Dev / Pub : Atlus / Atlus
Tanggal Rilis : 14 Juni 2012 (JP) / 23 Oktober 2012 (US)
Platform : PSVITA
Genre : RPG
Rating : C (CERO) / - (ESRB)
Skor : 9.5/10

Background story Persona 4 The Golden (P4G) masih sama dengan versi PS2-nya. Bagi yang sudah pernah memainkan P4, pastilah familiar dengan ceritanya. Bermula dari sebuah rumor yang beredar di sebuah kota kecil bernama Inaba, kalian ditugaskan untuk memecahkan serangkaian kasus pembunuhan yang meresahkan kota kecil tersebut. Menggabungkan unsur slice of life, mystery, romance, dan drama, P4G memiliki segi cerita yang bagus dan menarik untuk disimak.

Selain segi cerita yang kuat dan berkarakter, keunggulan lain dari P4G adalah grafisnya yang mengalami peningkatan cukup signifikan. Grafis P4G terlihat lebih jernih, lebih cerah, dan lebih kaya warna dalam layar OLED PSV dibandingkan versi orisinilnya yang terlihat jenuh dan buram, seolah-olah setiap aspek dalam game-nya bersinar, begitu kinclong. Bisa dibilang P4G merupakan versi HD-remastered dari versi PS2-nya.

Dalam segi gameplay, P4G tidak banyak mengalami perubahan dari versi orisinilnya. Kalian bebas menentukan aktifitas yang akan dilakukan dalam kehidupan sehari-hari seperti pergi ke sekolah, hang-out bersama teman-teman, dan menjelajah kota. Kalian juga bisa mengeksplorasi “dunia lain” dan menjelajahi dungeon yang terdapat di dalamnya. Battle System yang digunakan P4G masih berupa Turn Based, yang bisa dibilang sudah cukup kuno untuk digunakan di Era Next-Gen RPG, tapi terbukti sistem pertempuran seperti itu masih layak untuk dinikmati.

Perubahan dalam battle system-nya terdapat pada SHUFFLE CARD. Sekarang P4G mengikuti sistem SHUFFLE ala P3. Selain kartu Persona, kalian juga bisa men-draw kartu minor Arcana seperti Sword untuk mendapatkan Skill Card, Cup untuk menyembuhkan sekian persen status, Coin untuk meningkatkan uang yang didapat, dan Wand untuk meningkatkan jumlah EXP yang diterima.

Arcana Chance sudah tidak disertakan lagi setelah SHUFFLE, melainkan sekarang digabung menjadi satu dengan SHUFFLE. Major Arcana yang disertakan dalam SHUFFLE memiliki efek positif atau negatif apabila dicabut, tapi mencabut kartu Major Arcana dengan efek negatif bisa memberi kalian kesempatan untuk mengambil kartu lebih banyak ketika SHUFFLE.

Kekuatan serang utama kalian adalah Persona. Sekarang menciptakan sebuah Persona jauh lebih gampang daripada sebelumnya. Ketika kalian menciptakan Persona, kalian bebas menentukan skill mana yang akan diwariskan kepada anak Persona, tidak seperti versi orisinilnya yang mana skill yang akan diturunkan dipilih secara acak, membuat kalian harus bolak-balik layar sampai mendapatkan skill yang diinginkan. Hal ini bisa menyingkat waktu yang terbuang sia-sia ketika menggabungkan Persona.

Mengkostumisasi Persona juga menjadi semakin mudah berkat Skill Card. Skill Card yang mulai diperkenalkan semenjak Persona 3 Portable (P3P) memberikan kemudahan dalam menciptakan Persona yang tangguh. Skill Card dapat memberikan skill-skill tertentu langsung kepada Persona tanpa proses leveling atau combining.

Berbicara mengenai Persona, tentu tidak jauh hubungannya dengan keberadaan Social Link. Social Link (Community dalam versi JP-nya) masih memegang peran yang besar dalam struktur gameplay P4G. Seperti P3F, P4G memiliki dua extra Social Link yaitu Arcana Pierrot (Tohru Adachi) dan Aeon (Marie). Meningkatkan Social Link sangat esensial apabila kalian ingin menciptakan Persona yang kuat (dan tentu saja menyelami background story setiap karakter yang ada).

Musik dalam game mengalami sedikit perombakan, misalnya dengan menggunakan musik baru daripada Reach Out to the Truth. Apabila kalian ingin mendengar Reach Out to the Truth sebagai battle music, kalian wajib mendapatkan Advantage Player (serang musuh dari belakang). Menurut saya Reach Out to the Truth masih lebih enjoyable daripada battle music yang baru.

Ada musik tambahan apabila kalian keluar di malam hari. Kalian hanya bisa keluar pada malam hari apabila Ryoutaro Dojima tidak berada di rumah (ngumpet). Akses kota di malam hari jauh lebih terbatas, hanya terdapat beberapa pilihan saja, tapi kalian bisa mendengarkan soundtrack baru yang mengalun selama keluyuran di malam hari.

Satu lagi tambahan fitur yang cukup besar dalam P4G adalah menu TV Listing di bagian Home Screen. TV Listing berisi segudang channel/program TV yang berisi berbagai macam easter egg seperti Concert Video (video rekaman konser Persona 4 Soundtrack), Movie Video (Kumpulan anime dalam game), Soundtrack Collection (bebas mendengarkan soundtrack dalam game), dan masih banyak lagi. Yang saya heran, size game P4G hanya sebesar 3,3 GB dengan segudang fitur sebanyak itu, bandingkan dengan versi PS2-nya yang berukuran 4GB lebih.

Selain berbagai fitur baru di atas, hal-hal lain yang ditambahkan adalah :

> Kostum. Kalian bebas mengganti kostum selama berada dalam dungeon.
> Kendaraan untuk menjelajah. Kalian bisa mengunjungi lebih banyak tempat di luar Inaba setelah mendapatkan surat ijin mengemudi.
> Transformasi ketiga Persona untuk setiap party member.
> Fitur online dengan menggunakan Wi-Fi.

Jika kalian merupakan fans serial Persona , terutama P4, maka Persona 4 The Golden merupakan pilihan yang tepat bagi kalian. Tidak ada ruginya membeli game ini, semua fitur baru-nya wajib untuk dicoba, serasa memainkan game yang benar-benar baru. Memiliki PSVita juga merupakan investasi yang bagus, siapa tahu suatu saat Persona 5 malah mampir ke PSV duluan daripada PS3. Akhir kata, enjoy your golden show!

179 keseluruhan 1 dilihat hari ini