Countdown Before E3 2012 : Sony, Microsoft, and Nintendo

E3 2012 is next week! Mari kita lihat apa yang akan ketiga company besar dalam dunia video game ini akan tampilkan dalam konferensi persnya.

Countdown Before E3 2012 : Sony, Microsoft, and Nintendo

Countdown Before E3 2012 : Sony, Microsoft, and Nintendo

Electronic Entertainment Expo (E3) adalah salah satu event video game terbesar yang diadakan setiap tahun di kota Los Angeles. Event yang selalu diadakan pada pertengahan tahun ini diadakan oleh Entertainment Software Association (ESA). E3 sendiri digunakan oleh para developer game untuk menunjukan game terbaru atau hardware yang berkaitan dengan dunia game.

E3 lebih dipandang sebagai event yang sangat berpengaruh untuk industri video game. Developer kebanyakan menghabiskan presentasi gamenya di E3 daripada event video game lain. Namun tidak seperti GamesCom ataupun Comic Con, E3 tidak memperbolehkan sembarang orang masuk. Sejak 2007 diterapkan bahwa hanya jurnalis atau developer saja yang boleh menghadiri event tersebut.

Countdown Before E3 2012 : Sony, Microsoft, and Nintendo

Sesuai tradisinya, E3 selalu di helat pada ahir Mei atau awal Juni di Los Angeles Convention Center. Pada tahun ini Electronic Entertainment Expo 2012 kembali dihelat mulai dari 5 hingga 7 Juni.

Kalian juga bisa menambahkan prediksi dan harapan E3 kalian tahun ini di kolom komen dibawah.

Sony

Tahun lalu mungkin bisa dikatakan tahun terbesar Sony dalam hal video game (meskipun tidak semuanya sukses). Bagaimana tidak, hampir semua game terbesarnya yaitu Killzone 3, Resistance 3, Infamous 2, dan Uncharted 3 dirilis bersamaan di tahun 2011 lalu. Tidak hanya PS3 saja, PS Vita yang merupakan handheld handalan Sony juga dirilis awal tahun ini, namun kurang memiliki banyak game. Nah sekarang pertanyaannya apa yang akan Sony bawa di E3 tahun ini? Tentunya bukan Orbis, melainkan sekumpulan game dan layanan terbaru untuk Playstation 3 dan PS Vita.

Countdown Before E3 2012 : Sony, Microsoft, and Nintendo

Ada 3 senjata utama Sony yang akan mereka bawa dalam E3. Pertama, Playstation All Star Battle Royale yang sudah dikonfirmasi beberapa bulan lalu. Pastinya selain trailer baru, Sony akan mengumumkan deretan karakter baru, demo in game, dan mungkin saja akan dirilis untuk PS Vita. Kedua, God of War Ascension yang merupakan prekuel dari semua God of War. Multiplayer dari game ini membuatnya sangat menarik untuk ditunggu. Terakhir, The Last of Us yang dikembangkan oleh Naughty Dog (Uncharted). Memang trailer kedua sudah diperlihatkan oleh Sony, tetapi kita belum melihat bagaimana in game dari game tersebut akan dijalankan.

Countdown Before E3 2012 : Sony, Microsoft, and Nintendo

Ketiga game tersebut pastinya akan mencuri perhatian, namun ini tidak berarti tidak akan ada game baru lain yang akan muncul. Selain mengeluarkan Killzone untuk Vita, prediksi saya Sony akan menginformasikan Killzone keempat untuk PS3. Quantic Dream juga sepertinya akan menginformasikan dua game barunya (1 untuk PS3 dan 1 untuk Vita) setelah memperlihatkan demo mereka beberapa saat lalu. PS Move berkemungkinan besar akan memiliki banyak game eksklusif baru, tidak hanya mengintegrasikannya dengan game lain.

Countdown Before E3 2012 : Sony, Microsoft, and Nintendo

PS Vita akan menjadi senjata rahasia Sony dalam E3 kali ini. Killzone Vita yang diperlihatkan setahun lalu sepertinya akan di demokan disini. Begitu juga sepertinya Vita akan mendapatkan game Monster Hunter dan juga Call of Duty Vita (Bukan BlackOps II).Bioshock Vita yang dijanjikan oleh Ken Levine diprediksikan akan muncul dalam E3 tahun ini. Tapi yang akan saya tunggu tentunya adalah price drop untuk Vita!

Kalian bisa melihat konferensi pers Sony live dari Los Angeles lewat PS3 kalian atau lewat http://us.playstation.com/e3

Microsoft

Tahun lalu dan sama seperti tahun - tahun sebelumnya di E3, Microsoft kerap bersaing keras dengan Sony dan Nintendo. Gears of War 3 dan Forza Mototrsport 4 beserta sederet game Kinect merupakan senjata mereka pada E3 lalu. Nah sekarang, meskipun kalah hardware dengan Sony dan juga Nintendo, Microsoft akan menggunakan kesempatan ini untuk mempresentasikan banyak game, layanan baru untuk xbox live, dan tentunya more Kinect. Sayangnya sama seperti Sony, tidak akan ada Xbox baru pada briefing kali ini.

