Battlefield 3 yang dirilis pada akhir tahun lalu mencuri perhatian gamer pemula maupun veteran Battlefield yang sudah bertempur sejak era Battlefield 2 atau malah 1942. Seperti Battlefield Bad Company 2 (BFBC2), Battlefield 3 menyederhanakan beberapa kelas yang sebelumnya ada di Battlefield 2. Semula di Battlefield 2 kita mengenal kelas, Assault, Enginer, Anti-Tank, Support, Special Force dan Sniper, maka di Battlefield 3 kita akan dikenalkan hanya pada empat kelas, yaitu Assault, Engineer, Support dan Recon. Sebenarnya empat kelas di Battlefield 3 merupakan penyederahanaan atau penggabungan kit-kit pasukan yang sebelumnya pernah dilakukan DICE di BFBC2.

Empat Kelas Empat Rasa

Di artikel kali ini, kami ingin memberikan tips dan trik cara penguasaan kit setiap kelas, kelebihan, kekurangan dan fungsinya di dalam tim maupun squad. Tanpa banyak basa-basi, silahkan berbaris dan kita mulai artikel ini dengan pelajaran baris-berbari…eh, maksud kami dengan kelas Assault yang merupakan tulang punggung pasukan infantri.

ASSAULT

Assault merupakan sebuah kelas yang tahan banting tapi kurang fleksibel. Tahan bantingnya si Assault tercapai karena, di BF3 seorang Assault dibekali sebuah medikits yang bisa menyembuhakan semua kerusakan yang diterima dirinya maupun personel yang ada di sekelilingnya. Selain medkits, Assault juga dibekali defibrillators yang bisa menghidupkan rekan satu tim yang sedang menanti ajal.

Kehebatan kelas Assault masih diimbuhi dengan assault rifle yang memiliki stoping power  mematikan dan rate of fire yang sangat tinggi. Bila kehandalan seorang Assault masih dirasa kurang, pemain bisa menukar medkits dengan sebuah pelontar granat yang bisa menambah daya gempur, sebagai konsekuensinya Assault akan kehilangan kemampuan penyembuhan. DICE mendapuk Assault sebagai pembantai infanteri nomer satu tetapi punya satu kelemahan fatal, yaitu tidak bisa berhadapan dengan kendaran lapis baja, heli atau pesawat. Kelemahan ini membuat Assault menjadi kelas yang rigid dan kurang fleksibel seperti yang kami sebutkan di awal bahasan.

Kembar Beda Bapak dan Ibu (?)

Untuk pemula yang memainkan Assault, disarankan untuk membeli versi limited edition BF3 lengkap dengan ekspansi B2K. Pasalnya di dalam ekspansi tersebut ada senjata FAMAS yang sangat cocok untuk pemula. Untuk mendapatkan FAMAS kamu hanya cukup memenuhi Assigments Best “Friends Forever”, dengan cara melakukan 10 kali Revive (defiblbrillators – 4000 poin Assault) dan 10 kali Heal (medkits).

FAMAS yang merupakan hadiah dari Assigments B2K, memiliki rate of fire 1000 dan daya rusak sebesar 25 – 17 (point blank – lebih dari 70 meter). Dengan rate of fire yang sangat tinggi FAMAS bisa menghabisi musuh dalam sekejap. Tapi kelebihan ini bisa menjadi bumerang bila pemain kelepasan atau melakukan trigger happy. Peluru yang hanya berjumlah 30+1 butir bisa habis dalam hitungan detik, dan bukan sebuah ide yang bagus untuk melakukan reload di tengah hujan peluru.

FAMAS Yang Cepat dan Mematikan

Bila semua senjata Assault sudah terbuka kamu bisa saja memakai F2000, AEK 971, L85A2 atau KH2002. FAMAS, F2000 dan AEK 971 memiliki recoil yang sedikit sukar untuk dikendalikan. Untuk menanggulanginya kamu bisa saja memasangkan sebuah foregrip atau suppressor dengan konsekuensi kehilangan sedikit jarak tempuh peluru dan daya rusak. L85A2 dan KH2002 memiliki rate of fire yang cukup rendah (650 dan 800) sehingga lebih mudah dikendalikan dalam rentetan panjang.

Seorang Assault bebas memakai perk apa saja tergantung dari situasi yang dihadapinya. Bila ingin melakukan pertempuran jarak dekat, seorang Assault bisa memakai perk SUPR/SQD SUPR yang menambah kemampuan suppressive (membuat pandangan target yang terkena suppressive menjadi blur lebih cepat 20%/50%), COVR/SQD COVR yang menghilangkan kemampuan suppressive sebuah senjata sebanyak presentase (-20%/-33%), SPRNT/SQD SPRNT yang menambah kecepatan lari (10%), atau AMMO/SQD AMMO yang menambah jumlah amunisi (50%).

Pemain Assault yang baik akan sering memberikan suport pada tim mapun squad, mereka akan merevive rekan yang tumbang atau melamparkan medkits di tengah-tengah pertempuran sengit. Seorang Assault akan memperoleh 100 poin melalui revive dan 20 poin melalu heal, sehingga rasanya tidak ada alasan untuk seorang Assault untuk ogah revive atau ogah melempar medkits.

37 keseluruhan 3 dilihat hari ini

Pages: 1 2 3 4 5