RECON

Posisi kelas Recon tidak banyak berubah sejak Battlefield 2, Recon masihlah predator jarak jauh yang bisa menghabisimu di luar jangkauan senjata kelas lain. Satu tembakan tepat ke kepala bisa berakibat kematian seketika. Di Battlefiled 3 DICE memberlakukan downside atau nerf yang cukup aneh pada Recon. Downside yang aneh tersebut timbul dari iluminasi cahaya yang muncul dari teropong balistik yang tersemat di senjata Recon. Dengan adanya iluminasi tersebut kita bisa mengetahui posisi sniper dan memperkirakan arah tembakkan mereka.

Para Recon kini memiliki beberapa arsenal senapan runduk semi otomatis yang bisa dipakai untuk maju ke area pertempuran. Cukup dengan mengganti scope dengan jarak yang lebih pendek seorang Recon bisa membunuh musuh dengan tiga butir peluru karena daya rusak senapan runduk berkisar antara 30-59 (tergantung senapan) pada jarak sedang sampai sangat jauh. Dengan penambahan arsenal ini, para Recon bisa bermain sedikit agresif sambil tetap menaikkan total kill senapan runduk.

httpv://youtu.be/AlyajYjW-Yo

Peluru di Battlefield 3 dipengaruhi oleh gravitasi dan jenis senjata, ada beberapa senjata memiliki kecepatan yang rendah sehingga peluru jatuh lebih cepat ketimbang peluru dari senjata lain. Hal ini membuat tehnik menembak pada setiap senapan runduk berbeda-beda tergantung kecepatan peluru dan posisi penembak. Saat terjadi duel sniper pada jarak jauh atau sangat jauh kita terkadang harus menembakkan peluru jauh di atas target. Untuk memastikan perkenaan peluru jangan melakukan zoom out sebelum kamu melihat titik jatuh peluru. Terus perbaiki titik jatuh dengan cara menaikan atau menurunkan bidikan.

Kelas Recon di Battlefield 3 dibekali dengan gadget-gadget canggih untuk membantu tim atau squad. Gadget canggih yang dimaksud adalah Radio Beacon yang bisa dipakai sebagai tempat spawn teman satu squad, T-UGS yang berfungsi sebagai radar bagi musuh, SOFLAM yang bisa mengunci kendaraan tempur musuh sehingga membuat Javelin atau peluru kendali lainnya menghantam target dengan lebih presisi sehingga menghasilkan daya rusak yang lebih dahsyat, dan yang terakhir adalah MAV yang fungsinya mirip T-UGS tetapi bisa diterbangkan dan menghancurkan alat-alat lawan seperti Mortar.

Pemandangan Saat Menggunakan MAV

Beberapa peralatan Recon bisa dieksploitasi agar menguntungkan sang Recon atau rekannya. Sebagai contoh, sebuah peta dengan langiit yang bisa diterbangi akan membuat setiap rekan satu squad yang muncul dari Radio Beacon melayang-layang dengan parasut seperti diterjunkan dari pesawat. Kondisi ini bisa dimanfaatkan oleh Recon untuk melakukan gliding ke tempat-tempat yang semula tidak bisa dijangkau seperti atap gedung yang tinggi atau menara radio. MAV yang bisa dikendalikan juga bisa dinaiki oleh rekan satu squad atau dirimu sendiri untuk mencapai tempat-tempat yang sebetulnya tidak memiliki jalur akses. Berhati-hatilah dalam mengeksploitasi alat-alat ini, salah-salah kamu akan dibanned oleh EA dan mengalami stat reset atau malah stat lock (tidak bisa naik level).

Kami tidak bisa menentukan mana senjata terbaik untuk Recon karena seperti di dunia nyata, setiap marksman atau sniper pasti memiliki selera dan kebutuhan sendiri-sendiri. Tapi yang jelas setiap Recon biasanya memakai perk SQD AMMO atau AMMO untuk menjamin senjata tetap menyalak sepanjang permainan. Maklum karena pada hakikatnya seorang Recon bertempur pada jarak yang sangat jauh, mereka kerap immortal (tidak pernah mati) sepanjang permaian sehingga bisa saja kehabisan peluru. Pemakaian Perk ini berubah lagi saat seorang Recon memakai senjata umum seperti SMG atau Shotgun yang akan kita bahas berikutnya berbarengan dengan side arm atau pistol.

135 keseluruhan 3 dilihat hari ini