stdClass Object ( [error] => stdClass Object ( [message] => (#4) Application request limit reached [type] => OAuthException [code] => 4 ) ) fb : 0 tw : 3 pt : 0 in :

64

post meta:64result : postmeta old
SocialPresence

LG Optimus 4X HD, Quad-core Ketiga yang Nyaris Tak Terdengar

  • Urameshi Oleh :
  • 2 tahun yang lalu
  • Dibaca 1198 kali

Jika menyinggung smartphone dengan prosesor quad-core yang tahun ini mulai menjadi trend, kita pasti langsung tertuju pada HTC One X, menjadi yang pertama menerapkan empat prosesor dan dirilis awal April 2012. Kemudian menyusul Samsung Galaxy S III yang banyak ditunggu karena sebelumnya kurang terdengar kabarnya, akhirnya resmi meluncur akhir Mei 2012. Awal Juni ini, tepatnya 11 Juni 2012 lalu LG merilis salah satu Optimus terbaru mereka yang pertama kali menyapa dunia selama event Mobile World Congress 2012 yang diadakan 27 Februari 2012 lalu — namun pada 23 Februari 2012 di Korea sudah dikonfirmasikan lebih awal. Optimus tersebut tidak lain LG Optimus 4X HD P880, smartphone quad-core pertama LG, dan menjadi quad-core  ketiga yang mengisi pasar.

Pertama kali dirilis di Eropa dengan harga €500 Euro (sekitar Rp. 6 jutaan), tepatnya Jerman dan kemudian menyusul Belanda, Swedia, Inggris Raya dan Italia. Sedangkan Asia, Rusia, dan Amerika paling cepat sebulan setelahnya. Berbeda dengan One X dan Galaxy S III yang menuai kehebohan saat dirilis beberapa waktu lalu, Optimus 4X HD yang telah menggunakan Android 4.0.3 Ice Cream Sandwich ini terasa biasa saja. Namun jika kita membandingkan dengan dua pesaing quad-core lainnya, Optimus 4X HD tidak bisa disepelekan.

Smartphone yang sekilas mirip desainnya dengan Galaxy S II ini memilih chipset NVIDIA Tegra 3 sebagai pusat pengolah proses, seperti pada One X. Chipset dengan konfigurasi 4-PLUS-1 CPU ini memberimu clock-speed 1.5GHz untuk setiap core utama dari 4 core total. Kemudian juga ada 1 prosesor tambahan dimana core ini berjalan pada kecepatan 500 MHz — karena itulah disebut 4-PLUS-1 CPU. Prosesor tambahan atau core kelima tersebut bakal beroperasi khusus ketika smartphone dalam kondisi idle, atau melakukan proses yang ringan. Dan seperti kita ketahui, NVIDIA Tegra 3 juga dilengkapi dengan GPU ULP GeForce yang memiliki 12 core untuk mengolah grafis.

Demikian kemampuan Optimus 4x HD ini setara dengan One X atau banyak tablet ber-chipset NVIDIA Tegra 3. Melalui uji GPU GLBenchmark 720p off-screen Egypt, diperoleh hasil 6919 untuk Droid ini. Perbandingannya, 11002 untuk Galaxy S III (GPU Mali-nya memang lebih baik dalam mengolah grafis), serta 7164 untuk One X. Pada uji Quadrant sendiri Optimus 4X HD memperoleh nilai sekitar 4,512, dibandingkan 4,909 pada One X. Tentu saja hasil benchmark tersebut tidak menyiratkan kemampuannya selama digunakan sehari – hari, karena beda pengguna, pasti juga beda impresi yang didapatkan selama penggunaan. Bisa juga kamu buka kembali hasil pengujian One X dan Galaxy S III di artikel ini sebagai perbandingan.

LG Optimus 4X HD (P880) – Feature Film: Beyond eXpectation  

httpv://youtu.be/4WGXPf1Cpmo

Lanjut ke halaman 2


Tags: , , , , , , , , , ,
Kategori: TEKNO