Mini Gathering Game Developer Arek Suroboyo feat. Agate Studio. Seru!

Berawal dari sebuah ide “dadakan” mbak Yunita Anggraeni dari Agate Studio dan ditindak lanjuti dengan pengumuman “dadakan” di Group Facebook Game Developer Arek Suroboyo, pada hari jum’at tanggal 8 Juni 2012 kemarin bertempat di Grand City Surabaya, sekitar 15 orang game developer yang berdomisili di Surabaya dan sekitarnya mengadakan sebuah mini gathering “dadakan”. Mini gathering ini juga menjadi gathering kedua dalam tahun ini yang dilaksanakan, setelah sebelumnya dilaksanakan pada akhir Februari lalu. Selain ide yang “dadakan”, pengumuman kapan dan dimana akan dilaksanakannya gathering juga “dadakan”, karena lokasi dan jam baru fix di pagi hari sebelum acara Roadshow MGDW 4 dimulai!

Namun, pepatah yang mengatakan bahwa “The Power of Kepepet” sepertinya berlaku kemarin, dimana meskipun ide dan pengumuman yang dadakan, ternyata tidak menyurutkan antusiasme dari para developer game Surabaya (feat. Agate Studio dari Bandung, panitia MGDW 4 Rookie dan dari duniaku.net.. ^^) untuk datang. Dari jumlah tersebut, Elventales membawa pasukan yang paling banyak dengan 8 orang, diikuti dengan komunitas GameKita yang membawa pasukan dua orang, serta masing-masing satu orang dari Little Giant, satu orang dari Sleipnir Studio, satu orang dari Artlogic Games, dan tentunya satu orang tamu dari Bandung, Yunita Anggraeni dari Agate Studio. Sayang ada beberapa studio yang absen datang dalam kesempatan kali ini, seperti perwakilan dari Esabra Games atau dari I Play All Day Studio.

Meskipun acara sedikit molor dari rencana awal pukul 19.00, namun semuanya tampak antusias. Memang tidak ada agenda resmi dalam acara kali ini, jadi format acaranya memang santai, namun tetap berbobot. Salah satu sesi yang paling menarik adalah showcase dari masing-masing studio tentang game yang mereka kembangkan, mulai dari Elventales yang memberikan demo Chase Burger, Kamikaze Cat, dan Panda Rampage, hingga Agate Studio yang menampilkan demo Oh My Witch, versi iOS dari Sexy Witch.

Bukan hanya demo game, acara juga semakin menarik dengan sharing dari masing-masing studio tentang bagaimana pengalaman mereka dalam mengembangkan sebuah game, mulai dari Elventales yang bercerita panjang lebar tentang pengalaman mereka mengembangkan mobile game, Artlogic dengan seri Epic War-nya, hingga Little Giant yang mengisahkan suka duka mereka dalam dunia pengembangan game Flash. Sesi ini juga dimanfaatkan dengan baik oleh para junior dari komunitas game developer GameKita, yang tampak bersemangat untuk menanyakan banyak hal kepada studio yang sudah berpengalaman. Tidak terasa, sekitar 2 jam lebih para junior dan senior ini saling berbagi pengalaman dan berbagi tips trik mereka saat mengembangkan game.

Acara berakhir sekitar pukul 22.00, dengan diakhiri sesi foto bersama yang memanfaatkan panggung musik yang ada di lokasi gathering. Jika kamu adalah seorang developer game baru yang ingin belajar, dan ingin ikut bergabung dengan para Developer Game Arek Suroboyo ini, langsung saja kunjungi halaman grup mereka di http://www.facebook.com/groups/gamedevsby/. Mereka akan dengan senang hati membantu kalian dalam belajar tentang pengembangan game dan pastinya ikuti serunya gathering-gathering mereka selanjutnya!

SHARE
Previous articleFacebook App Center Diluncurkan, Aplikasi iOS dan Android-nya Menyusul!
Next articleNobuo Uematsu Bergabung di Project Happines
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.