Diablo III Juga Dirilis di Konsol?

Mungkin banyak di antara kamu penggemar serial Diablo yang berharap Blizzard juga merilis Diablo III untuk konsol. Dari tweet salah seorang fans Diablo dengan community manager Blizzard, Micah “Bashiok” Whipple, mengindikasikan bahwa Blizzard akan merilisnya untuk konsol!

Diablo III Juga Dirilis di Konsol?

Judul Game : Diablo III

Dev / Pub : Blizzard Entertainment

Tanggal Rilis : TBA 2012

Genre : Action RPG

Platform : PC, Mac

Berita ini belakangan makin banyak dibicarakan, tapi sebaiknya jangan terlalu berharap, karena pihak Blizzard sendiri masih menegaskan bahwa mereka tidak merilis Diablo III untuk konsol. Memang tweet tersebut benar adanya, yang bisa kamu lihat pada gambar di bawah (dari sumber aslinya, link tweet tersebut sepertinya sudah dihapus, bisa kamu lihat di sini)

Diablo III Juga Dirilis di Konsol?

Dari pernyataan Whipple, tidak jelas apakah Blizzard benar-benar akan merilisnya untuk konsol, dirilis untuk konsol apa, dan apakah akan dirilis bersamaan dengan versi PC. Hingga berita ini ditulis pun, Diablo III masih berada dalam tahap pengembangan dan dikonfirmasikan akan driilis untuk PC serta Mac pada tahun ini.

Tapi kemudian perwakilan dari Blizzard mengatakan hal yang kontradiktif dengan pernyataan Whipple tersebut. Pernyataan Whipple di Twitter ini sebenarnya ditujukan sebagai konfirmasi bahwa saat ini Blizzard memang sedang aktif mencari kemungkinan pengembangan versi konsol dari Diablo III. Tapi bukan berarti bahwa ini adalah konfirmasi bahwa Diablo III akan dirilis untuk konsol manapun.

Diablo III Juga Dirilis di Konsol?

Seperti yang diketahui bersama, mulai dari tahun 2000 Blizzard memang merilis kebanyakan game-nya eksklusif untuk PC (serial StarCraft, Warcraft, dan Diablo). Game-game versi port mereka yang dikembangkan dengan beberapa developer lain ke konsol pun juga tidak sesukses versi aslinya di PC. Sebut saja Diablo pertama, yang dirilis oleh Blizzard dan Electronic Arts untuk PlayStation. Atau versi port StarCraft untuk Nintendo 64 pada tahun 2000 lalu, dengan banyak reaksi fans yang kecewa karena kualitas versi port ini sangat jauh dibandingkan versi aslinya.

Lead designer Diablo III, Jay Wilson, beberapa bulan lalu mengatakan pada majalah Game Informer bahwa jika tim pengembang ingin merilis versi konsol dari Diablo III, maka mereka akan mengembangkannya dari awal, tidak hanya sekedar port seperti game-game versi port sebelumnya. “Orang-orang tidak percaya pada kita ketika kita mengatakan bahwa kita akan membuat sebuah game konsol. Saya mengerti kenapa mereka tidak mempercayai kita, karena kita sudah pernah mencoba hal ini sebelumnya. Kita juga tidak pernah menginvestasikan hal ini hingga ke tingkat yang sudah kita lakukan sekarang, dan kita tidak pernah merasa ada produk game yang cocok untuk ini (dibuat versi konsolnya)”, ujar Jay Wilson. Hmm, sepertinya memang serial Diablo ini akan tetap eksklusif untuk PC ya? Kita tunggu saja berita terbarunya dari pihak Blizzard. (Reyner)

Sumber : Wired.com

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU