MH 4 ini sejatinya sudah dikembangkan selama dua tahun, ungkap sang produser Ryozo Tsujimoto. Skala pengembangan MH 4 ini diklaim yang terbesar dalam sejarah serial MH. Pengembangan MH 4 sendiri dilakukan secara paralel dengan pengembangan MH 3G. Karena itu, beberapa ide gameplay dari MH 3G akan diimplementasikan untuk MH 4. Sang sutradara, Kaname Fujioka, menyebutkan bahwa kata kunci MH 4 adalah ”petualangan”.

Seperti halnya di MH 3G, kamu bisa membawa hingga dua ekor Felyne untuk membantu saat quest. Tapi kabarnya Felyne ini juga memiliki fungsi yang lebih maksimal nantinya. Area lautan dihilangkan di sini, artinya kamu tidak akan bisa berenang atau berburu monster di dalam laut.

Kecha Wacha, monster baru di MH 4 yang akan kamu buru

Dalam mode single player, mereka ingin menawarkan lebih banyak drama yang solid. Pengembangan cerita akan ditonjolkan untuk MH 4 ini, sehingga bisa memberikan pengalaman baru bagi pemain yang terbiasa bermain sendirian. Selain itu, MH 4 akan menghadirkan jumlah NPC terbanyak dalam sejarah serial MH.

Artwork para NPC di MH 4

Markas atau rumahmu di sini disebut dengan Barubare. Tidak seperti desa atau kota di prekuel-prekuelnya, Barubare adalah kumpulan karavan yang berpindah-pindah. Multiplayer secara lokal sudah dikonfirmasikan, dan tetap menampung maksimal empat pemain sekaligus. Tidak diketahui apakah bisa melakukan multiplayer via internet.

Barubare

Perubahan besar lainnya adalah aksi para hunter yang dipengaruhi dengan tingkat ketinggian. Perbedaan ketinggian dengan monster akan mengubah set gerakannya, dan karakter hunter-mu juga bisa melakukan aksi yang berbeda, bahkan hingga melompat ke punggung monster dan menyerangnya dari sana a la Dragon’s Dogma. AI monster juga lebih pintar, mereka akan menggunakan lingkungan sekelilingnya untuk menyerang hunter.

Monster baru dengan telinga lebar yang mirip monyet dan terlihat di trailer Capcom Summer Jam lalu bernama Kecha Wacha. Stage dengan batuan berwarna merah dalam trailer itu disebut dengan Ruins Field (Iseki Haigen). Yang pasti, Fujioka ingin MH 4 memberikan pengalaman bermain baru, bahkan kamu bisa mendapatkan kesenangan hanya dengan berlari-lari di stage-nya. Kabarnya, juga ada senjata baru di MH 4 ini lho. Wow, saya semakin tidak sabar dengan update berita dari Capcom.

[Sumber : Siliconera (2, 3), Andriasang (2)]

92 keseluruhan 3 dilihat hari ini