Thor Kini Juga "Eksis" di Dalam Dua Android Terbaru Samsung

Sebelumnya kita mungkin mengenal nama chipset seperti Snapdragon, Tegra atau Exynos-nya Samsung. Kini setelah dikenal melalui Xperia P, U dan sola, NovaThor mengisi dua Galaxy terbaru.

Thor Kini Juga "Eksis" di Dalam Dua Android Terbaru Samsung

Thor Kini Juga Eksis di Dalam Dua Android Terbaru Samsung

Sebelumnya kita mungkin mengenal chipset untuk gadget menggunakan nama - nama seperti Snapdragon, Tegra atau Exynos-nya Samsung. Namun ada satu produk lain yang mulai eksis sejak tahun lalu, yaitu NovaThor dari ST-Ericsson, proyek joint venture 50/50 dari Ericsson dan perusahaan semi konduktor STMicroelectronics yang didirikan 3 Februari 2009. Produk mereka terdiri dari System on Chips (SoC) terintegrasi, dan juga modem untuk smartphone serta tablet. Uniknya, ST-Ericsson juga menjual chipset alias SoC-nya (Nova) serta modem (Thor) secara terpisah. Dan itu bisa menjadi solusi bagi SoC lain yang mungkin secara default tidak mendukung jenis koneksi 4G, seperti pada NVIDIA Tegra 3 -- walaupun NVIDIA sendiri segera meng-update Tegra mereka dengan dukungan 4G LTE tahun depan.

Thor Kini Juga Eksis di Dalam Dua Android Terbaru Samsung

Setelah Sony Xperia P (alias Sony Nyphon) dan Sony Xperia U (juga dikenal sebagai Sony Kumquat), kini ST-Ericsson dan Samsung mengkonfirmasikan kerjasama baru. Samsung rupanya juga tertaruk dengan chipset NovaThor, karena sebelumnya mereka sempat menggunakan untuk Galaxy S Advance. Dan kini dikonfirmasikan dua smartphone mereka lainnya yang mengggunakan SoC berteknologi 45nm tersebut, yaitu pico-projector (sebutan untuk proyektor mini) Samsung I8530 Galaxy Beam dan juga Galaxy Ace 2 (keduanya baru saja dijual di Britania Raya dan Jerman).

Thor Kini Juga Eksis di Dalam Dua Android Terbaru Samsung

Untuk kedua Galaxy baru mereka itu, Samsung menyematkan NovaThor terbaru, yaitu U8500 yang dibangun dari dua core prosesor Cortex-A9. Khusus Beam, clock speed-nya dibuat 1GHz dan diperkuat GPU Mali-400 yang sudah terbukti kinerja 3D-nya di atas rata - rata. Atrau, bisa dibandingkan langsung dengan kemampuan Xperia P, U dan sola. Namun untuk Galaxy Ace 2, walaupun menggunakan chipset yang sama, CPU-nya di-downclock menjadi hanya 800MHz saja -- dan kemungkinan bisa di-overclock ke 1GHz jika kamu bisa akses ROOT-nya.

Thor Kini Juga Eksis di Dalam Dua Android Terbaru Samsung Galaxy Ace 2... pasti banyak yang tertarik dengan Droid affordable kelas menengah dengan spesifikasi lumayan ini, apalagi jika dijual di harga 2 - 3 jutaan![/caption]

Di antara kedua Galaxy tersebut, berharap saja Samsung Indonesia mau membawa masuk Galaxy Ace 2, karena value for money-nya begitu tinggi. Highlight Galaxy Ace 2 yang menarik menurut saya seperti layar 3.8 inchi dengan bahan LCD Plane Line Switching (PLS) yang bisa disamakan dengan IPS-nya keuarga iOS, resolusi 480 x 800 pixel, 4 GB storage plus bisa diperbesar dengan microSD, 768 MB RAM yang lega, GPU Mali-400MP yang mendukung kinerja 3D, kamera utama 5 MP, 2592x1944 pixels dan kamera depan berkualitas VGA, serta baterai 1500 mAh. Sayang masih Gingerbread, dan semoga segera di-update ke Ice Cream Sandwich.

Sumber: ST-Ericsson

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU