E3 2012: PES 2013 Preview, Siapkah untuk Menghadapi FIFA 13?

Pro Evolution Soccer (PES) dan FIFA adalah dua nama yang seakan-akan tiada hentinya melakukan inovasi untuk saling mengungguli satu sama lainnya. Tidak terkecuali dengan tahun ini, yang mana PES akan kembali dengan PES 2013, dan FIFA siap menjawab tantangan tersebut dengan FIFA 13. Berbagai senjata baru sudah disiapkan PES 2013 untuk menantang FIFA 13, salah satunya adalah penggunaan engine baru yang membuat game ini tampil lebih realistis.

Menengok kembali ke beberapa bulan lalu, dimana PES 2013 untuk pertama kalinya diperkenalkan pada publik di Brazil, PES Team Leader untuk Eropa Jon Murphy mengatakan bahwa sudah saatnya PES menggunakan engine baru untuk PES 2013. Mungkin hal itulah yang mendasari Konami untuk bekerja sama dengan Kojima Production’s dalam hal penggunaan Fox Engine. Ya, sudah dikonfirmasikan oleh Naoya Hatsumi, Senior Producer PES bahwa untuk PES 2013 ini mereka akan menggunakan Fox Engine sebagai engine utama. Harapannya, PES 2013 akan bisa membawa PES kembali ke masa jayanya, saat PES merajai game sepakbola di era PS 2 dahulu.

Salah satu efeknya adalah dalam hal pergerakan pemain. Mungkin banyak pemain PES yang merasakan bahwa PES era next gen kurang memiliki pergerakan pemain yang luwes, dan seolah-olah pemain hanya berlari mengikuti jalur, tidak bisa berlari ke semua arah secara bebas. Dalam PES 2013 ini, Konami akan sedikit mengurangi elemen tersebut, dan membuat pergerakan pemain lebih luwes saat membawa bola agar pergerakannya semakin nyata. Selain itu, penggunaan engine baru ini juga mengubah sedikit feel saat menendang bola. Bola yang ditendang akan bergerak layaknya bola, bukan seperti torpedo atau cannon yang ditembakkan seperti PES-PES sebelumnya. Semua itu bertujuan untuk mengembalikan PES ke jalur simulasi, bukan arcade yang selama ini menjadi nilai jual utama mereka. Dengan mengembalikan PES ke jalur simulasi, tentu membuat PES semakin jelas untuk menantang FIFA, dan seolah-olah membuat gamer memilih keputusan yang sulit: Sama-sama simulasi dan realistis, kamu akan pilih yang mana? PES 2013 atau FIFA 13?

Ada tiga fitur utama yang ditekankan Konami dalam PES 2013 ini, yaitu PES Full Control, ProActive AI dan Player ID. Penjelasan detailnya, bisa kamu simak di halaman berikutnya.

1
2
SHARE
Previous articleProject P-100, Platinum Game Kembali Ke Akar
Next articleMOL : “FOOTBALL Frenzy 2012 !!”
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.