Make a Wish in 2012, Sebuah Harapan Baru di Tahun Naga?

Tahun 2011 tekah berlalu, dan selamat datang tahun 2012! Sederet harapan baru turut terucap di momen pergantian tahun ini. Berikut adalah harapan saya di beberapa bidang yang saya sukai. Bagamaina dengan Anda?

Make a Wish in 2012, Sebuah Harapan Baru di Tahun Naga?

Make a Wish in 2012, Sebuah Harapan Baru di Tahun Naga?

Belum genap seminggu tahun 2011 meninggalkan kita. Tentunya, banyak kisah sedih dan gembira yang masing-masing telah kita alami di tahun tersebut. Tidak perduli kesan baik atau buruk, yang jelas tahun 2011 telah memberikan kenangan tersendiri bagi diri kita semua, sambil berharap semoga saja di tahun baru ini kita semua makin jaya. Amien..

Self Overview

Make a Wish in 2012, Sebuah Harapan Baru di Tahun Naga?

Di awal tahun 2011 sebelumnya sebenarnya saya sudah memiliki tekad untuk menjadikan tahun tersebut sebagai "Tahun Pembuktian" diri saya. Apapun yang terjadi dan apapun rintangannya saya telah bertekad untuk menghadapinya. Hal ini menjadikan saya menjadi lebih reaktif dengan segala hal yang menyinggung impian-impian saya di sepanjang tahun 2011. Namun apa dikata, banyak impian yang tidak terwujud di tahun ini. Alih-alih terwujud, malahan banyak masalah yang saya alami. Namun saya masih bersyukur, di tengah masalah-masalah ini saya masih memiliki banyak sahabat yang membantu saya. Memberikan selalu supportnya dan menjadikan saya terpacu untuk bangkit kembali. Semoga tekad kuat saya di tahun tahun 2012 bisa terwujud dan sesuai dengan rencana yang telah saya siapkan.

1. Teknologi: Android Semakin Merajalela   

Make a Wish in 2012, Sebuah Harapan Baru di Tahun Naga?

Perkembangan teknologi yang begitu cepat menjadi pusat monitoring saya dalam pembahasan di bidang ini. Ya, Android adalah pusat dari perkembangan teknologi saat ini. OS terbaru buatan google ini telah menjadi "trending topic" di tahun 2011 kemarin hingga sekrang. Dengan cepatnya demam Android telah mewabah di masyarakat, khususnya di mata para pecinta teknologi, seperti telepon genggam dan Tablet PC. Hal ini disadari betul oleh Google yang terus melakukan perbaikan OS Android. Terbaru yang dirilis mereka adalah OS versi 4.0 atau yang dikenal dengan sebutan Ice Cream Sandwich, penerus dari Honeycomb sebelumnya!

Samsung adalah jawaranya. Seakan tahu betul kebutuhan para penggila teknologi tanah air, mereka terus memborbardir pasar dengan segala gadget mereka. Tablet PC dan smartphone adalah bidikan utama mereka, dimana segala segmen berhasil mereka rebut. Mulai dari bawah, menengah, dan atas semua dipegang Samsung. Tidak percaya, coba liat hampir sebagian besar di pusat-pusat penjualan gadget dan IT tanah air telah dikuasai oleh Samsung. Mereka melaklukan promosi gila-gilaan untuk pasar tanah air.

Saya sendiri menikmati Android pada Samsung Galaxy Y (Y untuk Young). Sebuah droid Samsung yang berharga tidak terlalu mahal namun cukup memberi banyak manfaat kepada saya. Samsung Galaxy y sendiri dirilis dalam dua tipe, yakni GSM dan CDMA. Dan kebetulan saya memilih CDMA sebagai pengganti HP CDMA saya yang sebelumnya raib. Siapa bilang CDMA tidak memiliki koneksi yang baik untuk sebuah gadget Droid. Keberadaan jaringan baru Telkom Flexy EVDO sudah cukup membuat saya puas.

Saya optimis Android akan menjadi lebih besar lagi di tahun ini. Maraknya aplikasi yang disodorkan pada fitur Market bakal membuat banyak orang semakin keranjingan. Saya justru sedikit pesimis dengan keberadaan Blackberry yang tidak mengalami perkembangan cukup signifikan. Seperti yang diketahui, saya dan Anda semua pasti setuju dengan melemahnya kekuatan Blakcberry yang sedikit banyak sudah tergantikan oleh Android.

