Salah satu yang menjadi kelebihan proyek Nexus dari Google adalah perusahaan search engine tersebut segera menawarkan factory image alias stock ROM untuk versi baru Android yang mereka konfirmasikan. Factory image memungkinkanmu yang ingin mem-flash Droid dan mengembalikannya ke kondisi default dengan mudah.Selain itu, melalui factory image juga membua peluang bagi para modding custom ROM Android berkreasi untuk mem-port Android versi terbaru untuk Droid lain yang mungkin tidak mendapatkan dukungan update resmi.

Awalnya dulu melalui update OTA yang dirilis untuk Galaxy Nexus, melahirkan puluhan custom ROM berbasis Ice Cream Sandwich. Dan kemudian custom ROM Android 4.1 Jelly Bean juga mulai bertaburan pasca Google merilis Google Nexus 7 yang dikenalkan akhir minggu lalu selama Google I/O Developer Conference. Karena factory image tablet tersebut juga dirilis beberapa hari kemudian,

Dan pasca Google menyediakan factory image Nexus 7 untuk di-download gratis (bisa kamu akses melalui link ini) download, file berukuran 250 MB tersebut langsung dieksekusi para modder custom firmware di situs modding terbesar XDA developers agar mereka bisa mem-port-nya untuk Droid selain Nexus 7. Dan Droid pertama yang merasakan Jelly Bean adalah HTC One X. Selang sehari kemudian, custom ROM Android 4.1 Jelly Bean untuk Samsung Galaxy S II dan Galaxy S III juga dirilis.

ROM versi alpha tersebut berjalan dengan baik (dan juga agak lambat), walaupun beberapa fitur tidak bisa diakses, mengingat source code  Jelly Bean untuk smartphones belum dirilus Google. Bisa dimaklumi karena awalnya dikhususkan untuk tablet Google Nexus 7, dan melihat melalui link ini feature image Galaxy Nexus masih versi 4.0 alias Ice Cream Sandwich. Developer custom ROM itu mampu memberikan custom ROM Jelly Bean untuk smartphone Droid karena beberapa waktu lalu muncul bocoran factory image Jelly Bean untuk Galaxy Nexus. Langsung saja kamu lihat video berikut untuk mengetahui bagaimana Jelly Bean berjalan di Droid selain Nexus 7.

Android 4.1 Jelly Bean on HTC One X

httpv://youtu.be/whavUiVkYq8

Jelly Bean Android 4.1 Alpha for Samsung Galaxy S2 i9100

httpv://youtu.be/tgasT_Xwefo

Sumber: XDA Developer 1, XDA Developer 2

60 keseluruhan 1 dilihat hari ini