Countdown Before E3 2012 : Sony, Microsoft, and Nintendo

Pengguna Xbox 360 tidak perlu bingung untuk kehabisan game tahun ini dan tahun berikutnya. Microsoft akan mengumumkan banyak game di E3 tahun ini. Jika Sony punya 3 kunci utama, maka Microsoft memiliki 5 serangan balik untuk mereka. Pertama dan pastinya adalah Halo 4, setelah dilepas oleh Bungie dan ditangani oleh 343, masih belum ada detil gamenya yang benar-benar real.Terutama single player yang belum terulas lebih dalam, Microsoft pasti menyimpannya untuk event besar ini.

Kemudian Forza Horizon yang dibuat oleh Turn 10 (Forza series) dengan Playground Games. Horizon merupakan spin off dari Forza series yang membuang gameplay utama Forza. Berlanjut dengan Splinter Cell baru yang sudah di kerjakan untuk waktu yang cukup lama. Meskipun sudah dipastikan, tetapi masih belum ada detil sedikitpun dari game terbaru Sam Fisher ini.

Countdown Before E3 2012 : Sony, Microsoft, and Nintendo

Keempat ada Fable Journey, game yang menjanjikan untuk Kinect ini masih belum ada kabar terbaru setelah ditinggal oleh Peter Molyneux selaku orang yang mengenalkannya pada E3 lalu. Terakhir diisi oleh Gears of War baru yang dibuat oleh Epic Games (Gears series) bersama dengan People Can Fly (Bulletstrom). Game ini dirumorkan menjadi prekuel dari Gears of War pertama yang menceritakan kehidupan Marcus sebelum dibebaskan dari penjara oleh Dom.

Tidak hanya ke 5 itu saja, tidak menutup kemungkinan kalau Microsoft masih memiliki game first party lainnya. Game third party beberapa juga akan dipresentasikan dalam konferensi pers Microsoft. Seperti Call of Duty yang sudah langganan muncul pada panggung hijau, dan tahun ini mereka memiliki BlackOps II. Bukan cuma game, Microsoft pastinya akan memberikan banyak informasi mengenai konten baru untuk Xbox Live.

Countdown Before E3 2012 : Sony, Microsoft, and Nintendo

Kalian bisa menyaksikan konferensi pers Microsoft langsung lewat http://www.xbox.com/en-US/e3 atau melalu Xbox Live dari Xbox 360 kalian.

Nintendo

Tahun lalu Nintendo mengejutkan para penonton dengan mengumukan Wii-u beserta dengan trailer yang sangat memukau. Nah tahun ini, Nintendo dapat menjadi kuda hitam yang patut diwaspadai. Lewat Wii-u dan 3ds nya, mereka memiliki kesempatan besar untuk menjadi bintang E3 tahun ini. Tapi jika mereka tidak memanfaatkan kesempatan ini dengan baik bisa saja mereka gagal disini.

Countdown Before E3 2012 : Sony, Microsoft, and Nintendo

Wii-u memang telah dikonfirmasikan oleh Nintendo untuk dirilis pada akhir tahun 2012, tetapi kita masih belum diperlihatkan lebih jauh mengenai apa yang hardware baru ini tawarkan. Nah dalam briefing kali ini, Nintendo akan mengulas selengkap-lengkapnya console terbarunya tersebut. Wii-u akan memiliki sederet line up game ketika atau setelah consolenya dirilis.

Pertama adalah Pikmin 3 yang merupakan sekuel Pikmin 2 pada 2004 lalu untuk Gamecube. Disusul dengan Rayman Legends yang sudah dirilis untuk hampir semua console dan handheld. Dilanjutkan dengan game Super Mario Brothers terbaru, bukan kejutan yang besar. Terakhir adalah Zelda baru yang di presentasikan oleh Nintendo setahun lalu. Bukan tidak mungkin juga jika Wii-u akan mendapat game Metroid baru.

Countdown Before E3 2012 : Sony, Microsoft, and Nintendo

Wii-u yang sudah selevel dengan Xbox 360 dan PS3 kini juga akan mendapat porsi yang sama dengan keduanya. Seperti Aliens Colonial Marines, Metro Last Light, dan mungkin juga Assassin's Creed III. Saya sangat menunggu game eksklusif yang akan Nintendo bawa dalam konferensi pers kali ini.

Nintendo 3DS mungkin tidak meraih kesuksesan yang diprediksikan oleh Nintendo setahun lalu. Namun itu tidak berarti bahwa mereka menelantarkan handhel ini. Luigi Mansion 2 yang ditahan oleh Nintendo berkemungkinan besar akan dipresentasikan kembali dan mendapat tanggal rilis. Super Mario Brothers baru mungkin dipersiapkan Nintendo bersama dengan versi Wii-u.

Countdown Before E3 2012 : Sony, Microsoft, and Nintendo

Bukan cuma game saja, Nintendo juga sepertinya mempersiapkan berbagai konten online baru untuk e-shop. Jika ingin bersaing dengan PS3 dan Xbox 360, Wii-u juga harus mempersiapkan diri untuk berbagai penawaran onlinenya.

Lihat konferensi pers Nintendo langsung dari Los Angeles lewat http://e3.nintendo.com/

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU