Atelier Elkrone: Dear For Otomate Review

Perlu diperhatikan bahwa game seri Atelier ini adalah Otome Game Visual Novel, jadi kamu jangan kaget bila di game ini tidak ada unsur RPG sama sekali, bahkan, kamu juga tidak bisa melakukan item creation di game ini. Eits, jangan menilai game ini jelek dulu karena memang seri Atelier ini dibuat untuk kalangan cewek yang ingin menikmati ketampanan karakter-karakter cowok, hehehe. Bagi yang masih belum kenal Otome Game, mungkin kamu pernah dengar Uta no Prince Sama (UtaPri) atau Hakuouki, nah, mereka termasuk salah satu dari judul Otome Game yang terkenal. Oh ya, game ini sudah rilis pada Maret lalu, namun dalam versi bahasa Jepang.

Di game ini, kamu bermain sebagai seorang gadis manis bernama Meriel, atau yang lebih sering dipanggil Meri. Ia tinggal di kota Elkrone yang merupakan kota alkimia, Meri sendiri, merupakan seorang alkimia muda yang, sama seperti kebanyakan warga kota tersebut, berambisi menjadi seorang alkimia terkenal. Nah, Meri ini memiliki seorang pelanggan pertama yang bernama Popote (dari game Atelier Iris: Eternal Mana), yang ternyata adalah seorang peri. Popote menginginkan Meri untuk membuat item bernama Aoi Wakkakka, item ini harus selesai pada saat Spirit Festival berlangsung. Sebagai balasannya, Popote akan membantu Meri dalam atelier, dan dalam masa pembuatan Aoi Wakkakka tersebutlah, Meri bertemu dengan para lelaki-lelaki tampan yang salah satunya, dapat kamu pilih sebagai pasangan.

RALF

Sama seperti Meri, Ralf adalah seorang ahli alkimia yang ingin menjadi ahli alkimia terkenal di seluruh dunia. Bila kamu menyukai karakter laki-laki tsundere, maka rute Ralf mungkin akan menjadi favoritmu. Ralf merupakan cowok yang sangat jenius, ia diberi gelar “Meister Rank” di sekolahnya. Ia sudah empat tahun bersama Meri di kelas itu, dan ia menganggap Meri sebagai saingan terberatnya dalam hal alkimia.  Orang tua dari Ralf ini merupakan pemilik penginapan di Elkrone, yakni, Singing Bird Inn. Penginapan ini terletak di samping atelier milik Meri. Jadi, tidak heran bila mereka sudah saling kenal sejak lama.

JOHANN

Johann adalah seorang petualang yang memiliki kemampuan untuk menyelesaikan tugasnya 100% tanpa cacat. Jangan kira ia hanya melakukan pekerjaan khas petualang seperti membasmi monster, ia bahkan bisa menyelesaikan masalah keluarga bila diminta. Johann adalah tipe karakter Kuudere (heroik), dan ia merupakan orang yang cenderung introvert.  Johann memiliki julukan “Everybody’s Johann” dimana ia merupakan orang kepercayaan Elkrone. Sama seperti karakter Kuudere kebanyakan, Johann merupakan orang pecinta binatang dan bisa berbicara dengan mereka.

ERHARD

Tipe karakter Genki (ceria) dalam game ini, Erhard adalah seorang Knight yang sering memberikan masalah, namun dibalik itu semua, ia merupakan karakter yang sangat disukai oleh sekitarnya. Hal ini dikarenakan karena sifatnya yang sangat ceria. Berbeda dengan Johann yang cukup serius, Erhard bisa dikatakan sangat ramai dan rute dari Erhard ini, dijamin bisa membuatmu merasa (setidaknya sedikit) bahagia, bahkan dengan mendengar suaranya saja. Erhard juga merupakan karakter yang menjadi figur kakak bagi kebanyakan orang di sekitarnya, termasuk bawahannya, dan seperti karakter sok keren kebanyakan juga, Erhard merupakan karakter yang memiliki sifat play boy dan banyak fans di dunia nyata yang menjulukinya “Erohard”, hahaha.

CLEMENS

Karakter cowok favorit Athira di game ini! Merupakan seorang mad scientist yang dapat membuatmu merasakan surprise di dalam rutenya. Erhard dan Clemens merupakan karakter yang Athira sarankan untuk kamu mainkan belakangan, karena rute mereka benar-benar menyenangkan untuk dimainkan. Clemens sendiri merupakan karakter yang sangat nyentrik, ia adalah seorang guru di Elkorne Academy of Alchem. Clemens ini meneliti tentang “Way of Truth” dimana ia mempercayai bahwa, Tuhan pun dapat berubah menjadi setan bila waktu memerlukannya. Tipe karakter yang seenaknya dan tidak mengenal situasi, ia mengatakan apa yang ingin ia katakan dan tidak memperdulikan perasaan orang lain. Namun, dibalik semua itu, terkuak sisi “manis” dari guru nyeleneh ini bila kamu memainkan rutenya.

OVERVIEW

Ada dua karakter yang belum Athira mainkan di dalam game ini (dua orang berambut silver di gambar di samping).  Namun, bila melihat dari empat karakter sebelumnya yang sudah selesai rutenya, game ini merupakan salah satu Otome Game terbaik dengan visual yang manis, serta pengembangan karakter yang mengejutkan. Termasuk dari salah satu Otome Game yang tidak membuat Athira malas untuk memainkan karakter yang kurang Athira sukai (seperti Ralf, karena tsundere). Game untuk PSP ini sangat Athira rekomendasikan untuk kamu yang merupakan penggemar Otome Game!


SHARE
Previous articleFar Cry 3 Early Beta Access
Next articleThe Amazing Spiderman Web Rush Trailer
Penggemar berat Roger Federer, Jouji Nakata, Sho Hayami, dan Suwabe Junichi. Wota iDOLM@STER dan juga seorang penikmat game yang memiliki karakter laki-laki 30 tahun ke atas. Silahkan lihat kegalauan saya di twitter: ryofucha