Google Play, All Your Entertainment Simply Here!

Tidak banyak tahu, jika Google mengupdate Play Store mereka dengan dua kategori baru, majalah dan episode TV, serta menjadi salah satu fitur yang diunggulkan Google Nexus 7... Masuk ke dalam untuk detail dua content baru tersebut!

Google Play, All Your Entertainment Simply Here!

Google Play, All Your Entertainment Simply Here!

Google pertama kali memperkenalkan Play Store mereka sebagai Android Market pada 23 Oktober 2008, dan kemudian di-rebranding pada 6 Maret 2012 lalu sebagai Play Store. Awalnya Android Market memang identik dengan aplikasi dan game Android. Kemudian pasca dibukanya akses Google Music yang dikenalkan November 2011, Google memilih menyatukannya ke dalam Android Market menjadi Play Store. Saat ini Play Store bisa diakses melalui browser desktop (baca artikel ini untuk memaksimalkannya), Android serta Google TV.

Google Play, All Your Entertainment Simply Here!

Langkah yang tepat, karena kini kita tidak perlu mem-bookmark banyak URL, cukup satu Google Play Store saja, dimana kita bisa menemukan banyak content multimedia dari Google. Musik, film, buku, aplikasi dan game Android hingga yang tidak banyak disebutkan selama konfirmasi Google Nexus 7 di Google I/O Developer Conference 2012 lalu, yaitu cloud media player serta majalah bisa kamu temukan melalui Play Store.

Google Play, All Your Entertainment Simply Here![/caption]

Google Nexus 7 memang menjadi tablet yang spesial. Selain harga yang murah, rupanya Google punya maksud khusus dengan tablet 7 inchi pertama di dunia yang menggunakan prosesor quad-core tersebut. Pertama jelas, Google berusaha mematahkan dominasi Kindle Fire di Amerika Serikat, sekaligus juga persiapan untuk menghadapi Microsoft yang sebelumnya mengakuisisi Bearnes&Noble dengan Nook Tablet mereka. Kedua, Nexus 7 menjadi duta terbaik untuk mengenalkan beberapa update yang diberikan Google untuk Play Store.

Menurut Google, Nexus 7 dibuat sebagai sarana pengenalan bagi kita agar bisa merasakan pengalaman baru mengakses Google Play. Karena bersama Jelly Bean dalam Nexus 7, Google memasukkan fitur baru dimana kita bisa membeli majalah di Play Store. Kemudian bersama Nexus 7 juga, kita bisa mulai membeli film, selain menyewanya. Bersama itu Google pun memasukkan banyak episode TV ke dalam Play Store yang bisa disewa atau dibeli nantinya.

Google Play, All Your Entertainment Simply Here!

Sebagai bonus, di dalam Nexus 7 kamu sudah mendapatkan film yang pre-loaded Transformers: Dark of the Moon, buku The Bourne Dominion, majalah Conde Nast Traveler dan Popular Science, musik dari Coldplay, Rolling Stones dan beberapa band populer lainnya, selain juga credit senilai $25 yang bisa kamu belanjakan aplikasi, musik, buku dan apa yang ditawarkan dalam Play Store. Demikian jika semua bonus itu dihitung, Nexus 7 varian 8 GB sebenarnya sangat murah lho! Sayangnya semua semua paketan bonus itu hanya bisa digunakan oleh mereka yang tinggal di Amerika Serika, Inggris Raya, Kanada dan Australia.

Lanjut ke halaman 2 untuk detail Play Magazine dan Play Movies & TV melalui video...

Google Play, All Your Entertainment Simply Here![/caption]

Memang sementara ini beberapa bonus itu hanya bisa dinikmati oleh keempat wilayah tersebut. Namun semoga saja Google masih tetap memberikan setidaknya beberapa sample film dan majalah pre-loadednya (mengingat untuk credit $25, tidak semua content bisa dinikmati di luar wilayah tersebut di atas), karena pasti itu menjadi salah satu daya jual Nexus 7 di banyak negara lain.

Dan sebagai ilustrasi yang tepat mengenai Google Play yang menjadi pusat content multimedia, serta kemudahan sinkronisasi dengan banyak perangkat (desktop - smartphone - tablet) bersamaan, bisa kamu lihat melalui video berikut ini.

Google Play Test #1008: Gears

httpv://youtu.be/fHIeKrh75NU

Kemudian mengenai satu fitur baru Google Play Store yang kini juga menjual majalah, bisa kamu lihat video perkenalannya di bawah. Langsung saja akses ke Google Play Magazine untuk mengetahui lebih jauh (hanya untuk wilayah tertentu).

Magazines on Google Play

httpv://youtu.be/NdPbCqjpRcs

Dan melengkapi film yang sebelumnya hanya bisa disewa, kini kamu bisa membeli film. Tidak hanya film layar lebar, karena episode film televisi juga tersedia melalui Play Movie & TV (hanya untuk wilayah tertentu). Lihat saja video perkenalannya ini!

TV Shows on Google Play

httpv://youtu.be/1aNtmHkGA_o

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU