Prometheus Preview: Peta Bintang Kuno yang Mengubah Takdir Manusia

Judul : Prometheus
Studio : Scott Free / Brandywine Productions
Distributor : 20th Century Fox
Release : 8 Juni 2012 (US)
Pemain : Noomi Rapace, Michael Fassbender, Guy Pearce

Genre fiksi ilmiah rupanya masih menjadi genre favorit di Hollywood. Setelah pada bulan April lalu kita disuguhi peperangan Alien dengan angkatan laut Amerika dalam Battleship, bulan juni ini kita akan disuguhi dengan fiksi ilmiah yang tidak kalah menarik, Prometheus. Mendengar namanya, mungkin sebagian dari kamu yang baru mendengar beranggapan bahwa ini adalah sebuah IP baru. Tapi ternyata tidak, karena Prometheus ini masih kelanjutan dari franchise Alien, tepatnya adalah seri kelima namun ceritanya justru menjadi prekuel dari kisah Alien yang pernah laris pada tahun 1979 lalu. Meskipun kembali dibesut oleh Ridley Scott, namun film ini tidak kembali mengangkat nama Sigourney Weaver yang sempat menjadi ikon Alien. Sebagai gantinya, terdapat nama Noomi Rapace (Sherlock Holmes: A Game of Shadows), Michael Fassbender (X-Men First Class, Jonah Hex) dan Guy Pearce (The King’s Speech, Don’t Be Afraid of The Dark).

Sebagai prekuel dari Alien, film ini bersetting pada abad 21 dimana pada saat itu, para ilmuwan menemukan sebuah peta bintang kuno yang menghubungkan beberapa peradaban kuno, mulai dari Magdalenian, Mesoamerican, dan Mesopotamian. Untuk itu, para ilmuwan tersebut dikirim dengan sebuah pesawat Prometheus untuk mengikuti peta bintang tersebut dengan tujuan untuk mencari tahu darimana asal manusia yang sebenarnya. Siapa sangka, mereka terdampar pada sebuah planet, dimana mereka menemukan ras alien baru yang lebih canggih dibandingkan manusia. Alih-alih disambut dengan baik, alien ini justru menjadi ancaman yang serius bagi mereka, sekaligus juga mengancam eksistensi manusia. Bagaimana nasib kru pesawat Prometheus dan juga masa depan manusia?

httpv://www.youtube.com/watch?v=pyz9ktII0dM

Meskipun mengambil kisah sebelum Alien, namun Scott mengatakan bahwa film ini sebenarnya bukanlah prekuel langsung dari Alien. Oleh karena itu, dia sengaja membiarkan banyak pertanyaan yang belum terjawab di akhir film ini untuk dijawab di sekuelnya nanti. Yap, Scott sudah mengatakan, bahwa film ini nantinya akan memiliki sekuel, dan sekuel itulah yang nantinya akan menjadi prekuel langsung dari Alien. Banyak pihak juga memprediksikan film ini bakal menjadi salah satu jagoan box office tahun ini selain The Avengers dan The Dark Knight Rises. Indikasinya, dalam pre order tiket IMAX di Inggris, film ini sudah meraup angka lebih dari US $400.000 dan mengalahkan hasil pre order The Dark Knight serta Avatar. Apakah film ini nantinya juga bisa mengalahkan pendapatan Avatar yang menjadi film terlaris sepanjang masa?

SHARE
Previous articleDan Game Terbaru CD Projekt Adalah…
Next articleE3 2012 Pre-Show Trailer Menunjukkan Suatu Pembukaan Yang Luar Biasa
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.