Pasti kamu sudah melihat Elemental Demo dari Epic Games, yang menunjukkan apa yang bisa dilakukan sebuah Unreal Engine 4, dalam artikel kami sebelumnya? Ada satu trailer lagi yang tak kalah menarik, berupa presentasi dari Senior Technical Artist Epic Games, Alan Willard yang menunjukkan langsung beberapa aspek engine game tersebut, sehingga kita bisa melihat sejauh apa efek dynamic particle lighting yang bakal kamu temui dalam Unreal Engine 4 nantinya.

Video yang direkam secara realtime langsung dari engine-nya tersebut, bukan hasil render CGI, terlihat tak kalah mencengangkan dari Elemental Demo. Kamu bisa melihat bagaimana pencahayaan dalam ruangan berubah bergantung dari obyek yang ditempatkan dalam ruangan tersebut. Sepertinya saat diterapkan dalam game nantinya, kita akan lebih berdecak kagum ketika mendapati bagaimana obyek dalam sebuah ruangan bisa saling berinteraksi dalam menyumbang efek cahaya dari lingkungan yang ada dalam game. Dan apa yang kami dapatkan dari presentasi di bawah, pencahayaan memang terlihat lebih nyata — termasuk juga api, asap dan efek – efek partikel kecil pun terlihat lebih baik.

Unreal Engine 4 – GT.TV Exclusive Development Walkthrough

httpv://youtu.be/MOvfn1p92_8

Sedikit refresh kembali bagimu, Unreal Engine 4 sendiri telah dikembangkan oleh Epic Games sejak tahun 2003. Engine tersebut menarget konfigurasi hardware PC dan konsol generasi baru — atau generasi ke delapan untuk konsol, dalam hal ini yang masuk adalah Nintendo Wii U. Walaupun pada perkembangannya, ternyata Epic Games lebih menarget konsol daripada PC. Namun bukan berarti game – game PC terbaru nantinya tidak ada yang menggunakan Unreal Engine 4 ini.

Dan seperti Unreal Engine 3 sebelumnya, kamu bakal mendapatkan semua kelebihan engine ini tidak hanya dari game karya Epic Games saja. Unreal Engine 3 juga yang membuat Mass Effect-nya BioWare terlihat memukau, dan mereka pemain Batman Arkham City-nya Rocksteady pasti masih ingat bagaimana kualitas grafisnya. Jadi makin tidak sabar menunggu terwujudnya engine ini dalam sebuah game… dan sepertinya itu tidak akan tahun ini, atau tahun depan. Semoga saja di akhir 2013 kita sudah bisa merasakan dahsyat-nya Unreal Engine 4.

Sumber: Game Trailers

17 keseluruhan 1 dilihat hari ini