Microsoft memang sudah mengkonfirmasikan pengembangan Smart Glass, yang nantinya akan seolah-olah menjadi layar kedua kamu saat memainkan game X360 di pagelaran E3 2012 yang baru saja berakhir. Namun, Microsoft masih belum mengkonfirmasikan tanggal pasti dirilisnya aplikasi yang bisa kamu gunakan di tablet atau smartphone kamu ini. Nah, sambil menunggu perilisan Smart Glass, ada baiknya kamu mencoba juga salah satu aplikasi yang baru saja dirilis Microsoft di Google Play Store, My Xbox Live.

Aplikasi ini akan tersambung langsung dengan profil Xbox Live kamu, dimana melalui aplikasi ini kamu bisa melakukan banyak hal untuk profil kamu melalui smartphone atau tablet Android, mulai dari kustomisasi avatar, mengatur friend list, mengirim atau membaca pesan dari teman kamu, meng-edit profil kamu, hingga membandingkan achievement dan progress dalam sebuah game dengan teman-teman kamu. Namun jangan harap kamu akan bisa memainkan game-game X360 secara stream melalui aplikasi ini, karena aplikasi ini praktis hanya digunakan untuk mempermudah kamu terhubung dengan Xbox Live di manapun kamu berada.

Selain kemampuan-kemampuan di atas, kamu juga bisa mendapatkan berita-berita baru atau tips trik memainkan sebuah ame melalui Xbox Spotlight. Namun fitur terbesar dari aplikasi ini tentu saja adalah fitur untuk mengubah-ubah tampilan avatar 3D kamu di Xbox Live.

Disaat para pemilik Android bersuka cita karena aplikasi ini sudah bisa mulai mereka gunakan hari ini, di sisi lain pengguna iOS mendapatkan update cukup signifikan untuk aplikasi ini. Beberapa update diantaranya adalah mendukung retina display untuk iPad 3, hingga kemampuan untuk mengontrol beberapa konten di X360 melalui iPhone atau iPad kamu, yang akan membuat kamu serasa memiliki sebuah “remote” untuk X360 kamu.

Tertarik dengan aplikasi ini? Kamu bisa langsung men-download-nya melalui iTunes untuk para pemiliki iPhone dan iPad, atau melalui Google Play Store untuk para pemilik Android. Khusus untuk Android, aplikasi ini bisa berjalan di semua device yang sudah menggunakan Android 2.2 (Froyo) atau lebih, dengan resolusi layar minimal WVGA.

[sumber: CVG, image via Google Play Store]