Inovasi Terbaru Berbisnis di Internet

JAKARTA: Kini para pebisnis dapat saling bertemu untuk fokus mempromosikan dagangannya di dunia maya. Cyfler adalah sebuah inovasi terbaru internet, khususnya di bidang jejaring sosial. Bisa dibilang Cyfler merupakan gabungan dari Facebook dan Forum Jual Beli (FJB) Kaskus, forum internet terbesar di Indonesia.

Lewat social media asal Amerika ini pedagang dan pembeli dapat saling bertemu dengan mudah. Untuk mulai beraktifitas di Cyfler, anda diharuskan sign up terlebih dahulu. Setelah memverifikasi email, selanjutnya anda dapat langsung log in dan membuat profil atau data diri. Istilah profil sendiri di Cyfler lebih dikenal dengan sebutan Bilbo.

Di dalam Bilbo, anda dapat mengisi nama, asal negara, alamat, website, dan deskripsi singkat perusahaan anda. Anda juga dapat mencantumkan jejaring sosial lain perusahaan anda, seperti Facebook dan Twitter di bagian SOCIAL. Terakhir, anda dapat mengunggah foto dan video yang berkaitan dengan perusahaan anda di bagian PHOTO URL dan VIDEO URL. Agar terlihat lebih menarik, anda juga dapat mengunggah gambar sebagai latar Bilbo di bagian BACKGROUND IMAGES.

Tingkatkan Traffic

Dengan menjadi member Cyfler, ada 5 cara yang untuk memperoleh traffic agar orang lain dapat melihat profil tentang anda maupun bisnis anda.

  • Tampilkan background Bilbo dengan gambar yang menarik dan high resolution. Cantumkan juga URL website di Bilbo anda. Kedua poin ini dapat membuat orang lain yang melihat Bilbo anda menjadi tertarik dalam kesan pertamanya. Selanjutnya ia akan mengklik URL anda untuk mengetahui tentang anda maupun bisnis anda lebih jauh.
  • Bagikan Bilbo anda ke Social Media lainnya dan rekomendasikan pada teman-teman anda. Gunakan fitur Share Button yang ada di Bilbo dan promosikan ke berbagai social media lain seperti Digg, Reddit, StumbleUpon, dan tentu saja dua social media raksasa yang paling terkenal, Facebook dan Twitter. Apabila anda mempunyai teman yang tidak mempunyai social media, Cyfler juga menyediakan fitur “recommend to somebody” untuk mengirimkan email yang berisi tentang Bilbo milik anda. Ini akan membuat banyak traffic pada Bilbo anda.
  • Cantumkan social media milik anda atau perusahaan anda di Bilbo. Anda harus membiarkan orang lain menemukan anda di luar website anda. Ini dikarenakan social media adalah cara termudah seseorang untuk berkomunikasi satu sama lain di internet. Jadi biarkan mereka menemukan anda tidak hanya lewat website resmi anda. Pada akhirnya mereka akan mengikuti update bisnis anda lewat social media anda.
  • Etika Social Media – Ketika ada orang lain menambahkan anda sebagai jaringan mereka, sebaiknya anda juga menambahkan orang tersebut ke dalam jaringan anda. Kali ini kita bicara tentang mencari Backlinks. Lakukan interaksi lebih dalam (engagement) dengan orang lain agar Bilbo anda dan mereka dapat selalu terhubung. Keuntungannya, mereka dapat selalu mengunjungi Bilbo anda ketika mereka menambahkan anda sebagai “Clan” mereka.
  • Bilbo di Halaman Rekomendasi (Landing Page). Bayangkan ketika ada seorang user di Cyfler menemukan akun Facebook atau Twitter anda ketika sedang menggunakan mesin pencari. Bagaimana caranya? Anda dapat menuliskan kebutuhan bisnis anda di bagian “NEEDS” dan apapun yang anda punyai di bagian “OFFER”. Secara otomatis Cyfler akan memunculkan aktivitas terakhir Bilbo anda di halaman rekomendasi, sehingga pengunjung lain juga dapat melihat Bilbo anda.

Meskipun social media ini baru lahir pada 11 November 2011 dan belum genap satu tahun, hingga saat ini tercatat hampir 500 Bilbo berasal dari Indonesia. Ini membuktikan banyaknya orang Indonesia yang ingin secara khusus mempromosikan bisnisnya di Cyfler. Tentu saja anda akan lebih mudah menjalin relasi dengan para pebisnis lain melalui disini. (Oswald Sandy)

httpv://youtu.be/fTfv6soN2gI

25 keseluruhan 1 dilihat hari ini