Memaksimalkan Play Store, Panduan Menguasai Pasar Aplikasi Google

Sebelumnya kami pernah mengulas trik hebat untuk men-download aplikasi Play Store langsung ke PC. Dan kini masih sedikit berhubungan dengan trik tersebut, inilah tutorial untuk memaksimalkan Play Store-nya Google via PC.

Tekan saja tombol my Android Apps, maka kamu mendapatkan daftar aplikasimu seperti di atas... di kiri bawah tersedia jajaran tombol lain untuk menggeser tampilan ke kiri-kanan dan melihat aplikasi lain yang ter-install.

Satu fitur baru yang sangat keren, dan pasti sangat diharapkan oleh banyak pengguna OS mobile dunia, diterapkan oleh Google melalui Play Store mereka hari ini bersama konfirmasinya selama Google I/O — yaitu remote update serta remote uninstall.

Melalui Play Store PC kamu juga mendapatkan fitur manajemen lain yang sangat berguna, terutama untuk mengatur aplikasi dan game yang sudah kamu install di Droid-mu, bahkan juga data apa saja yang sudah di-uninstall, sampai yang pernah kamu view selama di Play Store, baik di PC maupun di Play Store Android.

Caranya, kamu klik saja tombol “My Android Apps” yang ada di sisi kanan-atas tampilan utama Play Store PC. Selanjutnya mungkin perlu menunggu agak lama jika kamu pertama kali menggunakan fitur ini. Perlahan daftar aplikasi dalam bentuk thumbnail bakal terbuka. Sayangnya, tidak semua Droid mendapat fasilitas ini, bisa melihat jelas thumbnail aplikasi. Jadi jika kamu tidak mendapatkan tampilan seperti yang kami paparkan, harap maklum. Google sendiri bakal terus menambah dukungan untuk Droid tertentu yang belum support thumbnail aplikasi tersebut saat ini.

Daftar di bawahnya terlihat aplikasi yang mungkin sebelumnya kamu gunakan, namun sekarang sudah di-uninstall... Daftar kami sangat puanjang... hehe, maklum, hobi ngetes aplikasi dan game!

Kembali ke daftar. Aplikasi yang tersedia update-nya bakal ditempatkan di urutan paling atas, kemudian aplikasi yang ter-install, bahkan aplikasi yang masuk sebagai sistem (system App) pun juga tertera di sana. Seandainya tersedia update, maka System App tersebut juga bisa kamu update langsung selama browsing Play Store di PC. Dan seandainya ada aplikasi yang mungkin sudah tidak digunakan, kamu tinggal tekan tombol “kotak sampah” untuk meng-uninstall dari Droid-mu.

Jika sudah tidak kamu butuhkan, bisa juga di-uninstall langsung melalui PC...

Oh ya, perlu kami pastikan lagi, bahwa manajemen aplikasi / game melalui Play Store di atas hanya berlaku untuk aplikasi / game yang kamu download langsung melalui Play Store. Jadi seandainya kamu meng-install aplikasi tersebut secara offline, alias melalui download file .apk-nya dan di-install langsung di Droid-mu, maka aplikasi / game tersebut tidak akan muncul dalam daftar.

Play Store juga memberi opsi untuk mengatur Droid yang masih aktif kamu gunakan... yah, varian Android muncul dalam hitungan bulan, wajar jika ada user yang setahun ganti Android sampai 4-5 kali... hehe!

Satu lagi yang menarik dari Play Store tersebut adalah mencatat semua aktivitas kita selama download, install, dan update. Bisa kamu akses melalui opsi “My Order & Settings” yang ada di bagian bawah. Di sana kamu juga bisa menemukan opsi untuk mengubah keterangan Android yang kamu gunakan di Play Store. Jadi misalnya kamu sering gonta – ganti Droid, namun menggunakan akun Google yang sama, di sana pasti bakal tertera semua Droid yang pernah kamu gunakan untuk mengakses Play Store. Hmmm… cool!

Agak ngeri juga ya, Google tahu semua yang kita lakukan... termasuk aktivitas install - update aplikasi! Bayangkan, semua data contact di Gmail, data kartu kredit di Google Wallet, mungkin juga koleksi foto ada di server Google Picasa, dan bsa jadi file - file penting sengaja di-backup di Google Drive...

Jika Droid tersebut sudah kamu jual, tinggal dihilangkan saja tick mark pada kolom Visibility, jadi saat kamu mau meng-install aplikasi / game dari Play Store ini pilihannya ya hanya satu Droid yang masih kamu gunakan saat ini!

So, semoga penjelasan kami ini bisa sedikit menambah wawasanmu mengenai Play Store, dan merubah cara pandang, bahwa Play Store bukan sekadar bisa diakses di Android. Play Store PC yang bisa kamu akses melalui https://play.google.com menawarkan fungsi manajemen dan browsing yang jauh lebih nyaman dari tampilan smartphone / tabletnya. Dan kami pun cukup senang dengan langkah update Google ini.

Daftar ini bakal menjadi begitu panjaaaaaannnnngggggg... jika kita hanya bergantung Play Store untuk download aplikasi / game... Tapi tidak jika kamu mengikuti trik "sedot APK" di artikel kami sebelumnya, dan meng-install aplikasi / game secara offline!

Hanya saja sayang, Google kelewatan satu opsi yang juga penting. Mereka tidak memberikan satu cara praktis bagi kita untuk menghapus data aplikasi yang pernah kita install, lalu uninstall, dan memang tidak pengen install kembali (terlihat di bagian Other apps in my library), agar selamanya menghilang dari daftar Play Store. Jadi jika kamu termasuk doyan download aplikasi / game dari Play Store, pastikan daftarnya bakal puanjang…  Semoga saja Google memperbaikinya dalam update selanjutnya…

Sumber: Play Store


Suka bermain Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile, dan Chess Rush? Baca GGWP.ID untuk meningkatkan skill kamu agar lebih jago!
TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.