Make a Wish in 2012, Sebuah Harapan Baru di Tahun Naga?  Make a Wish in 2012, Sebuah Harapan Baru di Tahun Naga?

 

Saya sudah tidak berlangganan lagi BIS (Blackberry Internet Service) paket unlimited bulanan pada BB saya, sebagai gantinya saya lebih memilih paket gaul yang hanya memperbolehkan saya untuk menikmati fitur chatting dan social networking. Dengannya saya bisa berhemat dan memangkas setengah dari biaya bulanan BIS saya untuk saya alihkan ke langganan EVDO milik Flexy. Sebabnya, tentu saja karena EVDO + Galaxy Y lebih baik alias lebih cepat untuk digunakan internetan dan social networking.

Harapannya di Tahun 2012

Saya berharap semoga saja aplikasi sejenis Catfish dan Whatsapp dapat lebih berkembang lagi di tahun ini. Catfish adalah aplikasi chatting sejenis BBM di Blackberry, yang mana kabarnya lahir dari kreasi tangan anak bangsa. Untuk Whatsapp sendiri tentunya pasti Anda sudah tahu. Jika Catfish bisa lebih diterima dan sepopuler BBM di tahun 2012 ini, saya yakin banyak orang bisa lebih berhemat lagi. Belum lagi harga BB yang masih terbilang mahal dibandingkan gadget-gadget berbasis Android yang memukul segala segmen.

2. Video Game: Dunia Online Kian Menjadi Favorit!  

Make a Wish in 2012, Sebuah Harapan Baru di Tahun Naga?

Dunia game memang sudah banyak berubah, gamers saat ini bisa dibilang lebih kritis terhadap apa yang bakal mereka beli dan mainkan. Hal ini semakin dipertegas di tahun 2011 kemarin, dimana dukungan fitur online sudah menjadi hal yang biasa dalam sebuah game. Gamers yang tidak memiliki banyak waktu sudah tidak perlu kuatir lagi mencari teman untuk bermain, karena teman-teman online mereka yang tersebar di seluruh dunia telah menggantikannya.

Xbox Live dan PlayStation online adalah dua contoh layanan online dalam game. PlayStation Online untuk PS3 dan xbox Live di Xbox360. Sama seperti fitur Market yang dimiliki Android, masing-masing layanan ini juga memberikan fasilitas tersebut. Xbox Live misalnya yang memberikan fitur bernama Marketplace yang bisa dimanfaatkan untuk membeli game-game Arcade dan DLC (Downloadable Content). Sementara Sony memiliki PlayStation Store yang mulai menunjukkan daya saingnya dengan Microsoft. Dengan semakin baiknya infrastruktur internet di indonesia dan harga langganan internet yang sudah bisa terjangkau, saya yakin permainan online akan semakin berkembang di tahun 2012.

Lalu bagaimana dengan sisi offlinenya, apakah bakalan tidak dilirik lagi oleh para gamers,menurut saya tidak. Permainan offline tetap menjadi favorit di kalangan gamers tanah air, meski terjadi pergeseran sedikit demi sedikit ke sisi online-nya. Saya memperkirakan bakal terjadi banyak perubahan terhadap dunia game offline yang saat masih mengalami ketergantungan pada game bajakan. Trend pengisian game ke HDD saya perkirakan akan semakin populer di tahun 2012. Tidak hanya Jailbreak yang memungkinkan Anda untuk tetap bisa memainkan game bajakan melalui hard disk, namun di xbox360 juga ada hack sejenis bernama JTAG dan RGH yang keberadaannya semakin berkembang. Wii sendiri juga telah lama mendapatkan hack semacam ini, dimana Anda juga bisa memainkan sebuah game lewat hard disk. Hal yang sama juga terjadi di mesin game portable seperti PSP dan NDS. Jadi wajar jika nantinya media fisik seperti DVD, BD, dan DVD DL sudah tidak populer lagi di pasaran.

Make a Wish in 2012, Sebuah Harapan Baru di Tahun Naga?  Make a Wish in 2012, Sebuah Harapan Baru di Tahun Naga?

