Jepret + Edit + Share, Alternatif Berbagi Foto di Facebook Melalui Friendcaster Pro

Seminggu belakangan heboh pengguna Droid menghujani wall dengan foto - foto hasil editan Instagram mereka. Sayang ya, filternya hanya itu - itu saja, karena memang basisnya sharing foto. Jika kamu termasuk suka jepret, edit dulu, lalu share hasilnya, bisa coba Friendcaster versi baru, yang makin cepat saja notification-nya...

Jepret + Edit + Share, Alternatif Berbagi Foto di Facebook Melalui Friendcaster Pro

Jepret + Edit + Share, Alternatif Berbagi Foto di Facebook Melalui Friendcaster Pro

Sepekan belakangan, terutama pengguna Android, makin membuat ramai server Instagram. Karena memang jejaring sosial berbasis photo sharing besutan Instagram, Inc. tersebut mulai dirilis untuk Android, setelah sejak 2010 bercokol di iOS, dan menjadi satu kebanggaan para pengguna smartphone, media player dan tablet dari Apple. Dan seperti kebanyakan aplikasi baru lainnya, versi awal Instagram untuk Android, yaitu versi 1.0.1 diwarnai dengan banyak bug. Seperti kamera depan tidak berfungsi, dan fungsi mute yang juga gagal tereksekusi, hingga yang membuat depresi, belum mendukung tablet Android. Namun untunglah, Instagram langsung memberikan update-nya, hingga ke versi 1.0.3 dengan dukungan tablet dan kamera depan (serta bisa install ke memory eksternal), yang bisa kamu download melalui market atau link berikut ini untuk file .APK-nya.

Jepret + Edit + Share, Alternatif Berbagi Foto di Facebook Melalui Friendcaster Pro[/caption]

Tapi tunggu, artikel ini bukan mengenai Instagram lho, karena sudah dibahas oleh Febrizio di sini. Tetap mengenai aplikasi yang membantumu berinteraksi dengan jejaring sosial, terutama Facebook,yaitu Friendcaster Pro for Facebook dari OneLouder Apps -- juga ada versi gratisannya di sini. Bicara Facebook, memang banyak aplikasi Android yang menawarkan interaksi dengan situs sosial tersebut. Salah satu yang paling populer (bisa dilihat di daftar teratas Google Play) adalah Facebook for Android. Namun jujur saja, aplikasi Facebook ofisial tersebut memang secara tampilan bagus, hanya terlalu berat dan boros resource... menyiksa banyak Droid yang memang hanya dibekali sedikit RAM... misalnya, Galaxy Mini, Galaxy Y, Galaxy Ace, atau Xperia X8 misalnya, bakal menjerit jika menggunakan aplikasi Facebook ofisial tersebut yang menguras banyak jatah RAM.

Jepret + Edit + Share, Alternatif Berbagi Foto di Facebook Melalui Friendcaster Pro[/caption]

Tetap saja ada kelebihannya, saya menyukai "push notification"-nya, karena notification begitu cepatnya kita terima. Sayang, tetap saja berat...  Solusinya, selain menggunakan Opera Mini untuk akses Facebook -- meskipun kamu kehilangan fungsi notification, kamu bisa mencoba Friendcaster Pro, yang begitu ringan, meskipun antar mukanya tidak menyiratkan Timeline di Facebook. Namun aplikasi tersebut sebelumnya juga memiliki kelemahan, karena fitur notification-nya tidak sebaik dan selengkap Facebook for Android. Tidak setelah udate terbarunya 6 April 2012 lalu, yang mencapai versi 5.0.1, dan merupakan major update dari OneLouder Apps. Satu update yang bisa saya rasakan sangat berguna adalah notification-nya yang kini berjalan secara realtime UNTUK SEMUA (tidak hanya sekadar beberapa notification, seperti pada versi sebelumnya), menyamai kecepatan push notification-nya Facebook for Android. Kemudian saya juga suka opsi yang membantumu bisa men-tag lebih banyak teman dalam sebuah post -- sesuatu yang hilang dari Facebook for Android. Detail penbaruan yang diberikan developer bisa kamu lihat di bawah ini :

  1. MAJOR 5.0.1 UPDATE
  2. Beautiful new news feed
  3. Realtime notifications available for all
  4. Quick and easy setup wizard for notifications
  5. 6 color themes (with more to come)
  6. Higher resolution photos in your news feed
  7. Faster access to comment and like status updates
  8. Ability to tag more than one Friend at the time in a Post
  9. Memory improvements all-around.
  10. New checkins interface
  11. Quick access to post status update or photos/video
  12. Major Android design improvements

Jepret + Edit + Share, Alternatif Berbagi Foto di Facebook Melalui Friendcaster Pro[/caption]

Oh ya, bagimu yang doyan menggunakan Instagram karena sekali jepret bisa upload, dengan opsi banyak filter unik, Friendcaster ini juga memiliki plugin gratisan yang disebut Photo Effects Plugin. Bukan hanya sekadar filter foto seperti yang kamu temui melalui Instagram, setelah kamu menjepret obyek, foto yang ingin kamu upload ke Facebook bisa di-edit dengan banyak sekali opsi ala Photoshop. Seperti auto-enhance, Crop-Flip-Rotate, Sharpen-Blur, Redeye Removal, bisa juga menambahkan tulisan dan stiker, dan yang mungkin bakal disukai para penggemar situs seperti 9GAG dengan tampilan MEME khususnya, ada MEME Generator juga dalam paket efek fotonya Friendcaster tersebut yang membantumu melengkapi foto dengan banyak template MEME yang tersedia.

Untuk mendapatkan Friendcaster ini, bisa saja kamu langsung search melalui Google Play, atau melalui browser di PC ke link ini, atau jika lebih suka men-download APK-nya, seperti melalui tips yang kami berikan sebelumnya, ini ada file mentahan APK-nya yang kami temukan melalui link Mediafire. Oh ya, hampir lupa, Friendcaster ini juga ada untuk iOS kok... masuk saja ke iTunes untuk mendapatkannya.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU