Kamu memulai pertempuran saat menyentuh musuh yang ada di field. Pertempuran terjadi di tempat yang sama hanya saja kamu (dan anggota party) seperti terbatasi tembok transparan. Seperti seri-seri DQ yang lain, pertempuran terjadi secara bergantian (turn-based) hanya saja di sini kamu bebas menggerakkan karakter dalam area pertempuran.

Karaktermu memiliki parameter kecepatan yang menentukan secepat apa kamu bisa memasukkan perintah alias command untuk giliran berikutnya.Adapenghitung waktu di sini yang sepertinya berbeda mekanisme dengan RPG lain. Saat penghitung waktu ini mencapai angka nol, baru kamu bisa memasukkan perintah berikutnya. Setelah memilih, penghitung waktu langsung mulai menghitung mundur, bahkan saat kamu sedang memilih perintah berikutnya. Dengan waktu yang pas, kamu bisa melakukan serangan beruntun.

Posisi juga menentukan prestasi, eh menentukan aksi dalam pertempuran hehe. Semua serangan memiliki parameter jarak. Saat memilih melakukan serangan melee, secara otomatis karaktermu akan bergerak mendekati musuh. Sedangkan saat memilih mengeluarkan sihir, karaktermu akan menyerang musuh di sekitarnya.

Selain parameter kecepatan, parameter bobot atau beban juga berperan penting di sini. Semakin berat beban karaktermu, maka dia nantinya bisa membuat musuh terkena status pusing, mencegah mereka untuk bergerak dan menyerang. Ketika merasa kurang berbobot, kamu bisa mengeluarkan sihir peningkat bobot karakter. Seperti yang terlihat di screenshot, karakter dengan job monk mengeluarkan sihir Zusshido untuk membuat karakter bernama Jinmenju bisa menyerang musuh.

[Sumber : Andriasang]

41 keseluruhan 1 dilihat hari ini