Benar-benar sebuah spin-off yang sangat berbeda dari versi aslinya, karena E.X. Troopers menggunakan tampilan visual cell-shading sehingga terlihat seperti anime, dan juga desain karakternya pun ala karakter anime. Game ini dikembangkan oleh Capcom, dimana Shintaro Kojima (salah satu petinggi di pengembangan serial Monster Hunter) menjadi produsernya. Rencananya game ini akan dirilis di PS3 dan 3DS pada kuartal kedua tahun ini di Jepang.

Di E.X. Troopers, kamu bermain sebagai Bren Turner, seorang tentara baru yang ditransfer ke markas EDN-3rd untuk menyelesaikan pendidikan di salah satu akademinya. Bren akan menjelajahi tiga markas yang ada dan bertarung melawan para akrid dan juga snow pirate. Selain grafis cell-shading, game ini juga menggunakan tampilan panel-panel manga saat menunjukkan adegan cutscene.

Dalam sebuah wawancara dari majalah Famitsu dengan Shintaro Kojima, beliau mengatakan bahwa pengembangan game ini dimulai dari harapan untuk mengembangkan sebuah game action shooter yang mudah. Meskipun setting dunianya sama dengan Lost Planet, beliau berharap nantinya pemain akan mendapatkan pengalaman baru dengan memainkan game ini, seolah memainkan game baru.

Berikut ini adalah para karakter yang meramaikan E.X. Troopers, dan sepertinya tema sekolah kental terlihat di game ini.

Bren

Karakter utama yang datang untuk belajar di akademi EDN-3rd ­ yang sebelumnya berasal dari EDN-2nd. Dia sangat ramah dan tidak pemalu, serta memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Selalu berusaha menjadi yang terbaik untuk tiap hal yang dilakukannya.

 

TeeKee

Gadis spesial yang ternyata anggota dari salah satu grup snow pirate yang memilih hidup bersama dengan para makhluk penghuni EDN-3rd, para Akrid.

 

Chris Lanbert

Anggota elit dari akademi yang memiliki segudang pengalaman dengan penggunaan Vitality Suit. Dia sangat percaya diri dengan keahlian akurasi tembaknya, dan menganggap Bren sebagai rivalnya.

 

Julie Fliesher

Mood maker dari grup Bren dan kawan-kawan. Dia tidak hanya ahli menggunakan Vitality Suit, dia juga memiliki banyak pengetahuan akan hal-hal vital dalam pertarungan. Dia sebenarnya diam-diam jatuh cinta dengan Bren (atau mungkin dengan Vitality Suit-nya, Gingira).

 

Luan Forest

Luan masuk ke akademi sebelum Bren dan menjadikan dirinya sebagai senior Bren. Dia sangat terlatih untuk mencari data dan memiliki pengetahuan yang tak kalah banyak dari Julie.

 

Gingira

Vitality Suit milik Bren. Gingira adalah sebuah prototype dari Vitality Suit generasi berikut yang memiliki AI sendiri sehingga bisa berbicara dengan pilotnya dan bahkan melakukan hal-hal simpel. Nama Gingira diberikan oleh Bren saat dia pertama kali menaikinya. Gingira pun menyebut Bren dengan panggilan ”Master”.

 

Mungkin beberapa screenshot di bawah menunjukkan bagaimana kemiripan E.X. Troopers dengan serial Lost Planet.


[Sumber : Siliconera, Andriasang]