Akhirnya The Avengers pun rilis di Indonesia, sebuah penantian yang tidak mengecewakan. Bagi kamu yang sudah melihat filmnya dan tidak beranjak dulu dari kursi saat filmnya usai tentunya melihat adanya sebuah adegan misterius yang ditinggalkan Joss Whedon untuk kelanjutan The Avengers. Setelah itu, muncul banyak pertanyaan tentang siapakah tokoh yang muncul di akhir credits itu? 

Untuk menjawab itu, saya akan memberikan beberapa informasi yang dapat menjawab pertanyaan tersebut. Tapi bagi kamu yang belum sempat menonton filmnya saya sarankan untuk menonton dulu filmnya sebelum membaca artikel ini.

 

[WARNING: SPOILERS AHEAD]

 

Seperti yang kita tahu, setelah The Avengers berhasil mengalahkan pasukan Chitauri dengan mengirim bom nuklir ke pesawat induk mereka, kita melihat kalau pimpinan mereka sedang berbicara dengan seorang tokoh misterius. Pimpinan Chitauri berkata,  “manusia tidak bisa diremehkan, dan untuk menghadapi mereka sama dengan menantang maut itu sendiri”. Setelah itu tokoh misterius itu pun membalikkan kepalanya dan kita melihat Thanos – The Mad Titan, tersenyum.

Yup…. itu Thanos. Mungkin ada yang berpikir bahwa itu Skrulls, dari wajahnya memang sedikit mirip, tapi bukan. Perkataan Joss Whedon pun terbukti saat dalam sebuah interview ia mengatakan bahwa tak akan ada The Kree dan Skrulls di film ini, setelah sebelumnya muncul rumor yang mengatakan bahwa dua tokoh tersebut akan muncul.

Lalu siapakah Thanos???

Seperti kebanyakan tokoh dalam buku komik, Thanos memiliki sejarah panjang dan rumit dalam perjalanan Marvel Universe.

Tokoh Thanos pertama kali diperkenalkan di komik Iron Man edisi ke-55 yang rilis tahun 1973 dan ia merupakan bagian dari ras kosmik yang dikenal dengan sebutan The Eternals, namun Thanos berbeda dengan yang lain sebab ia lahir dalam keadaan cacat dan mengerikan.

Tokoh ini sangat terobsesi dengan kematian. Jadi, ketika pemimpin Chitauri mengatakan bahwa untuk melawan The Avengers sama dengan menantang maut itu sendiri, Thanos pun memalingkan wajahnya dan tersenyum.

Berikut sekilas tentang latar belakang Thanos:

Kekuasaan dan ketenarannya terus bertumbuh saat ia melakukan perjalanan di alam semesta. Suatu ketika Thanos bertemu Kematian itu sendiri, yang menampakkan diri kepadanya dalam wujud seorang perempuan.

Sejak itu, Thanos jadi tergila-gila dengan sosok tersebut, dan berusaha untuk membuat dirinya layak untuk mendapatkan cintanya. Dengan pasukan dibawah komandonya, ia hampir menghancurkan planet tempatnya lahir yang merupakan tempat tinggal para Titan dan menyatakan dirinya  sebagai penguasa. Kemudian ia pun mencari Cube Cosmic yang memiliki kekuatan besar (yang dalam film ini dikenal dengan “Tesseract”), dan sejumlah pahlawan bumi pun berkumpul untuk menghadapinya.

Itulah sekilas cerita mengenai tokoh Thanos, dan apakah Marvel akan menggunakan adegan tersebut untuk sekuel The Avengers yang akan dirilis 2015 mendatang? kita lihat saja nanti.

Kembali ke tahun 2011 saat film Thor dirilis, Thanos tidak hanya dikenal sebagai tokoh yang terobsesi dengan kematian, ia juga dikenal sebagai pemilik dari Infinity Gauntlet. Kamu mungkin pernah melihatnya dari foto-foto di Comic-Con beberapa waktu lalu, atau mungkin set foto dibalik layar dari film Thor yang menampilkan Gauntlet tersebut, sebab dalam ceritanya, senjata tersebut tersimpan dalam lemari besi Odin.

Jadi senjata seperti apa sebenarnya Infinity Gauntlet itu?

Kembali lagi ke cerita komiknya, Ratu Kematian percaya bahwa ada ketidakseimbangan kosmik di alam semesta. Bahwa kehidupan lebih banyak daripada kematian. Akibatnya, Kematian membangkitkan kembali Thanos, hambanya yang loyal dan memberinya tugas untuk membunuh setengah dari populasi alam semesta.

Tidak hanya kekuatan Thanos yang diperkuat oleh Ratu Kematian, dia juga diberi akses menggunakan Infinity Well, dimana ia menyadari akan kekuatan Infinity Gems. Setelah melakukan persiapan dan perencanaan yang cukup lama, Thanos pun bertarung untuk mendapatkan permata-permata dari para pemiliknya untuk bisa menguasai kekuatan Power, Mind, Space, Reality, Time, dan Soul.

Jadi, Infinity Gauntlet tersimpan di lemari besi Odin dan Thor 2 rilis Mei tahun depan. Mungkinkan ini berhubungan? Apakah di Thor 2, Thanos akan muncul untuk mengambil kembali apa yang menjadi miliknya? (Menurut rumornya, Thanos memang akan muncul di Thor 2, namun masih belum ada klarifikasi resmi mengenai hal itu).

Memang masuk akal kalau Thanos muncul di Thor 2, karena rasanya tak mungkin kalau Thanos tiba-tiba muncul di The Avengers 2 (2015). Sebab, sama seperti Captain America tanpa tamengnya atau Thor tanpa palunya begitu juga jadinya Thanos tanpa Infinity Gauntlet. Dan mungkinkah The Avengers 2 kembali mengulang jalan cerita yang sama dengan menampilkan keempat tokoh dengan filmnya masing-masing (Iron Man 3 (2013), Thor 2 (2013), Captain America (2014) dan Hulk (2015)) kemudian menggabungkannya kembali di film kedua nanti? Kita tunggu saja informasinya.