Opera Mini 7 Untuk Feature Phone, Makin Cerdas Dengan Smart Page

Di kelas desktop Opera bisa dikatakan sebagai underdog. Hanya beberapa orang seperti penulis yang masih mau menggunakannya karena memang membutuhkan satu atau dua fitur spesialnya. Namun untuk kelas mobile, Opera tidak dipungkiri masih menjadi penguasa, walaupun terus dibayangi oleh browser-nya Android dan iOS… Sampai April 2012 lalu, statistik penggunaan Opera sebagai browser mobile berada di angka 22.86%. Disusul browser Android 21.16%, lalu Safari yang digunakan di iPhone 21.10% dan iPod touch 3.76%, disusul Nokia dan Blackberry di 11.86% dan 6.18% kemudian terakhir UC Browser yang banyak diadopsi ponsel keluaran China di angka 6.35%. Mencoba mempertahankan eksistensinya di kelas mobile, kemarin Opera meng-update Opera Mini khusus untuk feature phone, atau bisa disebut juga basic phone, ke Opera Mini versi 7.

Seperti ini tampilannya di BlackBerry...

Melalui versi 7 ini, Opera Mini menawarkan fitur Smart Page. Melalui Smart Page, kamu mendapatkan semua kabar berita dan update terkini dari jejaring sosial yang kamu hubungkan dengannya dalam satu halaman khusus. Begitu kamu selesai meng-install browser ini, kamu dapati tab Home baru. Seperti sebelumnya, kamu juga dapati ada Speed Dial di sana. Namun ketika diarahkan ke tab Home, kamu menemukan semuanya menyatu, bookmark, news feed yang sudah kamu atur berlangganan (misalnya, kamu berlangganan feed-nya Duniaku.net) hingga update dari jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter.

Seperti ini kalau di Symbian S60

Menariknya, tab Home tersebut mampu melakukan update secara otomatis, memastikan dirimu mendapatkan informasi terkini dari setiap feed atau jejaring sosial. Demikia adanya Smart Page tersebut kamu bisa langsung tahu ada update apa saja, tanpa harus masuk ke website-nya satu – satu. Dan seperti kita tahu juga, Opera Mini sangat direkomendasikan bagi para peselancar web mobile yang alergi paket data internet, karena dengan teknologi kompresi datanya, tidak akan terlalu banyak memakan jatah paket internet langgananmu. Oh ya, sekali lagi sementara ini Smart Page hanya untuk feature phone saja. Kita tunggu saja Opera menerapkannya untuk versi Opera Mini lainnya, seperti di Android.

Kamu bisa men-download Opera Mini 7 ini dengan mengarahkan browser ke http://m.opera.com.

httpv://youtu.be/fSVucjnk-a8

Sumber: Opera

SHARE
Previous articleGyrozetter Milik Square Enix Dirilis Juga untuk 3DS
Next articleDan Game Terbaru CD Projekt Adalah…
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.