Xbox Surface Muncul ke Permukaan, Inilah Jawaban Microsoft atas Wii U!

Bahkan sebelum Electronic Entertainment Expo 2012, berita mengenai tablet khusus Xbox sudah banyak dibicarakan…

Belum habis tanda tanya kami atas apa sebenarnya rencana Microsoft membawa masa depan dunia game, dan juga “kotak bermain” mereka pasca bocornya dokumen roadmap Xbox hingga 2015 mendatang, kini satu lagi yang sepertinya menjadi satu bentuk rencana dadakan sebagai bagian langkah counter attack terhadap Wii U, atau bisa jadi juga awal wujud nyata dari Project Fortaleza. Namun kami pribadi melihatnya masuk dengan satu paragraf artikel kami sebelumnya, yang merujuk pada roadmap pada halaman 48:

Dokumen tersebut juga menunjuk pada varian baru yang rencana awalnya bakal dirilis 2012 ini, disebut “Xbox 361,″ atau XTV – Xbox TV, didesain sebagai Xbox 360 dengan harga lebih murah untuk pasar yang lebih luas, dan bisa memasuki semua ruang televisi dari berbagai kalangan — mirip – mirip lah seperti cara Google membuka akses Android mereka ke banyak produsen sehingga kita temukan tablet atau Android Box yang sangat murah. Jika benar, rumor ini juga mematahkan rumor sebelumnya mengenai Xbox Loop awal tahun ini, yang menunjuk pada Xbox murah untuk menandingi AppleTV.

Hal lain yang disebutkan dalam dokumen tersebut seperti, NUI (atau natural user interface, semacam antar mukanya Kinect) Remote untuk pengalaman baru navigasi TV, ada juga HD Homerun + HDMI Pass Through + Home Networking. Semuanya menunjuk ke sebuah perangkat yang ditujukan untuk kalangan pasar baru, lebih tepatnya pengguna casual yang “aku tidak butuh HDTV lebar untuk bermain” — misalnya, saya pribadi seorang mobile gamer yang pasti lebih berharap bisa memainkan game – game berkualitas konsol setidaknya dengan kondisi yang agak mobile, walaupun belum masuk kategori bisa dimainkan dimana saja.

Spesifikasi sementara Xbox Surface… klik gambar untuk memperbesar!

Apakah itu? Melalui dokumen lain yang bocor hari ini (lihat gambar di atas), kita bisa mengetahui rupanya Microsoft sedang menyiapkan SKU Xbox 360 lainnya. Namun yang mengejutkan, konsepnya benar – benar menembak Nintendo Wii U!! Seperti yang disebutkan dalam dokumen tersebut, sementara ini kita mengenalnya sebagai “Xbox Surface.” Kombinasi sebuah CPU yang disebut “stationary computing device” dengan tablet berlayar 7 inchi beresolusi layar 1280×720 pixel. Jadi perlu kamu perhatikan, ini adalah kombinasi dua perangkat, stationary device sepertinya bertindak layaknya mesin utama seperti pada Wii U, dimana media game dijalankan dan memancarkan gelombang untuk ditangkap pada layar tablet eksternal.

Detail lain yang patut disimak, bagian tablet Xbox Surface ini dilengkapi dengan fungsi konektifitas yang memadai. Bluetooth dan Wi-Fi menjadi sarana utama berhubungan dengan stationary device-nya. Lalu di balik layar LED berkualitas 720p tersebut kamu temukan chipset custom IBM yang belum diketahui berapa kecepatan operasinya, RAM 288MB, slot kartu SD reguler yang bisa menerima kartu memori berkapasitas tinggi. Sedangkan untuk kekuatan baterainya, tablet ini mampu beroperasi selama 7 jam dalam sekali charge. Jatah RAM yang hanya 288 MB terlalu kecil untuk menjadi tablet yang mandiri, dan jelas tablet tersebut lebih diposisikan sebagai layar untuk menampilkan apa yang diproses oleh stationary device secara wireless.

Lanjut ke halaman 2 untuk detail stationary device-nya…

1
2
SHARE
Previous articleSudden Attack Game Mode
Next articleUbisoft Bawa Watch Dogs ke Layar Lebar?
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.