Beberapa hari yang lalu, teman-teman dari komunitas PES di UK dan Jerman mendapat kesempatan untuk mencoba coding game PES 2013 terakhir di kantor pusat Konami yang ada di Kota London. Sebelum teman-teman ini menguji ketangguhan coding teranyar ini, Konami juga sudah mencoba meminta masukan dari forum komunitas resmi mereka dengan meminta kepada para anggota forum untuk membuat pertanyaan mengenai gameplay PES 2013. Tujuannya tidak lain adalah untuk menyesuaikan apa yang diharapkan oleh komunitas dengan kondisi terakhir dari PES 2013 yang akan diuji oleh teman-teman komunitas dari UK dan Jerman tadi. Berikut adalah beberapa testimoni dari teman-teman komunitas tentang apa yang mereka rasakan saat mencoba sendiri PES 2013 (asik banget yah… dah bisa nyobain ^^)

Pertama soal tampilan atau grafik, karena fokus Konami adalah pada sisi gameplay, maka bisa dibilang grafik yang disajikan di PES 2013 adalah “beti” alias beda-beda tipis. Tidak banyak perubahan dari sisi kamera maupun tampilan, Fitur Player ID yang ditawarkan Konami menjadi yang “sesuatu banget” dari sisi tampilan, tapi jangan menilai sebuah game hanya dari tampilannya ya ^^

Aspek yang kedua adalah adalah aspek penjaga gawang. Bagi pecinta PES/WE isu tentang GK sudah menjadi makanan sehari-hari sejak era next gen. Nah, di PES 2013 Konami benar-benar bekerja sangat keras untuk meningkatkan kinerja GK agar memenuhi harapan penggemarnya. Fitur baru seperti kemampuan mendistribusikan bola melalui GK pun sudah ditambahkan sehingga GK di PES 2013 akan memiliki power bar saat melakukan operan. AI-nya terasa lebih pintar dan agresif dalam menghadapi umpan silang atau saat kehilangan bola, yah semoga aja blunder-blunder konyol yang sering terjadi di seri sebelumnya bisa diminimalisir di PES 2013 nanti.

Tambahan game mode yang sudah dikonfirmasi adalah dimasukkannya Copa Libertadores ke dalam Master League (ML). Sebenernya menurut pribadi sedikit kurang punya dampak sih, karena Liga Amerika Latin hanya akan berhubungan dengan liga-liga lainnya, khususnya Eropa hanya saat turnamen World Club Cup. Jadi kalo di ML kita bermain menggunakan club dari Libertadores, kita hanya bisa bersaing dengan klub Eropa saat turnamen tersebut. Mungkin yang bikin tambah seru nantinya adalah dari sisi transfer pemain, jadi nanti kita bisa memasukkan lagi Ronaldinho atau Roberto Carlos ke dalam klub ML kita. Kabarnya juga Konami akan menambah lisensi klubnya dari liga-liga Argentina dan Brazil, yang lagi-lagi menurut pendapat pribadi kurang menarik tapi mungkin salah satu strategi marketing dari Konami untuk memuaskan harapan penggemar di kawasan Amerika Latin yang notabene menjadi pasar terbesar sejak Konami menambahkan Libertadores ke dalam game. (Ya iya, coba masukin Liga Indonesia ke dalam WE, kayanya bakal meningkat juga tuh penjualan WE di Indonesia, apalagi mayoritas penduduk Indonesia yang begitu banyak adalah penggemar fanatik WE)

Ada beberapa teknik baru yang ditambahkan Konami ke dalam PES 2013 yang mungkin juga membuat kita sebagai pemain harus kembali beradaptasi dengan kombinasi tombol yang digunakan, seperti:

Low Manual Shot (L2 + Segitiga), perlu diingat segitiga! BUKAN KOTAK! yang terbiasa nembak ke gawang tekan kotak, nah sekarang harus belajar teknik menembak baru dengan kombinasi L2 + segitiga, hohoho ^^

Lainnya, adalah Dynamic 1-2, seperti biasa jika kita ingin melakukan operan 1-2 adalah dengan menekan tombol L1+X, nah sekarang tambahkan sedikit sentuhan analog kanan untuk menentukan arah pemain bergerak, bingung? hasil akhir operannya adalah bayangkan permainan operan segitiganya ala Barcelona.

Seru ya? Buat saya pribadi ini sudah nunjukkin banget niat Konami untuk memuaskan semua harapan penggemar dan semoga saja hasil akhirnya sesuai dengan yang kita harapkan. Demo pertama PES 2013 sendiri dijadwalkan akan rilis pertengahan bulan Juli, karena Konami benar-benar mengharapkan apa yang mereka kerjakan sesuai dengan harapan. Jadi setelah peluncuran demo pertamanya nanti, Konami akan bekerja keras untuk menampung semua masukan penggemarnya yang sudah merasakan demo pertama mereka. Hmm… jadi gak sabar nih, penasaran juga? Kita tunggu bulan depan!

389 keseluruhan 7 dilihat hari ini