Star Wars The Old Republic Beralih ke F2P?

Ray Muzyka dari Bioware menyampaikan beberapa waktu yang lalu bahwa Star Wars The Old Republic (SWTOR) akan mengadaptasi model pembayaran free tapi terbatas. Terbatas disini maksudnya adalah semua orang bisa bermain SWTOR sampai mereka mencapai level 15. Nah free trial ini rencananya akan dimulai bulan Juli tahun ini juga. Tapi yang ingin saya beritakan di artikel ini bukanlah sistem free trial tersebut, melainkan SWTOR yang benar-benar gratis dan ditopang dengan sistem micro transcation atau item mall. Menurut Emmanuel Lusinchi, salah satu desainer kepala dari Bioware, mereka tengah mengeksplorasi kemungkinan untuk merubah sistem pembayaran SWTOR dari P2P menjadi F2P.

Lusinchi sendiri masih belum mau memberikan detail lebih lanjut, tapi saya yakin ini disebabkan menurunnya pemain yang berlangganan SWTOR sampai dengan 400.000 user dan juga pemecatan sebagian besar pegawai Bioware yang berhubungan dengan SWTOR. Lusinchi sendiri tapi memberikan alasan mengapa Bioware melirik kemungkinan untuk mengadopsi model pembayaran F2P. Ia mengatakan “Bukan hanya SWTOR adalah sebuah game P2P, tapi masalahnya banyak juga game-game F2P yang sangat bagus di pasaran, baik yang sudah dirilis maupun akan dirilis. Jadi wajar jika Bioware kemudian meneliti kemungkinan lain agar bisa bersaing”. Apakah ini berarti SWTOR juga merasa terancam akan dirilisnya Guild Wars 2 pertengahan tahun ini? Mungkin saja, yang pasti jika memang SWTOR akan menjadi game F2P, saya sarankan pembaca sekalian untuk minimal mencobanya sampai level 15.

SHARE
Previous articleINOCHI, Ceriakan Harimu!
Next articleWalcott Siap Gantikan Sayap Inggris Yang Rapuh
Seseorang yang awalnya ingin menjadi seorang teknokrat namun justru berkecimpung di dunia game. Penggemar Jessica Alba dan Alexis Bledel yang memiliki spesialisasi di antaranya dalam bidang Anime, Game, RPG, Game Design, Manga, Movie dan Trading Card Game. Saat ini mendapat posisi sebagai Managing Editor ZIGMA dan OMEGA serta Lead QA I Play All Day Studio.