Sebelumnya kami menyebutkan jika Galaxy S II (dan juga Galaxy Note) bakal menerima update Android 4.0 Ice Cream Sandwich (ICS) kuartal pertama 2012, atau paling tidak akhir Maret 2012 – dari rencana awal akhir 2011. Sekarang sudah Maret, dan sebelumnya sempat muncul berita jika update ICS tersebut diudarakan 15 Maret 2012. Namun hari kembali muncul berita resmi dari Samsung Filipina, jika update ICS untuk smartphone terbaik 2012 versi Mobile World Congress tersebut bakal dilepaskan besok, 10 Maret 2012.

Jika kamu beberapa hari belakangan mengecek KIES — software khusus untuk manajemen content smartphone Samsung, beberapa kali meminta update file. Sepertinya itu menjadi satu pertanda, karena memang rencananya update ini akan diberikan melalui Kies versi terbaru, di atas versi 1.5, dan juga melalui OTA alias over-the-air — dengan cara mengecek dari Settings -> About phone -> Software update. Kamu bisa masuk ke web customer service Samsung di sini untuk melihat detail apa saja yang bisa didapat melalui update tersebut.

Yang pasti konfirmasi update tersebut untuk Galaxy S II versi global, termasuk yang beredar di Indinesia (bukan Galaxy S II yang ditawarkan dalam region tertentu). Penambahan yang bakal kamu dapatkan antara lain, Face Unlock, Android Beam, dan mobile data usage, selain tentu saja keseluruhan stock ROM ICS. Dan sesuai dengan keterbatasan ICS, tidak ada dukungan Flash (tidak masalah, toh ternyata yang lebih diterima adalah HTML5), serta Bluetooth 3.0 HS yang kecepatannya lebih tinggi. Samsung pun tidak menyarankan update tersebut bagi mereka yang menggunakan Galaxy S II dengan custom firmware.

Namun kembali pada kata rencana awal akhir Desember 2011, kemudian diundur pada kuartal pertama 2012, Samsung kembali menunda-nunda update ICS untuk Galaxy S II. Termasuk pernyataan Samsung Filipina tersebut, yang kemudian dibantah kembali oleh akun Twitter ofisial Samsung. Mereka menyebutkan jika pernyataan tersebut salah, dan kapan tanggal resminya bakal segera diumumkan kembali. Entah kapan smartphone jawara ini mendapatkan ICS-nya, namun yang pasti seminggu belakangan saya mendapati Kies beberapa kali di-update cukup mengindikasikan sebuah persiapan adanya upgrade via KIES atau OTA. Semoga saja sesuai rencana sebelumnya, 15 Maret 2012 ini, dan kamu bisa siapkan dulu saja dengan meng-update KIES ke versi terbaru.

Sementara bisa dinikmati bagaimana ICS (non-ofisial) berjalan di atas TouchWiz-nya Galaxy S II berikut ini:

15 keseluruhan 1 dilihat hari ini