Masih ada dua hari lagi sebelum “the all new” iPad resmi dirilis. Dan seperti yang kami ulas seminggu lalu, tablet Apple yang sebelumnya disebut sebagai iPad 3 ini datang dengan chipset baru Apple A5X, dengan prosesor dual core 1GHz serta GPU dengan empat core, serta resolusi terbesar di ranah tablet hingga saat ini. Memang masih ada dua hari lagi. Namun rupanya ada yang mendapatkannya lebih awal.

Adalah website dari Vietnam Tinhte, yang entah bagaimana mereka bisa mendapatkannya lebih awal, melakukan pengetasan ringan sekaligus benchmark. Hasilnya sungguh di luar dugaan, karena iPad baru ini mengukuhkan diri sebagai gadget dengan kinerja grafis terbaik, bahkan melebihi Tegra 3. Benchmark melalui aplikasi Geekbench tersebut sekaligus juga menunjukkan kecepatan prosesor dan informasi RAM-nya, yang hingga saat ini masih belum diungkapkan oleh Apple — dan memang tidak pernah diungkapkan secara resmi. iPad baru tersebut melalui chipset Apple A5X, diperkuat prosesor dual core 1 GHz serta  RAM 988 MB. Kemungkinan itu yang available, dan RAM yang terinstall 1 GB, bukanya 512 MB seperti yang dirumorkan sebelumnya.

Selain benchmark dari hasil unboxing dan hands on website Vietnam tersebut, melalui website GLBenchmark, juga diketahui jika iPad baru ini menduduki posisi teratas hasil benchmark GLBenchmark 2.1, dengan meraih point 15924. Mengungguli iPad 2 hingga 50% lebih. Apple iPhone 4S, yang juga menggunakan chipset yang sama seperti iPad 2, menduduki posisi ketiga, dan dibayangi oleh Acer Iconia Tab A510 dengan prosesor quad-core NVIDIA Tegra 3. GPU yang digunakan iPad terbaru ini sendiri adalah PowerVR SGX543MP4, atau yang sama digunakan Sony pada PlayStation Vita — sekaligus menjadi bukti otentik bagi Vita, secara tidak langsung unggul secara grafis dibandingkan semua gadget ber-Tegra 3.

Pencapaian iPad terbaru yang mengungguli Tegra 3 dalam uji GLBenchmark 2.1 tersebut sekaligus memberi standar baru, karena kinerjanya dua kali lebih baik dibandingkan tipikal Tegra 3. Apple sendiri sebelumnya mengklaim jika kinerja GPU iPad terbaru ini empat kali lebih baik daripada tipikal Tegra 3, namun dengan hasil dua kali itu saja saya rasa sudah cukup membuat NVIDIA segera memikirkan strategi marketing baru dalam menjual chipset mereka, yang sebelumnya digembar-gemborkan memiliki kinerja grafis terbaik.

Lanjut ke halaman 2, untuk video hands on iPad terbaru…