: CAM/CM/LM/RM
Age: 27
Origin: Netherland
Club: Internazionale Milan
Traits: Long Passer, Long Shot Taker
Specialities: Playmaker, Distance Shooter, FK Specialist,  Acrobat, Complete Midfielder
Price: £30,500,000

Profile: Pencetak lima gol di Piala Dunia 2010 lalu dan suksesor Inter Milan dalam meraih gelar treble termasuk Liga Champions yang sudah dinanti selama 40 tahun, ia adalah pemain yang selalu menjadi incaran club-club top Eropa di setiap bursa transfer. Berposisi sebagai gelandang serang membuatnya sangat leluasa dalam menciptakan gaya permainan club yang dibelanya. Selain berperan sebagai “Complete Midfielder” Sneijder juga master tendangan bebas, sangat mudah mencetak gol dengan pemain yang satu ini dari bola mati.

 

105 keseluruhan 2 dilihat hari ini