Windows 8 Release Preview, Siap “Menggurita” Pada Oktober 2012

Nyaris setahun pasca Microsoft menunjukkan pertama kali developer preview Windows 8 mereka, dan 3 bulan setelah consumer preview. Kini mendekati target jadwal rilisnya Oktober 2012, kembali Microsoft menggoda kita dengan release preview.

Mendukung chipset mobile dan prosesor ARM menjadikan Windows 8 sebagai OS yang paling lengkap kompatibilitasnya. Kamu bisa bebas menjalankan OS yang bakal fokus sentuhan ini melalui tablet (Nokia siap mendukung dengan tablet Windows 8 mereka), ultrabook, tipikal laptop, all-in-one PC, desktop dan bahkan PC dengan monitor sentuh 82-inchi — sekaligus menunjukkan bagaimana OS ini mampu mengenali hampir 100 sentuhan tangan bersamaan. Yang mengherankan, selain “menggurita” di hampir semua platform, ternyata Windows 8 mampu berjalan dengan smooth di platform yang terbatas spesifikasinya, dan itu bisa dicapai oleh Microsoft dengan meminimalkan banyak background process, task dan service yang berjalan. Sehingga bisa disimpulkan OS ini tidak membutuhkan kinerja CPU yang terlalu besar, serta hanya sedikit thread yang terangkai. Selain itu, aplikasi terbuka yang sedang tidak aktif, tidak perlu harus kamu tutup untuk menghemat resource, karena Windows 8 mampu mengaturnya supaya aplikasi tersebut tidak perlu menyita keseluruhan kinerja sistem.

Microsoft sudah memiliki marketplace untuk beberapa platform mereka, termasuk yang mendukung smartphone dan juga video game. Demikian Windows 8 nantinya didukung marketplace tersendiri melalui Microsoft Store. Di sana kamu bisa temukan aplikasi tambahan untuk Windows 8, dengan cara penataan yang sama, memilah secara kategori hingga halaman muka untuk memajang aplikasi yang lagi trend atau yang terbaru. Oh ya, Microsoft masih menggratiskan semua aplikasi dalam Microsoft Store tersebut — selama masa beta saja sih! Semoga saja seterusnya dan untuk semua aplikasi. Bicara aplikasi, Windows 8 mempermudah para developer, karena aplikasi dari platform lain yang entah dikembangkan dalam bahasa pemograman berbeda, naik itu Java, C++, C# dan bahkan HTML5 bisa dengan mudah di-port ke Windows 8.

Charm Bar di versi consumer preview. Perbedaannya dari preview sebelumnya, Start Button di Task Bar kini dipindahkan di balik “Charm Bar” yang juga bisa tersembunyi otomatis di sebelah kanan. Charm Bar versi release preview ini juga terlihat lebih ramping dengan ikon baru, dan makin mempermudahmu dalam mencari aplikasi dll melalui Charm Bar ini.

Poin highlight lainnya dari dua versi review Windows 8 adalah satu fitur interface-nya yang memang menegaskan dukungan utamanya pada platform berlayar sentuh. Pada sisi kanan antar mukanya, kamu menemukan apa yang disebut Charm Bar. Kolom vertikal ini selalu berada di sana (sisi kanan layar), dan bisa diakses dengan cara menggoreskan jari dari sisi kanan ke tengah layar, jika kamu menggunakan tablet. Atau jika menggunakan desktop, atau laptop tanpa layar sentuh, bisa kamu arahkan kursor mouse ke sisi kanan layar untuk memunculkannya.


Mau coba berbagai game dan VR buatan dalam negeri secara gratis? Raih banyak hadiah secara gratis, dan main sepuasnya? Yuk kunjungi BEKRAF Game Prime 2019, di Balai Kartini Jakarta, hari Sabtu dan Minggu, 13-14 Juli 2019. Acaranya gratis lho guys, jadi daftar sekarang ya di sini!

Share this article

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.