Setelah beberapa kali Google memberi petunjuk apa nama “makanan kecil” yang mereka pakai untuk menyebut update baru Android, kemarin tidak sengaja bocor sebelum rencana konfirmasi awalnya selama event Google I/O yang berlangsung mulai 27 Juni 2012 nanti. Dan seperti yang kami utarakan dalam artikel sebelumnya, Jelly Bean yang berkode Android 4.1 (bukanya Android 5.0) tersebut menjadi penerus Android 4.0 Ice Cream Sandwich, namun sekadar dengan update minor.

Bocornya informasi sehubungan Jelly Beans ini terlihat dari Play Store region US (link-nya di sini, namun karena beda region, sehingga kita di Indonesia tidak bisa mengaksesnya), ketika mencoba membeli Galaxy Nexus HSPA+ melalui fasilitas Google Checkout-nya Google Wallet, di sana terteta informasi tambahan yang menyebutkan Galaxy Nexus NSPA+ sebagai smartphone pertama yang akan mendapatkan Android 4.1… “soon the first phone with Android 4.1 Jell…” Gambar dan kalimat tersebut menjadi yang pertama kalinya secara terang – terangan nama Jelly Bean tersebar ke dunia maya.

Kami perbesar gambarnya...perhatikan bagian search bar!

Perubahan lain dari gambar Galaxy Nexus versi HSPA+ tersebut adalah wallpaper baru yang berbeda dari default pada Galaxy Nexus, serta widget Google “Quick Search Bar” yang berbeda warna background-nya. Pada Ice Cream Sandwich warnanya transparan, seperti terlihat pada gambar di bawah. Namun pada gambar Galaxy Nexus HSPA+ tersebut terlihat lebih putih. Bukti lain bisa kita akses melalui halaman aplikasi Google I/O 2012 melalui Play Store. Kamu arahkan kursor ke bagian screenshot dan lihat dengan baik screenshot kedua di bawah. Widget Quick Search Bar yang digunakan di sana sudah menggunakan tampilan dengan background putih salju seperti pada Galaxy Nexus HSPA+ tersebut.

Pada Ice Cream Sandwich search bar-nya transparan...

Kemudian ini screenshot tampilan aplikasi Google I/O, search bar-nya transparan, namun tetap terlihat lebih putih seperti pada Galaxy Nexus HSPA+...

Oke, sudah pasti kita mengetahui Android 4.1 bernama Jelly Bean, dan Android 5.0 nantinya kemungkinan besar disebut Key Lime Pie. Menurutmu apa nama yang pas untuk Android 6.0, 7.0 dan seterusnya ya…

Sumber: Play Store US & Google I/O 2012

66 keseluruhan 1 dilihat hari ini