Seperti yang kami tuliskan sebelumnya, Google sudah memberi petunjuk nama Android 4.1 sebagai Jelly Bean, nama yang selama ini sudah kita duga, sekaligus juga memperkuat nama Google Nexus 7 sebagai Droid pertama yang menjadi duta pengenal. Tablet tersebut menjadi tablet ofisial pertama Google, yang langsung menarget pasar low-end yang luas dengan harga yang kompetitif. Dan selama hari pertama Google I/O  Developer Conference 2012 yang dogelar di San Francisco mulai kemarin, Google Nexus 7 dikonfirmasikan secara resmi.

Sesuai jati diri namanya, Google Nexus 7 menyuguhkan layar 7 inchi berbahan IPS dan dilapisi lapisan tahan gores Gorilla Glass dengan resolusi 1280×800 pixel — resolusi layar yang sangat pas untuk tablet, tidak seperti pada Kindle Fire, Nook Tablet atau bahkan Samsung Galaxy Tab 2 7.0 dengan resolusi 1024×600 pixel yang terasa nanggung. Tablet ini diperkuat prosesor quad-core dari chipset nVidia Tegra 3 yang tiap core-nya berjalan pada kecepatan 1.3GHz. Disisipkannya RAM 1GB juga menjamin mampu menjalankan Android 4.1 Jelly Bean dengan lancar. Soal olah grafis 3D, kamu tidak perlu kuatir karena GPU-nya termasuk yang tercanggih di kelas mobile, nVidia GeForce ULP yang ultra-low voltage serta memiliki 12 core. Detail spesifikasi lainnya bisa kamu cek di sini.

Walaupun secara hardware sudah terbayang racikan kelas atas, namun rupanya Google dan Asus yang bertindak sebagai produsen utamanya mampu menekan harga jual. Google Nexus 7 dijual dalam dua versi, yang 8GB hanya US $199 dan yang 16GB meningkat menjadi $249. Masih jauh lebih murah daripada, misalnya Samsung Galaxy Tab 2 7.0 P3100 yang chipset-nya masih dual-core — ya ya, punya Samsung bisa dibuat telepon dan memiliki kamera belakang. Bisa jadi harga murah tersebut menjadi wujud dari program Kai yang awal tahun ini dicetuskan nVidia, bertujuan memberi solusi tablet murah untuk kalangan yang lebih luas.

Menurut Google, Nexus 7 dibuat sebagai sarana pengenalan bagi kita agar bisa merasakan pengalaman baru mengakses Google Play. Karena bersama Jelly Bean dalam Nexus 7, Google memasukkan fitur baru dimana kita bisa membeli majalah di Play Store. Kemudian bersama Nexus 7 juga, kita bisa mulai membeli film, selain menyewanya. Bersama itu Google pun memasukkan banyak episode TV ke dalam Play Store yang bisa disewa atau dibeli nantinya.

Nexus 7 (di tengah) diapit oleh Kindle Fire (kiri) dan Nook Tablet (kanan)... Dilihat dari banyak poin penting sebuah tablet, Nexus 7 lebih unggul dibandingkan dua tablet berharga $199 tersebut!

Sebagai bonus, di dalam Nexus 7 kamu sudah mendapatkan film yang pre-loaded Transformers: Dark of the Moon, buku The Bourne Dominion, majalah Conde Nast Traveler dan Popular Science, musik dari Coldplay, Rolling Stones dan beberapa band populer lainnya, selain juga credit senilai $25 yang bisa kamu belanjakan aplikasi, musik, buku dan apa yang ditawarkan dalam Play Store. Demikian jika semua bonus itu dihitung, Nexus 7 varian 8 GB sebenarnya sangat murah lho! Sayangnya semua semua paketan bonus itu hanya bisa digunakan oleh mereka yang tinggal di Amerika Serika, Inggris Raya, Kanada dan Australia.

Introducing Nexus 7

httpv://youtu.be/YMQdfGFK5XQ

Lanjut ke halaman 2

42 keseluruhan 1 dilihat hari ini

Pages: 1 2