E3 2012: ZombiU, Satu Gigitan = Game Over?

Agar sebuah game bisa masuk dalam genre survival horror, ada beberapa hal yang harus dimiliki game tersebut. Yang pertama adalah game tersebut harus mampu memberikan kesan survival itu sendiri. Artinya seorang pemain harus berusaha keras untuk bsia bertahan hidup, mereka harus menghemat berbagai macam resource yang disediakan. Dalam game shooter ini biasanya diwujudkan dengan sedikitnya senjata, amunisi, ataupun tempat untuk membawanya. Yang kedua jelas adalah unsur horor, horor disini bukan berarti musuhnya harus bersifat seram atau mengerikan, tapi bisa dilakukan dengan berbagai hal, misalnya saja dengan mengejutkan pemain, menciptakan suasana yang mencekam, atua menciptakan kondisi dimana pemain dipaksa untuk selalu merasa waspada sepanjang permainan. ZombiU, game Wii U terbaru dari Ubisoft memiliki kedua hal tersebut.

Aduuuh ini nomer kombinasinya apa ya? Om Zombie jangan deket-deket dulu ya

Seperti judulnya, ZombiU adalah sebuah game mengenai zombie, nantinya kamu akan berperan sebagai salah satu orang yang berhasil selamat dari malapetaka Zombi ini. Uniknya, disini kamu tidak hanya berperan sebagai satu orang saja. Tiap kali kamu mati, kamu akan berubah menjadi zombie, dan otomatis kamu akan mengontrol orang baru. Lebih keren lagi, karakter mu yang sudah menjadi zombie akan tetap ada di tempat terakhir dimana ia berubah, jika kamu kembali ke tempat tersebut, kamu bisa membunuh karakter mu yang sudah menjadi zombie tersebut. Kamu bahkan bisa menjarah dirimu yang lampau tersebut dan mengambil kembali barang-barang yang sudah kamu kumpulkan. Oh iya, hal ini juga dijamin akan sering terjadi, karena hanya butuh satu gigitan dari zombie untuk membunuh mu. Tidak ada first aid kit, med pack, ataupun obat-obatan yang bisa menolong mu. Hal ini tentunya akan membuat pemain lebih berhati-hati dan lebih waspada terhadap semua serangan zombie, karena salah langkah sedikit saja maka karakter mu akan mati.

Selain itu, gameplay dari ZombiU yang selalu berjalan secara real time juga membuat permainan semakin menegangkan. Tiap kegiatan yang kamu lakukan, mulai dari meng-hack pintu, mengatur inventori, dan menscan area untuk menemukan item, semuanya menggunakan Wii U gamepad, dan semuanya akan berjalan secara real time. Ini artinya pemain akan sering mengalihkan pandangan dari layar TV ke layar game pad, dan karena semuanya berjalan secara real time, maka kamu juga tidak bisa memandang layar game pad dengan santai-santai saja. Ini karena kamu tidak akan tahu kapan zombie akan mulai menyerang. Ini akan membuat permainan menjadi lebih nyata dan menegangkan, tiap kali kamu ingin mengecek gamepad kamu akan selalu was-was mengawasi layar TV, mencari-cari apakah ada zombie yang sedang menunggu untuk menyergapmu. Jadi jika kamu penggemar genre survival horror, ZombiU ini adalah salah satu judul yang cukup menjanjikan, dan layak untuk diikuti perkembangannya.

Keasikan menjarah mayat bisa menjadi malapetaka di ZombiU
SHARE
Previous articleE3 2012: Wii Fit U Kembali Mengajakmu Berolahraga Dalam Ruangan
Next articleCara Baru Untuk “Kendalikan” Android Mu
Seseorang yang awalnya ingin menjadi seorang teknokrat namun justru berkecimpung di dunia game. Penggemar Jessica Alba dan Alexis Bledel yang memiliki spesialisasi di antaranya dalam bidang Anime, Game, RPG, Game Design, Manga, Movie dan Trading Card Game. Saat ini mendapat posisi sebagai Managing Editor ZIGMA dan OMEGA serta Lead QA I Play All Day Studio.