MAKKO, The Coolest Online Comic and Pop Culture Magazine

 

Siapa sih yang saat ini tidak mengenal komik? Komik merupakan media baca yang sedang populer bagi kalangan anak-anak, remaja maupun dewasa, karena komik memang menyajikan gambar-gambar yang interaktif dan menarik untuk dibaca dan diikuti pekembangan ceritanya.

Kini semakin banyak karya anak negeri yang mulai bisa dinikmati oleh para penggemar komik, dan kualitasnya tidak kalah jika dibandingkan dengan komik-komik dari Jepang, Korea, atau Amerika. Salah satu komikus superhero di Indonesia yang namanya sudah melejit di negara lain adalah Sunny Gho, pria asal Jakarta yang sejak tahun 2006 tergabung dengan Imaginary Friends Studio (produsen komik terbesar di Singapura dengan jaringan dunia yang luas seperti Marvel, DC, dan lainnya).

Lama melintang di sektor komik dengan jaringan dunia membuatnya memahami kekurangan sektor komik di Indonesia. Hal yang paling terasa adalah kurangnya reward terhadap komik karya asli orang Indonesia, terutama karena mayoritas penerbit menggunakan sistem royalti. ”Royalti adalah sistem yang baik ketika kita punya pasar yang besar, namun pasar kita masih berkembang dan untuk menunjang komikus, kami rasa pembayaran dengan sistem page-rate lebih cocok,” katanya. Dari situlah terbersit ide untuk membuat perusahaan pemasaran komik sendiri yang mengubah cara pembayaran kepada para komikus, dan didirikanlah Makko pada tahun 2010 lalu.

Sebelumnya juga ada beberapa situs komik online yang juga berfungsi sebagai komunitas sudah bertumbuh pesat, seperti Komikoo dan Ngomik. Dengan pendekatan yang sedikit berbeda, Makko hadir untuk publik sebagai salah satu situs komik online. Makko menjadi situs komik online yang menyajikan serial komik yang terjadwal, sehingga para penggemar komik dapat menikmati komik lokal berkualitas dengan periode waktu yang lebih cepat. Di awal rilisnya, Makko memiliki tiga judul komik bulanan, satu judul komik dwi-mingguan dan satu judul komik mingguan.

Berbeda dari situs komik online yang lain, komik-komik yang ada di Makko adalah komik pilihan yang mengalami proses editorial sebelum diterbitkan secara online. Makko juga menerapkan syarat yang ketat sehingga bukan komik sembarangan. Misalnya, komik itu harus memiliki karakter khas Indonesia. Maklum, Makko ingin komikus Indonesia tidak sekadar membuat karakter komik superhero seperti besutan komikus Amerika. ” Tidak ada masalah dengan komik superhero, tapi Komik superhero Indonesia harus punya karakter sendiri yang mencerminkan kelokalan meski sedikit,” terang Sunny.

Selain mengangkat citarasa superhero Indonesia, Makko berencana mengembangkan cerita berlatar kebudayaan dan sosial. Di benak Sunny kini sudah banyak karakter yang sedang dia identifikasi, mulai dari karakter pakaian dan atribut hingga gambar-gambar bangunan ala Indonesia. “Kalau ada komikus membuat karya seperti ini,  MAKKO akan membayar Rp 100.000 per lembar komik,” janji Sunny. Lebih menarik lagi, selain mendapat bayaran per lembar komik, komikus Indonesia itu masih mendapatkan royalti dari penerbitan komik sebesar 10%. “Setiap bulan kami akan publikasikan komik baru di www.makko.co,” kata Sunny.

Saat ini Makko punya beberapa komik dari berbagai genre. Beberapa di antaranya adalah Wanara, 5 Menit Sebelum Tayang, Rokki, Mantra, dan lain-lain.  Sangat menarik karena menggandeng komikus-komikus beken, seperti Azisa Noor, Is Yuniarto, Sweta Kartika, dan banyak lagi.

Tahun ini Makko akan menerbitkan komik Vandaria. Bukan hanya satu, melainkan dua judul. Yang pertama adalah Linimasa, yang merupakan komik kolaborasi yang mengisahkan tentang perjalanan abadi Abel. Kemudian juga ada Zephyrion, yang mengangkat salah satu kisah terbesar Vandaria, tepatnya ketika Persekutuan Takdir bersatu untuk menggulingkan Menara Tanpa Batas. Komik Zephyrion ini sangat menarik karena ditangani langsung oleh Rama Indra, yang juga merupakan loremaster Vandaria.

Tampilan halaman utama web Makko

Tidak hanya sebagai situs komik online, Makko juga sudah menyiapkan berbagai konten di majalah online mulai dari berita terkini seputar komik lokal dan internasional, event-event komik hingga wawancara dengan komikus favorit kamu. Makko juga menyedikan toko online yang menjual merchandise dari komik yang sudah diterbitkan.

Untuk dapat menikmati layanan dari situs komik online ini, pengguna cukup hanya mendaftar menjadi anggota kemudian login terlebih dulu. Dan untuk membaca komik, Makko menyediakan Makko Viewer. Komik memiliki pangsa pasar yang cukup besar, termasuk juga bagi komik lokal. Makko diharapkan dapat memberikan bantuan bagi perkembangan komik lokal. Ayo tunggu apa lagi, segera dukung komik lokal dan tunjukkan rasa cintamu dengan membaca komik-komik di Makko.

1
2
SHARE
Previous articleSukses di Bumi, Marvel Bawa The Avengers Tayang di Luar Angkasa!
Next articleWar of the Roses E3 Trailer
Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.