The Three Musketeers cakep dari HTC... One S, One X dan One V... Baru One X dan One V saja yang eksis di Indonesia sejak pertengahan April 2012 lalu!

Seperti yang pernah kami ulas sebelumnya selama Mobile World Congress akhir Februari 2012 lalu, HTC mengembangkan line up smartphone barunya dengan brand “One”… Dan di luar dugaan dan prediksi sebelumnya, ternyata smartphone dengan prosesor quad-core pertama yang masuk pasar Indonesia justru dari HTC, melalui One X.

Quad-core, dan dukungan nama NVIDIA melalui Tegra 3, sepertinya sudah menjadi satu modal tersendiri bagi smartphone yang memilihnya sebagai jantung penggerak utama. Demo yang dirilis pun menunjukkan kualitas yang tidak kalah dengan konsol sekalipun. Namun ada yang aneh, seperti yang pernah kami tunjukkan sebelumnya melalui uji benchmark HTC One XL yang masih menggunakan CPU dual-core Snapdragon S4 dari keluarga chipset MSM8960 milik Qualcomm, ternyata performanya setara, atau bahkan pada beberapa bagian mampu menggungguli CPU quad-core.

One X versi AT & T, atau untuk versi internasional disebut sebagai One XL... saya lebih berharap HTC Indonesia memasukkannya kemari daripada One X sih... Namun One X jelas lebih unggul secara marketing dengan bekal "quad-core"-nya!

Satu alasan paling tepat yang bisa kami ungkapkan, semua versi Android saat ini, baik yang Ice Cream Sandwich, dan juga semua aplikasi serta game – gamenya, secara coding software masih belum bisa mengoptimalkan CPU quad-core! Namun tetap berdasarkan hasil uji kinerja, Tegra 3 dengan quad-core dan GPU yang hebat itu jelas mengungguli semua dual-core yang muncul setahun belakangan — kecuali chipset dual-core terbaru, seperti yang digunakan dalam HTC One XL. Jadi kesimpulannya di sini, belum tentu quad-core lebih kencang dibandingkan dual-core terbaru, atau setidaknya, Google dan para pengembang aplikasi / game perlu segera meng-update kembali versi Android mereka supaya bisa mendukung sepenuhnya kinerja chipset dengan CPU quad-core tersebut.

Lanjut ke halaman 2 untuk hasil uji benchmark terbarunya…

64 keseluruhan 6 dilihat hari ini