Hal lain yang wajib kita cermati ialah perkembangan teknologi motion sensor yang semakin mengambil peran penting. Setelah Microsoft menerapkan teknologi ini dalam Xbox360 Kinect dan Sony menerapkannya PlayStation Move, Motion sensor semakin dikenal di masyarakat. Khususnya Kinect yang menurut saya lebih dibandingkan Nintendo dengan Nintendo Wii-nya.  Microsoft sendiri sudah mengumumkan bahwa mereka akan semakin menseriusi keberadaan Kinect dalam Xbox Loop (konsol penerus Xbox360) yang rencananya bakal diperkenalkan di tahun 2012 ini.

Harapannya di Tahun 2012

Harapan saya di bidang ini, semoga saja game bajakan bisa terus bertahan dan menemukan banyak celah untuk berkembang. Seperti yang diketahui, sedikit banyak berputarnya roda bisnis video game di tanah air juga disebabkan karena adanya bajakan. Hanya dengan bajakan semua golongan masyarakat dapat menikmati game dengan merata. Saya juga berharap semoga semua mesin game turun harga di tahun 2012 ini, khususnya PSP Vita yang harganya masih tinggi. Harapan lainnya saya menginginkan Microsoft segera memperkenalkan ke publik proyek Xbox Loopnya. Saya penasaran dengan bentuk dan spesifikasi, serta harganya yang katanya bakal lebih murah.

3. Hacking: Hacker Tidak Kenal Lelah Dalam Berkarya!

Make a Wish in 2012, Sebuah Harapan Baru di Tahun Naga?

Untuk saat ini mungkin gamers masih bisa bernafas lega karena para hacker masih konsisten melawan Sony dan Microsoft untuk bajakan. Hacker macam C4Eva dan Geohot masih terus mengupdate exploit-exploit mereka di Xbox360 dan PS3. Geohot adalah hacker fenomenal yang memperkenalkan metode jailbreak di PS3, sementara C4E adalah tokoh utama dibalik bobolnya proteksi Xbox360 saat ini. Karyanya yang telah diakui adalah iXtreme Firmware yang telah memungkinkan adanya bajakan di Xbox360.

Saya tidak bisa membayangkan bagaimana perkembangan game tanah air jika dua hacker tersebut tidak pernah ada. Bisa jadi Anda sekarang masih membeli game original untuk bisa memainkan sebuah game. Di tahun 2011, perkembangan dunia hacking tumbuh dengan cepat. Pertempuran antara para hacking dengan pengembang kerap kali terjadi. Tentu yang masih segar di ingatan kita adalah persaingan antara C4EVA melawan Microsoft. Microsoft berusaha mati-matian untuk menjadikan Xbox360 aman dari bajakan. Mereka melakukan berbagai upaya mulai dari meningkatkan sistem proteksi (Wave dan AP25), mengganti format game disc (XGD3), hingga Silent Update (DAE Bin) yang paling gres dirilis. Namun hal tersebut masih dapat diantisipasi oleh C4Eva yang terus membobol sistem proteksi Xbox360 agar bisa memainkan game bajakan.

Make a Wish in 2012, Sebuah Harapan Baru di Tahun Naga?  Make a Wish in 2012, Sebuah Harapan Baru di Tahun Naga?

 

 

PS3 tidak luput dari ancaman para hacker, sejak dirilisnya jailbreak oleh Geohot, PS3 semakin rentan diserang oleh para hacker. Mereka seolah telah menemukan celah untuk membobol sistem keamanan PS3 yang mana telah dimulai oleh Geohot. Benar saja, saat Jailbreak sudah dapat diantisipasi keberadaannya oleh Sony, muncul lagi hacker sejenis yang meneruskan perjuangan Geohot dengan metode Jailbreaknya. Para hacker ini menamai alat mereka dengan Jailbreak 2 (JB2) dan memiliki kemampuan dapat memainkan game-game PS3 yang dibackup di kopian BD (Blu-ray). Saya berharap di tahun 2012 ini makin banyak hacker baru bermunculan, membantu para hacker yang sudah ada.

Harapannya di Tahun 2012

Semoga C4Eva tetap eksis dan terus berkarya di tahun 2012. Tidak kenal lelah untuk terus menjebol proteksi Xbox360. Dan semoga saja hacker-hacker PS3 semakin bersemangat dalam mengejar ketertinggalannya dari hacker-hacker Xbox360. Saya juga berharap metode JB2 bisa semakin eksis, terutama dari sisi game-gamenya yang masih sedikit lambat dan banyak permasalahan.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU