Mainkan Gamenya, Tonton Filmnya, Defiance

Game yang diadaptasi dari acara TV ataupun sebaliknya memang bukan barang baru lagi (Start Trek, Star Wars, Battlestar Galactica, Star Gate, dll), tapi bagaimana dengan game yang mempengaruhi sebuah acara TV, dan sebaliknya, acara TV tersebut juga mempengaruhi gamenya? Saya yakin konsep ini belum pernah dicoba sebelumnya, dan Defiance akan menjadi yang pertama. Defiance sendiri adalah dua hal, yang pertama adalah game MMO third person shooter yang dikembangkan oleh Trion Worlds (Rift, End of Nations), dan yang kedua adalah acara TV yang dikembangkan oleh SyFy.

Seperti yang saya bilang di atas, game dan acara TV ini akan saling berhubungan dan saling mempengaruhi. Bagaimana ini terjadi memang masih belum diungkapkan secara detail, tapi menurut Trion Worlds, nantinya peristiwa dalam serial TV-nya akan langsung tercermin dalam game. Begitu juga hasil pertempuran atau suatu event dalam game akan mempengaruhi jalan cerita dari serial TV. Tentu saja, serial TV dan gamenya akan berseting di dunia yang sama, dengan karakter-karakter yang sama pula. Bahkan ada kemungkinan nantinya karakter pemain dari gamenya akan dimunculkan di serial TV. Saya sebenarnya pesimis dengan konsep ini, karena bukan hal yang mudah untuk menyatukan sebuah serial TV dengan MMO. Tapi jika memang Trion Worlds berhasil menciptakan game dan serial TV dimana tindakan pemain benar-benar akan mempengaruhi serial TV-nya, dan skenario serial TV akan tercermin di dalam game, maka ini bisa menjadi “the next big thing”

ATV, salah satu kendaraan yang bisa kamu gunakan dalam gamenya

Sekarang mari kita berbicara sedikit mengenai gamenya. Defiance adalah sebuah MMO Third Person Shooter, dan seperti MMO pada umumnya, disini kamu bisa menciptakan karakter dan juga mengkustomisasinya. Perlu dipahami bahwa ini bukanlah game FPS atau TPS dengan sistem lobi seperti CS, PB atau Microvolts, melainkan sebuah game MMO dengan dunia luas dimana pemain saling berinteraksi satu dengan lainnya. Bayangkan dunia WoW digabung dengan sistem pertarungan Mass Effect, yah kira-kira seperti itulah Defiance. Selain tentunya bisa naik level, nantinya kamu bisa mempelajari berbagai macam skill, dan bisa dipastikan juga akan ada pertarungan menggunakan berbagai macam kendaraan. Masih belum ada info mengenai apakah akan ada sistem job atau tidak, tapi memangnya ada ya MMO yang tidak memiliki suatu sistem job? Defiance akan bisa dimainkan di E3 2012, jadi sebelum menunggu impresi demo dari kami, silakan nikmati trailer di bawah ini. Oh iya, belum ada konfirmasi juga apakah game ini akan mengambil model pembayaran F2P atau P2P, tapi yang pasti game ini akan dirilis untuk Xbox 360, PS3, dan juga PC (tanggal rilisnya sekitar 2013)

httpv://youtu.be/n_d4CP2dlBE

SHARE
Previous articleSamsung Galaxy S II > Galaxy S III? Bukan Sekadar Dua atau Empat Core
Next articleTV Spot Pertama Untuk The Expendables 2
Seseorang yang awalnya ingin menjadi seorang teknokrat namun justru berkecimpung di dunia game. Penggemar Jessica Alba dan Alexis Bledel yang memiliki spesialisasi di antaranya dalam bidang Anime, Game, RPG, Game Design, Manga, Movie dan Trading Card Game. Saat ini mendapat posisi sebagai Managing Editor ZIGMA dan OMEGA serta Lead QA I Play All Day Studio.